• Food
  • Yuk Cicipi Croissant Terenak di 5 Lokasi di Jakarta

Yuk Cicipi Croissant Terenak di 5 Lokasi di Jakarta

Mon, 05 June 2017

Menyeruput kopi hangat, paling nikmat ditemani camilan. Salah satunya kudapan paling klop adalah pastry seperti croissant. Gurih dan hangatnya roti bulan sabit ini membuat kopi terasa makin mantap. Karena itu tak heran, Urbaners kerap menemui pilihan croissant di menu kedai kopi. Banyak varian croissant yang ditawarkan. Yuk, hunting croissant juara di Jakarta.

 

Cake a Boo

Tiga pilihan croissant premium bisa lo temui di tempat ini seperti Hojicha, Speculoos dan Double Choco Croissant. Cake a Boo juga memanjakan penggemar telur asin dengan pilihan kreasi salted yolk egg croissant. Hidangan pastry di sini kian sempurna menemani secangkir kopi yang diproduksi salah satu kedai kopi terkenal yaitu, Common Grounds.

 

Djournal Coffee

Djournal Coffee memang telah terkenal dengan sajian kopinya yang enak. Tak hanya itu, kedai kopi di Cilandak Town Square ini juga menyuguhkan croissant lezat sebagai pendamping. Banyak pilihan croissant seperti sarikaya, Nutella, almond, keju, butter, kismis, cokelat, hingga ham ayam dan keju. Coba juga varian peanut butter & jelly yang hangat dan gurih.

 

Komunal 88

Restoran berkonsep Cafe Market di kawasan Kemang ini menghadirkan sederet pastry lezat seperti croissant, madeleine, baguette, dan eclairs. Croissant yang ditawarkan pun beragam mulai dari butter, cokelat, kuning telur asin, dan isi daging.

 

Nomz Kitchen & Pastry

Croissant dari Nomz Kitchen & Pastry juga memiliki pilihan croissant telur asin. Ada juga croissant chocolate selai Ovomaltine yang pasti yummy banget. Penasaran? Lo bisa langsung datang ke Nomz di Grand Indonesia Shopping Town.

 

Sophie Authentique

Sophie Authentique di kawasan Senopati, Jakarta Selatan ini juga menawarkan sederet varian croissant. Mulai dari croissant whole wheat, rasa almond, cokelat, dan almond cokelat. Ada juga pilihan rasa gurih seperti croissant salmon, keju, tuna, dan daging sapi. Tak hanya itu, tempat ini juga menawarkan French pastry lezat lainnya seperti eclair, canele, medelline, dan brioche.

Untuk Urbaners ketahui, croissant sebenarnya lahir di Austria. Roti ini pertama kali diciptakan pada tahun 1683 sebagai bentuk perayaan kemenangan Austria atas pasukan Turki yang mengepung Wina. Konon bentuk roti yang bernama kipferl ini merupakan simbol bendera Turki yang berlambang bulan sabit (crescent).

Alkisah, roti ini dibawa ke daratan Perancis oleh putri kerajaan Austria yaitu Marie Antoniette yang menikahi putra mahkota Perancis. Marie Antoniette yang dikenal dengan gaya hidupnya yang hedonis selalu menyuguhkan kipferl di setiap pesta mewahnya. Para tamu mengenal roti tersebut dengan sebutan croissant yang dalam bahasa Perancis berarti bulan sabit.

Versi lain dari asal muasal croissant ini menyebutkan roti ini diciptakan pertama kali oleh orang-orang Polandia pada tahun 732. Croissant disuguhkan untuk merayakan kemenangan pasukan Franks atas serbuan pasukan Ummayad pada pertempuran yang paling menentukan dalam The Battle of Tours.

Entah mana yang benar. Yang pasti, secangkir kopi hangat sangatlah mantap dinikmati bersama croissant yang gurih dan renyah. Setujukan Urbaners?

 

 

Source: Wikipedia.org, detik.com

5 Alternatif Sehat Pengganti Kopi Agar Lo Nggak Ketergantungan Kafein

Fri, 07 August 2020
Seorang pria mengenakan kacamata hitam dan jaket tengah tersenyum sambil memegang cangkir

Indonesia adalah salah satu eksportir biji kopi terbesar di dunia, jadi nggak heran kalau kegiatan minum kopi begitu melekat dalam keseharian masyarakat Indonesia. Kedai kopi sangat mudah untuk ditemukan, nggak peduli lo #MauLagiDimanapun. Sayangnya, kandungan kafein yang tinggi dalam kopi nggak selamanya menguntungkan bagi kesehatan lo. Berikut ini 5 alternatif kopi yang lebih sehat untuk lo coba.

