Rendang Kembali Menjadi Makanan Terlezat di Dunia - MLDSPOT
  • Food
  • Rendang Kembali Menjadi Makanan Terlezat di Dunia

Rendang Kembali Menjadi Makanan Terlezat di Dunia

Wed, 02 August 2017

Makanan khas Sumatera Barat yakni rendang sudah menjadi favorit bagi masyarakat Indonesia, bahkan dunia. Buktinya, rendang dinobatkan sebagai makanan terlezat di dunia dalam daftar World’s 50 Delicious Food 2017 versi CNN International.

Rendang dinilai paling enak oleh 35 ribu pembaca CNN dan menempatkannya di urutan teratas. Hebatnya lagi, ini menjadi tahun kedua bagi rendang menjadi yang terlezat di dunia. Dua tahun berturut-turut. Wow, sangat membanggakan ya.

Terpilihnya rendang sebagai makanan terenak di dunia tentu merupakan pengakuan besar untuk kuliner Tanah Air. Terlebih bagi masyarakat Sumbar sebagai pencipta makanan ini. Seperti Urbaners ketahui, olahan daging sapi dengan bumbu rempah ini menjadi menu andalan di setiap rumah makan Padang. Bumbunya yang meresap sampai serat daging membuat banyak orang menggemari makanan ini.

Rendang sendiri berasal dari kata marandang yang berarti proses memasak untuk menghabiskan air. Itulah sebabnya rendang yang benar tidak basah oleh kuah meski dimasak dengan santan. Oh iya, agar bumbu dan rempah meresap sempurna, butuh waktu lebih dari 7 jam dengan api yang kecil dan diaduk rata secara berkala.

Berkat teknik memasak yang membutuhkan waktu lama itulah konon rendang bisa bertahan hingga tiga bulan tanpa dipanaskan. Inilah sebabnya rendang kerap dipercaya menjadi bekal para perantau Minang di zaman dahulu maupun orang-orang yang melakukan perjalanan haji.

Meski dikenal sebagai masakan asli Indonesia, rendang menyerap banyak pengaruh cita rasa masakan India di dalamnya, termasuk penggunaan berbagai rempah yang beraroma kuat. Makanan ini pun turut digemari masyarakat Eropa karena memiliki rasa khas Mediterania yang cocok di lidah mereka. Tak heran jika rendang sukses menjadi makanan terlezat di dunia!

Selain rendang, makanan Nusantara lainnya juga dinobatkan sebagai terenak di dunia yakni nasi goreng dan sate. Setelah rendang dan nasi goreng yang berada di urutan satu dan dua, masuk dalam jajaran lima besar CNN, berturut-turut: sushi (Jepang), tom yam (Thailand), dan pad thai (Thailand).

Urbaners harus bangga nih, makanan Indonesia sudah mendunia dan mengharumkan nama bangsa. Nah, buat Urbaners yang belum pernah coba, wajib deh buat mencicipinya. Tidak perlu repot-repot masak, tinggal masuk ke resto Padang. Tambuo ciek....

 

Source: Rilis.id

Waktu Terbaik Minum Alkohol: Tim Siang atau Malam, Bro?

Mon, 22 February 2021
Minum Alkohol

Apa kebiasaan yang biasa lo lakuin kalo ngumpul sama anak tongkrongan lo? Mabar game, gosip, atau minum alkohol? Wah kalo yang terakhir ini sepertinya krusial untuk dilakukan pas ngumpul malem atau lagi ngumpul dengan momen-momen tertentu ya, bro!

Meskipun begitu, ternyata ada juga orang yang lebih suka mengkonsumsi alkohol baik di siang hari dibandingkan di malam hari. Di siang hari, biasanya orang lebih suka mengkonsum minuman beralkohol lebih rendah dari pada minum alkohol yang dikonsumsi pada malam hari, tapi ternyata waktu minum ini juga akan berpengaruh pada diri lo sendiri.

Meskipun semua tergantung dari apa yang lo minum, sebenarnya kapan sih waktu terbaik untuk minum alkohol? Dan lo tipe yang mana nih?

