Home Food Aplikasi Jasa Antar Makanan Foodpanda Tutup

Aplikasi Jasa Antar Makanan Foodpanda Tutup

Wednesday, October 12, 2016 - 17:54
Bagikan
Facebook Twitter Email

Foodpanda sempat menjadi salah satu aplikasi jasa antar makanan terbaik di Eropa. Bahkan ketika dibuka di Singapura, Foodpanda menjadi salah satu jasa antar makan yang cukup sukses. Foodpanda masuk ke Indonesia sejak tahun 2013, mendapatkan pendanaan dari Rocket Internet yang sudah sukses dengan investasi seperti Lazada dan Zalora.

Tetapi sayang ternyata perkembangan Foodpanda pun stagnan. Dengan restoran dan makanan yang cukup mahal akhirnya membuat perusahaan asal Jerman ini fokus kepada korporat/perusahaan dan para birokrat. Dan mulai Oktober 2016 kemarin, Foodpanda melayangkan keterangan pers kepada seluruh media Indonesia untuk mengumumkan bahwa layanan jasa antar makanan online Foodpanda Indonesia ini tutup.

 

Hanya tutup di Indonesia

Dibuka pada tahun 2012, Foodpanda sudah hadir di beberapa negara seluruh dunia. Bahkan kerja samanya sudah mencapai beberapa ribu restoran di seluruh dunia. Jadi ketika tutup ini, banyak yang mengira bahwa Foodpanda tutup secara keseluruhan. Ternyata nggak Urbaners, hanya Foodpanda Indonesia yang tutup, sedangkan di beberapa negara lain masih tetap beroperasi.

Khususnya di Eropa Timur dan Eropa Tengah, Foodpanda masih menjadi aplikasi jasa layanan antar makanan online yang sangat ramai. Bahkan terakhir Foodpanda mendapatkan total investasi mencapai 100 juta dolar.

 

Kalah bersaing dengan GO-Jek

GO-Jek muncul dengan ojek online dahulu, tetapi lama-kelamaan muncul GO-Food atau GO-Send yang bisa melayani jasa antar barang atau pesan makanan. Nggak seperti Foodpanda yang hanya melayani restoran-restoran tertentu, lewat GO-Jek lo bisa pesan makanan apa pun. Nah dari situlah muncul ternyata Foodpanda kalah bersaing dengan GO-Jek dan beberapa aplikasi jasa antar makanan.

Dengan tutupnya Foodpanda di Indonesia, menjadikan bahwa perusahaan startup ini nggak selalu bisa berjalan sesuai rencana.

 

Source: kompas.com