• Food
  • Keunikan 5 Negara dalam Mengolah Telur

Keunikan 5 Negara dalam Mengolah Telur

Fri, 19 May 2017

Telur pantas disebut sebagai raja makanan. Produk pangan dari unggas ini ada di hampir seluruh penjuru dunia. Kemana pun Urbaners pergi bisa dipastikan bakal bertemu yang namanya telur baik yang dinikmati langsung atau dalam bentuk olahan.

Di sini, telur dimasak dengan beragam cara mulai dari telur ceplok, telor rebus, telor dadar, telor orak-arik atau omelete. Telur juga menjadi bahan utama martabak telur, fuyunghai atau pelengkap masakan mie instan.

Bosan dengan cara menikmati telur itu-itu saja, Urbaners bisa menjajal  masakan telur unik khas berbagai negara. Beberapa di antaranya:

 

Egg hopper dari Sri Lanka

Salah satu jajanan populer di Sri Lanka ini menyajikan telur yang dimasak dalam mangkuk panekuk beras dan santan. Egg hopper mantap dimakan dengan sambal, cabe dan perasan jeruk.

 

Scotch egg dari Inggris

Makanan kegemaran warga Inggris ini terdiri dari telur rebus yang dibungkus sosis lalu ditutup tepung roti. Adonan Scotch egg kemudian digoreng atau dipanggang hingga berwarna kekuningan.

 

Century egg dari China

Disebut century egg karena proses pembuatannya yang memakan waktu. Prosesnya mirip-mirip telur asin buatan Brebes. Telur bebek direndam dalam air garam bercampur abu, kapur dan sekam padi selama 3-5 minggu. Bedanya, century egg tak direbus.

Meski tak dimasak, tekstur telur century egg berubah banyak. Kuning telur terasa lebih creamy dan berwarna abu-abu. Daging telur yang berwarna putih berubah jadi gelap dan kenyal seperti agar-agar.

 

Brik dari Tunisia

Lain lagi dengan Tunisia. Telur menjadi isian pastry bersama tuna, bawang, peterseli dan keju. Makanan bernama Brik ini kemudian digoreng hingga berwarna cokelat keemasan. Hidangan ini biasa disantap dengan sup tradisional Tunisia bernama chorba.

 

Menemen dari Turki

Menemen ini adalah versi beda dari telur orak-arik. Menemen menambahkan paprika hijau, thyme, tomat dan bubuk cabe ke dalam orak-arik. Urbaners yang doyan makanan pedas dan berempah bisa mencobanya jika berkunjung ke Istanbul atau memasak ala-ala menemen.

 

 

Source: Kaskus.co.id

Related Article

3 Restoran seru buat malam mingguan lo

Tuesday, December 31, 2019 - 13:00
Suasana bagian dalam restoran Monk

Malam minggu tentunya menjadi malam yang spesial buat lo yang punya pasangan. Setiap pasangan pastinya punya tempat favorit untuk menghabiskan malam minggu bersama. Untuk lo yang ingin menghabiskan malam minggu kali ini bersama pasangan lo di sebuah tempat yang romantis di Jakarta. Ini ada rekomendasi 3 restoran yang akan membuat malam mingguan lo makin seru dan pastinya punya kenangan nggak terlupakan.

 

MONKS

Suasana bar MONKS café

Kalau lo dan pasangan suka banget sama budaya Jepang? Restoran yang satu ini sangat cocok buat lo. MONKS sebagai resto yang mengusung tema arsitektur Jepang tentunya juga menyajikan menu masakan Jepang yang nggak kalah lezat. Di sini lo bisa makan, Sushi, Ramen, atau Chicken Katsu. Untuk l        o yang lagi program diet, ada menu Kyoto Caesar Salad yang bergizi banget. Tak hanya makanan, lo juga bisa menikmati sajian minuman yang segar, seperti Monkillo, Iced Kumquat Soda, dan es krim.

Soal harga jangan khawatir, lo cukup siapin bujet Rp250.000 saja untuk dua orang. Cukup murah untuk ukuran restoran yang mengusung konsep ala-ala Jepang. Penasaran ingin ke sini? MONKS ada di daerah Jakarta Utara, tepatnya di area Kelapa Gading. Lo bisa langsung akses Google maps untuk dapatkan lokasinya yang tepat.

 

Koffie Nation

Bagian luar dari Koffie Nation

Koffie Nation mengusung desain interior minimalis yang kekinian banget. Tempat ngopi yang ada di daerah Kuningan ini cocok buat dijadiin tempat dinner bersama pasangan. Walau pun konsepnya modern, Koffie Nation tetap menyediakan menu-menu khas Indonesia, kok. Jadi lo nggak perlu khawatir juga soal harga. Masih standar untuk daerah Kuningan. Lo bisa memilih menu-menu, seperti pempek, mie ayam, nasi goreng, sop buntut, dan lain-lain.

Kopi buatan barista Koffie Nation juga enak banget, mereka bisa menakar dengan sangat pas, deh. Kalau pasangan lo nggak suka kopi, tenang saja, di sini juga banyak minuman non-kopi, kok. Koffie Nation tepatnya berada di Epicentrum Walk, lantai bawah (Ground). 

 

Mr. Bitsy

Suasana resto Mr. bitsy

Kalau lo dan pasangan bosan dengan resto yang cuma menyediakan makan dan minum. Lo bisa datang ke Mr. Bitsy yang ada di Mall Kuningan City. Mr. Bitsy menawarkan konsep resto dan karaoke. Jadi lo bisa bernyanyi lagu-lagu romantis bersama pasangan sambil menikmati malam minggu yang syahdu. Dijamin lo bisa melepas penat selama seminggu penuh bergelut dengan rutinitas.

Bagaimana, lo pilih resto yang mana untuk menghabiskan malam minggu lo kali ini bersama pasangan? 3 resto di atas recommended banget soal pelayanan dan harganya yang terjangkau. Jadi malam minggu lo bersama pasangan jadi lebih seru.

 

 

Source: Provoke