• Food
  • 4 Makanan dengan Nama Unik yang Ada Di Surabaya

4 Makanan dengan Nama Unik yang Ada Di Surabaya

Tue, 30 August 2016

Banyak yang mengatakan bahwa Jawa Timur adalah pusat dari kuliner di Indonesia. Bukitnya, coba lo pergi ke Bali lalu cari warung-warung pinggir jalan. Kebanyakan warung yang ada di Bali adalah “Soto Ayam Surabaya” atau “Penyetan Khas Jawa Timur”. Banyak sekali warung-warung di Bali yang memanfaatkan nama Jawa Timur, karena memang Jawa Timur adalah surga kuliner. Khususnya di Surabaya, di kota terbesar nomor dua di Indonesia banyak sekali makanan yang mempunyai nama unik. 

 

Rawon Setan

Rawon Setan adalah makanan legandaris yang ada di Surabaya. Dulunya disebut Rawon Setan karena bukanya selalu larut malam. Terletak di Jalan Embong Malang, sekarang Rawon Setan sudah bisa dinikmati walaupun siang hari. Ketika lo berkunjung ke Surabaya, makanan wajib selain rujak cingur dan bebek adalah Rawon Setan.

 

Bebek Mercon

Yup, nama makanan ini benar-benar Bebek Mercon. Letaknya di Jalan Kayoon Surabaya, di dekat beberapa penjual bunga-bunga. Dinamakan Bebek Mercon karena rasa pedasnya yang teramat sangat. Nggak sekedar menjual nama, ternyata Bebek Mercon ini juga mempunyai bumbu bebek yang juga nikmat. Untuk orang yang nggak terlalu menyukai makanan pedas, lo bisa membeli sambal bebek yang nggak terlalu bebas.

 

Nasi Goreng Jancuk

Setelah Rawon Setan, ada salah satu kuliner Surabaya yang terkenal yaitu Nasi Goreng Jancuk. Berada di dalam restoran Hotel Plaza Surabaya, Nasi Goreng Jancuk ini menjadi kuliner yang paling dicari oleh para wisatawan. Hampir seluruh wisatawan akan mengunjungi restoran ini hanya untuk menikmati Nasi Goreng Jancuk. Dinamakan Nasi Goreng Jancuk karena rasanya benar-benar pedas sampai-sampai yang memakannya mengumpat dengan kata “jancuk”. FYI, kata tersebut adalah kata umpatan yang merakyat di Surabaya.

 

Mie Pekchun

Pekchun dalam bahasa Surabaya adalah kata lain dari Pekerja Seks Komersial. Dinamakan Mie Pekchun karena bukanya malam hari dan tutup hampir menjelang subuh. Konon di sana banyak para PSK yang makan mie yang terbuat dari Indomie ini. Jadi nama warung ini akrab dinamakan Mie Pekchun.

Sebernanya ada kota-kota lain yang mempunyai makanan dengan nama unik juga. Nanti di lain kesempatan akan dibahas, kota mana saja yang mempunyai makanan unik.

Buat Lo yang Punya Coffee Shop Pastikan Lo Tahu Apa Itu Cupping

Fri, 25 September 2020
Ini alasan kenapa lo mesti melakukan coffee cupping untuk kedai kopi lo

Buat lo yang lagi merintis bisnis kedai kopi, ada banyak hal yang mesti lo perhatikan, termasuk dari menjaga kualitas minuman kopi yang akan lo sajikan. Oleh karena itu, lo mesti melakukan cupping sebelum membuka toko, buat mengetahui seberapa jauh kualitas yang akan lo tawarkan.

Coffee cupping atau disebut juga dengan istilah coffee tasting adalah kegiatan yang wajib lo jalankan sebelum menawarkan minuman kopi lo kepada para konsumen. Tapi sebelum jauh membahas soal cupping, apakah lo sudah tahu apa itu coffee cupping?

Siapapun bisa melakukan coffee cupping. Hal ini dikarenakan oleh prosesnya yang bisa lo lakukan sendiri. Secara singkat, mencicipi kopi ini menggunakan dua dari panca indera lo. Pertama adalah hidung untuk mengetahui seberapa bagus aromanya.