Biar lebih jelas kapan waktu terbaiknya, simak artikel selengkapnya di bawah ini ya, bro!

Alkohol di Siang Hari: Booster dalam Menjalani Hari

Minum Alkohol

Credit image – Discover Magazine

Minum alkohol emang ngga ada keharusan harus kapan dan minum apanya, ternyata dilihat dari waktunya, banyak juga orang punya preferensi untuk minum alkohol di siang hari – apakah lo salah satu diantaranya?

Minum alkohol di siang hari ini emang punya efek yang sedikit berbeda dengan minum alkohol di malam hari. Karena konon katanya, minum alkohol di siang hari akan nggak akan sama hasratnya selayaknya minum alkohol di malam hari – lo nggak akan minum alkohol sebanyak mengonsumsi di malam hari.

Penelitian dari Nyree Dardarian – seorang profesor dari Drexel University mengatakan, minum alkohol di siang hari dapat merangsang zat dalam tubuh yang memproses alkohol lebih cepat dan dapat menambah energi di dalam tubuh.

Meskipun metabolisme dalam tubuh berfungsi  selama 24 jam, tapi pada siang hari akan berproduksi lebih banyak – sehingga minum alkohol di siang hari akan ikut membantu lo untuk lebih produktif. Nggak heran, orang yang tim minum alkohol di siang hari melakukan kebiasaan ini untuk lebih produktif dalam bekerja daripada untuk menikmati alkohol itu sendiri.

Kebiasaan dalam minum alkohol di siang hari pun bakal beda dengan minum alkohol di malam hari – nggak akan sebanyak minum pas malam hari pastinya.

Alkohol Malam Hari: Paling Pas buat Chill

Minum Alkohol

Credit image – iStock

Kalau minum alkohol di malam hari rasanya udah nggak aneh lagi, karena memang ini kebiasaan umum orang-orang pada umumnya. Rasanya, minum alkohol emang lebih identik dengan malam hari dibandingkan dengan siang hari, setuju nggak, bro?

Ternyata, selain karena kebiasaan juga, alkohol pada malam hari akan menyerap lebih baik pada malam hari. Dalam hal ini, serapan alkohol yang diserap dan reaksi dalam tubuh pun berbeda dengan konsumsi alkohol di siang hari. Menurut penelitian pada tahun 2001, alkohol dikatakan memiliki efek yang lebih sensitif yang membuat emosional pada orang yang mengonsumsi.

Pada tingkat emosional inilah yang membuat alkohol terasa lebih nikmat untuk dinikmati pada malam hari. Alkohol juga akan lebih menyerap pada orang yang memiliki tingkat stres yang tinggi – dan biasanya orang akan terlihat lebih tertekan pada malam hari setelah seharian bekerja di bawah tekanan.

Konon, pada siang hari juga kita nggak begitu merasakan lelah dan merasa tertekan. Namun ketika saat merasa sendiri setelah menjalani aktivitas, barulah manusia merasa lebih emosional – hal inilah yang membuat minum alkohol lebih nikmat bila dinikmati malam mari.

Jadi, Tim Siang atau Malam?

Setelah mengetahui reaksi dan kebiasaan yang berbeda pada minum alkohol di siang hari dan di malam hari, lo sekarang tau kan – kalau semua ada kelebihan dan kekurangan masing-masing?

Dari kekurangan dan kelebihan inilah kita jadi lebih tau, kebutuhan alkohol dalam diri mana yang ingin lo penuhi. Sebuah penelitian mengatakan bahwa alkohol memang merangsang emosional lebih cepat pada waktu-waktu tertentu.

Jadi kalau mau mencoba lebih produktif pas lagi kerja, ada baiknya minum alkohol secukupnya pada siang hari untuk booster mood menjadi lebih produktif. Tapi kalau lo merasa lebih butuh ketenangan untuk istirahat di malam hari atau deep talk sama anak tongkrongan lo, minum alkohol di malam hari lah jawabannya!

 

Feature image – Video Hive