 

Air Kelapa

Seorang pria sedang meminum air dari dalam kemasan botol di pantai

Mengganti kebiasaan minum kopi dengan air kelapa akan tetap membuat lo terasa segar sepanjang hari, berkat kandungan elektrolit yang menghidrasi tubuh lo. Selain itu, air kelapa juga punya banyak manfaat kesehatan lainnya karena mengandung vitamin C, antioksidan, zat besi, dan kalsium.

Alternatif kopi yang satu ini cocok banget buat lo yang suka olahraga pagi. Nggak seperti kopi yang keras di lambung, air kelapa aman untuk lo konsumsi bahkan sebelum sarapan.

 

Cuka Apel

Larutan cuka apel dalam gelas kaca, dikelilingi buah apel hijau

Rasa asam dan manis alami dari larutan cuka apel akan langsung membangunkan lo dari kondisi setengah tidur. Cuka apel adalah alternatif sehat bagi orang yang memiliki kadar gula tinggi. Jika lo salah satunya, harus segera mengganti kopi susu lo menjadi larutan cuka apel yang bisa lo beli dengan mudah di supermarket ya, Bro!

Cuka apel juga diyakini dapat membantu lo mengurangi berat badan karena dapat mengurangi rasa lapar secara efektif. Tuangkan 2 sendok makan cuka apel bersama segelas air dingin, lo juga bisa tambahkan madu atau gula. Minum setiap pagi sebelum berangkat atau setiap kali merasa ngantuk.

 

Teh Matcha

Seseorang sedang memegang secangkir teh matcha berwarna hijau terang

Bagi yang merasa sulit lepas dari jeratan kafein, lakukan transisi perlahan-lahan menggunakan teh matcha yang mengandung lebih sedikit kafein dibanding kopi. Teh matcha juga dinilai lebih sehat juga karena mengandung L-theanine dan asam amino yang akan membuat lo lebih semangat tanpa ada efek samping seperti rasa gugup yang umumnya dirasakan setelah meminum kopi.

Sekarang ini, sudah banyak teh matcha bubuk yang bisa lo seduh sendiri. Lo juga bisa menemukan berbagai menu varian matcha di kedai kopi favorit lo. Rasanya nggak kalah enak dan tentunya baik untuk lambung lo.

 

Smoothie

Tiga tangan memegang tiga jenis smoothie hijau, merah, dan kuning

Apakah lo sering skip sarapan tapi tetap minum kopi? Baik karena buru-buru maupun diet, minum kopi dalam keadaan perut kosong itu nggak baik buat kesehatan. Coba deh buat smoothie sebagai alternatif kopi di pagi hari. Lo bisa pakai buah-buahan favorit dengan sayuran yang tersedia di rumah, jangan lupa untuk tambahkan dengan yoghurt.

Smoothie buah dan sayur kaya akan vitamin, karbohidrat, serat, antioksidan, dan protein, ampuh untuk membuat lo lebih berenergi. Kalau lo nggak punya waktu untuk membuat smoothie, lo bisa siapkan dulu bahan-bahannya di malam sebelumnya.

 

Susu Coklat

Secangkir susu coklat panas dengan biskuit dan sendok di atas nampan kayu 

Coklat atau cacao powder masih mengandung kafein dalam jumlah sedikit. Itu sebabnya, ini bisa jadi pilihan untuk lo yang membutuhkan kafein tetapi kurang suka rasa kopi. Berbeda dengan kopi, cacao powder yang digabung dengan susu hangat akan membuat tubuh lo merasa lebih rileks.

Cara membuatnya juga mudah banget. Lo tinggal tambahkan 2 sendok makan cacao powder ke dalam secangkir susu hangat. Aduk sampai larut, tambahkan gula secukupnya. Sebagian besar kedai kopi juga memiliki menu susu coklat yang bisa lo pesan.

 

 

 

Source: Bustle, Healthline, Inc.