3 Hal yang Harus Lo Ketahui Tentang Champagne - MLDSPOT
  • Food
  • 3 Hal yang Harus Lo Ketahui Tentang Champagne

3 Hal yang Harus Lo Ketahui Tentang Champagne

Tue, 29 November 2016

Dalam setiap jamuan makan malam, wine atau anggur harus ada pada hidangan penutup. Tergantung status atau strata sosial, di luar negeri sana semakin tinggi status sosial lo maka semakin mahal wine yang disajikan. Nah jika berbicara soal mahal atau nggaknya sebuah wine, lo akan mengenal champagne. Di dalam film, biasanya sang aktor akan menawarkan sebuah champagne sebagai salam perkenalan. Sekarang yang jadi pertanyaan adalah apakah champagne itu sebuah merek? Atau jenis wine yang berbeda?

 

Champagne adalah wine

Yup Urbaners, champagne adalah wine. Bahkan bisa dibilang champagne ini adalah wine paling tua sepanjang sejarah. Pada tahun 1700 para raja-raja di Perancis sudah minum champagne. Tetapi bedanya adalah champagne pada zaman dahulu masih nggak terbagi kualitasnya. Wine juga nggak hanya diminum oleh para raja, rakyat dan buruh juga minum wine untuk pesta-pesta.

 

Champagne adalah nama daerah di Perancis

Nah ini fakta yang paling menarik. Champagne sebenarnya adalah nama daerah di Perancis. Champagne ini berada di sebelah barat daya kota Paris dan hanya berjarak sekitar 20 kilometer dari Le Mans. Kota Champagne sendiri sekarang menjadi tempat wisata wine paling terkenal di dunia. Jika lo mengunjungi kota Champagne, lo bisa mengetahui bagaimana sejarah wine dunia.

Sejarah wine di kota Champagne sendiri bisa dibilang unik. Karena semua wine yang berada di wilayah Champagne ini ketika dibuka berbunyi 'pop'. Karena hal unik tersebut, semua wine dari Champagne pun langsung dibedakan dan mendapatkan tempat tersendiri di Perancis.

 

Sparkling wine adalah nama lain dari champagne

Mungkin lo pernah tahu ada nama sparkling wine yang juga berasal dari Perancis dan ketika dibuka tutup botolnya juga berbunyi POP. Rasa dan bentuk dari sparkling wine ini hampir sama dengan Champagne, tetapi karena masyarakat Champagne sendiri ingin dibedakan dengan wine luar, pemerintah Perancis setuju jika hanya wine dari daerah Champagne yang dinamakan Champagne.

Nah itulah Urbaners sedikit kisah unik dari wine Champagne. Sekarang lo tahu kan kenapa wine Champagne itu unik, mahal dan berkualitas tinggi?

Infused Water dari Biji Kopi: Sensasi Minum Cold Brew Tanpa Diseduh!

Fri, 02 April 2021
Biji Kopi

Kopi emang udah jadi minuman yang rasanya wajib dinikmati setiap harinya bagi sebagian orang. Baik itu kopi susu, kopi murni, ataupun kopi yang udah disediakan dalam bentuk kemasan. Yang manapun itu, pokoknya lo ingin menikmati kopi tanpa harus susah bikin, iya kan?

Bagi lo para pecinta cold brew, lo udah pernah denger infused water dari biji kopi belum, bro? Minuman yang identik dengan kesehatan ini ternyata bisa lo nikmati selayaknya minum kopi sehari-hari pada umumnya.

Meskipun nggak seperti cold brew, tapi minuman dari biji kopi yang satu ini wajib untuk lo coba – selain unik, pastinya lo akan menemukan sensasi rasa kopi yang berbeda. Biar nggak penasaran, langsung aja simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Minuman dengan Rendaman Biji Kopi

Biji Kopi

Credit image - Oasis

Seperti yang diketahui – infused water merupakan minuman yang direndam dalam waktu yang cukup lama. Jadi untuk infused water yang satu ini bukan menggunakan kopi yang digiling, melainkan menggunakan biji kopi yang disangrai.

Air yang direndam dengan biji kopi selama 7 jam ini bisa bikin lo merasakan sensasi minum kopi yang berbeda. Minuman yang satu ini emang punya sensasi seperti cold brew, tapi nyatanya berbeda, bro!

Minuman ini akan terasa lebih seperti sirup kopi dengan air dingin dan rasa sangrai kopi yang sedikit lebih kuat. Kehadiran infused water pastinya akan menambah variasi dari menu kopi itu sendiri. Lo nggak akan bosen deh, bro!

Campuran Infused Water dari Biji Kopi: Bikin Segar!

Selain jadi minuman yang baru dari jenis kopi, ada sumber yang mengatakan bahwa infused water yang menggunakan biji kopi dan air lemon yang dicampur beberapa tetes madu bisa membuat lo merasakan minuman kopi yang segar.

Minuman infused water dari biji kopi ini juga disarankan untuk direndam selama 12 jam. Hasil dari minuman ini juga punya rasa yang berbeda ini – karena nggak bikin lo serasa lagi minum cold brew mocktail!

Infused Liquor Juga buat Party!

Biji Kopi

Credit image -

Hal menarik yang bisa di bikin dari infused water ini adalah – lo juga bisa mengganti air dengan liquor seperti Vodka!

Salah satu sumber dari internet – yaitu uticacoffeeroasting yang mebuat infused water coffee dengan menggunakan Vodka. Menjadikan vodka sebagai campuran pada minuman ini dianggap cukup menarik tentunya. Dengan menggunakan mason jar dan merendam biji kopi yang ditumbuk kasar dan di sangrai dengan campuran vodka selama 48 jam ini. Kalo jenis minuman yang satu ini, infused water ini bukan untuk kesehatan – tapi malah jadi meriah!

Dari resep infused water ini rasanya lo pasti pengen coba bikin sendiri kan, bro? Jangan lupa buat tag @MLDSPOT kalo udah berhasil bikin resep kopi yang satu ini ya!

 

Feature image - Oasis