• Food
  • Wow, Sperl Koleksi Tiga Ribu Burger

Wow, Sperl Koleksi Tiga Ribu Burger

Fri, 05 May 2017

Saat Urbaners sudah menyukai suatu barang, tentu apa saja akan dilakukan untuk mencari dan mengumpulkan barang tersebut. Urbaners juga pasti rela mengeluarkan uang dan tenaga demi mendapatkan barang yang akan dikoleksi.

Seperti yang dilakukan seorang pria asal Florida bernama Harry Sperl. Kecintaannya terhadap hamburger membuatnya ingin mengumpulkan segala pernak-pernik yang berbentuk hamburger.

Siapa sangka saat ini Sperl sudah memiliki ribuan koleksi makanan berlapis itu. Ia bahkan dinobatkan oleh Guinness World Record sebagai kolektor barang-barang bertema burger karena jumlah koleksinya yang mencapai 3.724 buah.

Menurut Sperl, jumlah yang dicatat Guinness Book of World Records itu belum semuanya. Sperl mengklaim masih ada sekitar 6.000 ribu koleksi burger berukuran mini yang disimpan di lemari. Wow!

Koleksi Sperl aneka ragam mulai berupa patung Big Boy, mainan berbentuk burger, poster, buku, tempat tidur dan lain-lain. Sperl bahkan memiliki tempat tidur air berbentuk burger yang dibelinya seharga Rp 46 juta.

Namun, koleksinya yang paling menarik adalah motor Harley Davidson. Motor itu dimodifikasi selama hampir 2 tahun, hanya untuk diubah agar tampak seperti burger. Harley berbentuk burger biasanya ia pakai untuk mengikuti Bike Week atau minggu bersepeda di tempat tinggalnya.

Koleksi pertama yang dibeli Sperl adalah satu set burger plastik display. Setelah seorang temannya bertanya apakah ia kini mengoleksi memorabilia burger, Sperl menjadi bersemangat untuk mengumpulkan berbagai jenis barang bertemakan hamburger.

Pria kelahiran Jerman ini menyebut burger sebagai simbol patriotisme yang bisa menggambarkan semua hal yang ia cintai tentang negara barunya, AS. Bagi Sperl, burger merupakan ikon Amerika Serikat.

“Seperti ketika orang mengingat Italia, maka akan teringat pada pizza. Ketika Anda mengingat Amerika, maka Anda akan teringat dengan burger,” jelas pria yang tinggal di Daytona Beach Florida tersebut.

Barang-barang bertema burger milik Sperl saat ini adalah koleksi pribadi. Urbeners hanya bisa melihatnya dengan undangan langsung dari Sperl. Namun, Sperl mengaku rela melepas semua koleksinya jika ada yang membeli untuk dipajang di museum publik.

Meski telah menerima penghargaan dari Guiness World Record, obsesinya terhadap hamburger tidak lantas berhenti. Bahkan ia berniat membangun rumah berbentuk burger untuk menyimpan koleksi-koleksinya. Ada-ada aja ya, Urbaners!

 

 

Source: Liputan6.com

Related Article

Warung Gaul Ayam Malaya yang Legendaris

Wednesday, January 15, 2020 - 17:00
Ayam Malaya dan ayam gohyong adalah menu unggulan dari Warung Gaul Ayam Malaya.

Kuliner yang ada di Jakarta memang sangat beraneka ragam. Salah satu tempat yang memiliki banyak varian kuliner adalah di kawasan Menteng. Berada di Jakarta Pusat, Menteng disebut sebagai salah satu tempat elit karena banyak dihuni oleh para konglomerat dan pejabat. Tempat kuliner yang berada di sekitar sini pun banyak yang kekinian dan cocok banget didatangi untuk tempat nongkrong.

Namun ternyata ada tempat kuliner yang terkenal dan legendaris di daerah Menteng yang cukup berbeda karena hanya berbentuk warung yang sederhana. Warung yang disebut sebagai Warung Gaul Ayam Malaya itu telah berdiri sejak lebih dari 20 tahun yang lalu dan telah memiliki pelanggan yang sangat setia.

 

Populer di Kalangan Pecinta Kuliner Jakarta

Tenda dari Warung Gaul Ayam Malaya.

Bicara soal tempat makan terkenal di daerah Menteng biasanya lo pasti akan berpikiran tempat yang indah dan Instagrammable dengan hidangan makanan yang kekinian. Namun hal itu nggak berlaku bagi warung sederhana yang terletak di Jl Gereja Santa Theresia, Menteng yang satu ini.

Warung Gaul Ayam Malaya hanyalah warung kaki lima sederhana yang hanya menggunakan tenda sebagai atapnya. Meski begitu, warung yang satu ini telah menjadi salah satu tempat makan yang paling ramai dan dikenal oleh pencinta kuliner yang berasal dari Jakarta dan sekitarnya. Bahkan dari kota lain di Indonesia.

 

Cita Rasa yang Nggak Diragukan Lagi

Varian menu unggulan dari Warung Gaul Ayam Malaya seperti ayam malaya, ayam gohyong dan nasi goreng.

Salah satu alasan warung sederhana ini memiliki pelanggan setia yang rela antre lama tentunya karena hidangan makanan yang disajikan memiliki citarasa yang sangat nikmat. Di sini lo bisa memesan beragam makanan Chinese food mulai dari aneka nasi goreng, mi goreng, mi kuah, dan ayam kuluyuk. Menu unggulannya lainnya yaitu ayam malaya dan ayam gohyong.

Ayam malaya dan ayam gohyong menjadi dua menu paling favorit dan selalu dipesan oleh banyak pelanggannya. Ayam malaya sendiri merupakan menu olahan daging ayam tanpa tulang yang dibalut dengan tepung. Setelah digoreng, ayam balut tepung tersebut disiram dengan kuah yang memiliki rasa asam manis yang lezat.

Hidangan favorit lain yang selalu dicicipi oleh pelanggan ialah ayam gohyong. Menu yang satu ini dibuat dari daging ayam yang dicincang dan dicampur dengan sedikit daging sapi. Campuran daging cincang tersebut kemudian akan dibalut dengan telur terlebih dahulu sebelum digoreng. Saat disajikan ayam gohyong juga akan diberi kuah berwarna cokelat yang terbuat dari mentega dan kecap asin.

Dua menu favorit tersebut dijual dengan harga yang cukup terjangkau yaitu sekitar 25 ribu rupiah. Satu porsi dari ayam malaya dan ayam gohyong cukup banyak dan rasanya juga nikmat jadi sangat worth it dengan harga yang dibanderolnya tersebut.

Ayam malaya memiliki tekstur renyah yang menggoda, sedangkan ayam gohyong memiliki citarasa yang gurih yang sangat lezat. Jadi apa lo udah siap mencoba dua hidangan favorit dari Warung Gaul Ayam Malaya yang legendaris ini, Urbaners?

 

 

Sources: detik.com, liputan6.com