Kedua adalah dengan mencicipinya, dalam artian mencoba dengan indera perasa lo atau lidah. Sebenarnya, apa sih tujuan dari dilakukannya coffee cupping ini? Jika ditelisik dari tujuannya, coffee cupping bisa mengetahui bagaimana karakteristik kopi yang lo punya.

Seperti tingkat keasaman dari kopi tersebut atau acidity, sweetness, bittersweet, sampai ke rasa saltiness – deretan karakteristik tersebut akan jadi acuan tersendiri buat lo menawarkan minuman kopi yang ada di kedai.

Terlebih, jika lo mempunyai jenis minuman kopi yang bervariasi seperti cappuccino, atau mochacinno dan sebagainya lagi – jenis-jenis kopi tersebut mesti benar-benar lo ketahui karakteristiknya sehingga jenis minuman yang akan lo buat akan sesuai dengan rasa terbaiknya.

Kelihatannya seru ya melakukan coffee cupping? Selain seru, kalau lo adalah salah satu dari pemilik kedai kopi yang ada, proses ini justru termasuk ke salah satu cara untuk mengetahui kualitas dari kopi-kopi yang lo punya.

 

Lalu Bagaimana Proses Cupping Bisa Berjalan?

Ini alasan kenapa lo mesti melakukan coffee cupping untuk kedai kopi lo

Credit Image: chicagotribune.com

Hal pertama yang akan disiapkan adalah menggiling berbagai jenis biji kopi yang lo punya terlebih dahulu. Misalnya, lo punya 10 jenis biji kopi spesialti yang berbeda-beda. 10 jenis tersebut digiling masing-masing untuk satu cup saja.

Jadi kurang lebih satu cup memerlukan 12 gram bubuk kopi. Untuk menyeduhnya, sebaiknya lo menggunakan teknik tubruk, yaitu bubuk kopi yang ada langsung diseduh menggunakan air mendidih bersuhu 100 derajat.

Mengapa harus air mendidih seperti itu? Perlu lo ketahui bro kalau kopi yang diseduh dengan air panas seperti itu, dinilai bisa mengeluarkan secara maksimal cita rasa yang ada di dalamnya. Apakah langsung dicoba begitu saja?

Ya nggak dong bro. Setelah semua jenis kopi sudah diseduh dalam cangkir masing-masing. Langkah selanjutnya adalah mendiamkan sejenak agar kopi berekstrasi secara alami selama 4 menit. Setelah 4 menit dan suhu di dalam cangkir tersebut dinilai aman untuk di minum, barulah proses cupping dimulai.

 

Ini alasan kenapa lo mesti melakukan coffee cupping untuk kedai kopi lo

Credit Image: europeancoffeetrip.com

Mereka para cupper – sebutan untuk mereka yang mempunyai palet rasa kopi yang luas, akan memeriksa karakteristik dari kopi yang diseduh tersebut. Mereka menggunakan sendok untuk mengambil kopinya, lalu menyeruputnya dengan agresif.

Maka dari itu, terlihat para cupper hampir seperti tersedak karena kurang lebih mereka menembakan kopi tersebut sampai ke langit-langit mulutnya agar benar-benar bisa merasakan cita rasa dan karakteristik yang sebenarnya dari kopi itu.

Jika sudah, semua taste dari kopi yang sudah mereka cicipi, akan dicatat kelebihan dan kekurangannya. Di langkah yang seperti inilah lo akan mengetahui apakah kopi yang lo punya itu bagus atau tidak – atau mempunyai karakteristik tersendiri.

Coffee cupping cocok lo lakukan saat pagi hari sebelum kedai dibuka. Ingat, proses ini untuk mengetahui bagaimana deretan kopi yang lo miliki kualitasnya seperti apa. Jadi pastikan melakukan coffee cupping agar lo tahu sudah sejauh mana kualitas yang lo tawarkan untuk para konsumen.

Wah bagaimana nih bro? Sudah cukup jelaskan dari penjelasan singkat tentang coffee cupping? Jika iya, lo bisa mencobanya nih sekarang!

 

Feature Image – perfectdailygrind.com