Home Food Mengenal Nasi Berenang, Kuliner Khas Sulawesi Barat

Mengenal Nasi Berenang, Kuliner Khas Sulawesi Barat

Friday, February 3, 2017 - 14:45
Bagikan
Facebook Twitter Email
Font Size

Kuliner di Indonesia memang macam-macam ragamnya. Nggak salah memang, karena di Indonesia banyak budaya dari setiap daerah yang berbeda satu sama lain. Salah satu kuliner yang kini sedang marak adalah Nasi Berenang. Jangan beranggapan bahwa lo bakal makan sambil berenang. Nasi yang satu ini sekarang jadi buah bibir di kawasan Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Kira-kira seperti apa Nasi Berenang ini?

 

Makanan sehat dan murah

Pernah nggak lo dengar nama kuliner Nasi Berenang? Unik memang nasi yang satu ini dan cuma ada di Polewali Mandar, Sulawesi barat. Makanan yang satu ini tak kalah saing meskipun sudah banyak warung dengan aneka menu baru yang menggoda selera. Kabarnya, karena rasa yang khas, harga murah serta tentunya sehat membuat Nasi Berenang kian jadi favorit masyarakat.

Ketika lo memesan nasi berenang, lo akan disuguhi dengan semangkuk nasi dengan kuah mirip soto serta campuran mie, daun seledri, dan kacang. Memang benar nggak ada daging ayam atau daging sapi di sini. Bahkan, lauk yang ditawarkan adalah tempe goreng yang diberi tepung berbumbu khas. Ini kenapa harga seporsi nasi berenang hanya 12.000 rupiah saja semangkuknya.

 

Nama yang tak sengaja muncul

Makanan ini hanya bisa lo dapatkan di warung milik Rahmawati di Jalan Budi Utomo, Kelurahan Pekkabata, Polewali Mandar. Dari luar, warungnya nggak ada istimewanya sama sekali. Bahkan, penampilan warung ini seperti warung nasi pada umumnya. Menariknya lagi, selama 15 tahun terakhir, menu makanan dan minuman yang ditawarkan tetap sama, dengan menu favorit nasi berenang.

Rahmawati mengaku tak sengaja memberikan nama kuliner yang satu ini. Menu tersebut dinamai sendiri oleh pelanggan yang melihat nasi mengambang dalam kuah. Karena nama itu yang mudah diingat, maka Rahmawati memutuskan untuk memberikan menu khasnya dengan nama nasi berenang.

Kepopuleran warung nasi milik Rahmawati bukan karena dia memiliki kemampuan iklan tertentu. Dia bahkan tak pernah mempromosikan warungnya. Kepopuleran warung nasi milik Rahmawati benar-benar hanya mengandalkan cerita pelanggan dari mulut ke mulut. Mungkin karena rasanya yang khas serta sehat makanan ini jadi populer.

Penasaran dengan menu kuliner unik yang satu ini? Langsung saja deh berangkat ke Polewali Mandar, Sulawesi Barat, dan rasakan kenikmatan nasi berenang.

 

Source:
kompas.com