Trending
Rabu, 20 Januari 2016

Tuna Seharga 117 Ribu Dolalr

  • Share
  • fb-share
Tuna Seharga 117 Ribu Dolalr

Suka makan sushi? Berapa tagihan restauran yang harus lo bayar saat terakhir kali mengonsumsi makanan Jepang tersebut? Tentunya nggak semahal harga tuna di bawah ini, Urbaners. Sebuah franchise restauran Jepang bernama Sushi Zanmai baru aja membeli tuna seharga lebih dari satu triliun rupiah! Yes, you read that right. Tentu aja tuna tersebut bukan sembarang ikan yang biasa lo temui di berbagai restauran sushi. Lantas, apa yang membuatnya begitu berbeda?

 

Dapat Dari Hasil Lelang

Tuna yang dibeli oleh restauran Sushi Zanmai tersebut merupakan jenis bluefin. Bobotnya mencapai 441 pound atau sekitar 200 kg. Kiyoshi Kimura, pemilik Sushi Zanmai, mendapatkan tuna bluefin tersebut dari acara lelang tahun baru yang diadakan di pasar ikan Tsukiji, Tokyo, Jepang. Kimura berhasil mengajukan harga paling tinggi dengan nilai $117,000.

Mahalnya harga tuna bluefin disebabkan oleh lokasi penangkapannya, yakni kawasan pantai utara di Aomori. Lokasi tersebut memang dikenal memiliki banyak tuna berukuran besar yang disebut nelayan sebagai “black gold”. Orang Jepang juga percaya bahwa mengeluarkan banyak uang pada awal tahun dapat membawa keuntungan, mengingat bahwa acara lelang tersebut memang diadakan pada tahun baru.

 

Bukan Pertama Kalinya

Sebelumnya tuna bluefin, Kimura ternyata pernah melakukan hal serupa. Pada tahun 2013, ia mengeluarkan uang sebanyak $1,8 miliar untuk seekor tuna berukuran 490 pound (222.26 kg) setelah terlibat dalam lelang melawan kompetitor restauran sushi lainnya. Ketika diwawancarai terkait dengan kemenangannya dalam lelang tuna bluefin, Kimura mengaku bahwa harganya memang lebih mahal dari yang ia duga, tapi ia cuma ingin pelanggannya senang dengan kualitas daging tuna yang ia dapat.

 

Di Ambang Kepunahan

Meskipun harga yang dibandrol untuk tuna cukup tinggi, kelompok konservasi kelautan di Jepang telah mengeluarkan peringatan bahwa spesies tuna bluefin akan terancam apabila ikan tersebut terus dicari. Terlebih, berdasarkan data statistik, Jepang mengonsumsi sebanyak 80% tuna bluefin yang ditangkap dari seluruh penjuru dunia. Hal tersebut menyebabkan level populasi tuna bluefin menjadi merosot. Itulah mengapa harga lelang ikan tersebut selalu mahal.

Ternyata, lelang yang diadakan di pasar ikan Tsukiji tersebut merupakan yang terakhir. Jadi penasaran, nih, berapa harga sushi yang dibuat dari tuna bluefin tersebut, ya, Urbaners? Mungkin lo harus menabung secara khusus demi bisa membeli dan menikmatinya.

 

Source: foodbeast.com, washingtonpost.com

Comments
asrul firmansyah
Terima kasih atas informasinya sangat menarik sekali
AGUSTIN DWI CHRISTANTI
Di Ambang Kepunahan