Trending
Jumat, 25 Agustus 2017

Inilah Alasan Sebenarnya Kalau Es Krim Penyabab Brain Freeze

  • Share
  • fb-share
Inilah Alasan Sebenarnya Kalau Es Krim Penyabab Brain Freeze

Urbaners, panas-panas gini emang paling enak sih makan es krim, ya? Siapa yang bisa menolak kenikmatan, kesegaran, kesejukan, dan juga kelembutan susu yang creamy dan juga rasanya yang manis. Tapi kadang, pernah nggak sih lo ketika lagi enak-enak makan es krim, tapi kepala lo jadi sakit atau ‘membeku’?  Kayaknya hampir semua orang pernah mengalami hal ini, jadi lo nggak perlu khawatir. Penjelasan lebih lengkapnya simak di bawah, nih!

 

Pembekuan Otak termasuk ke dalam Salah Satu Jenis Sakit Kepala

Pembekuan otak secara tiba-tiba ini biasa disebut dengan sphenopalatine ganglioneuralgia, secara singkat ini merupakan cara tubuh lo untuk nyuruh lo untuk melambat. Pembekuan otak ini merupakan jenis sakit kepala yang cepat diawali tapi cepat juga baiknya. Nah, ketika lo makan es krim, mungkin karena lo terlalu semangat dan buru-buru buat menyantap es krim tersebut membuat mulut lo nggak punya waktu yang cukup untuk menyerap dingin dengan baik.

Dalam hal ini, ada pula reflex yang melebar atau mempersempit pada pembuluh yang bekerja bila adanya perbedaan suhu di rongga mulut lo. Nah, makanya nggak heran kalau ketika lo makan atau minum yang dingin dan menyentuh bagian tengah langit-langit mulut, saraf lo bisa merespons dan memicu pembuluh di darah melebar. Hal inilah yang menyebabkan lonjakan aliran darah di area pembuluhnya. Pembesaran pembuluh yang cepat dan tiba-tiba ini juga yang berhasil bikin kepala lo terasa sakit, membeku, dan atau nyut-nyutan.

 

Pembekuan Otak Biasanya Terjadi Sangat Cepat dan Bisa Diatasi dengan Cepat Pula

Terjadi secara tiba-tiba, pembekuan otak umumnya sudah bisa diatasi dalam kurun waktu hanya sekitar 30-60 detik saja. Namun ketika terlalu lama, lo harus segera melakukan hal-hal ini Urbaners. Pertama sentuhkan lidah lo ke langit-langit mulut dan tunggu hingga rasa sakitnya hilang. Kedua jika kepala lo masih terasa sakit, lo bisa mengobatinya dengan cara meminum minuman yang hangat. Terakhir lo juga bisa menutup mulut dengan tangan, sama kaya lo lagi pakai masker, terus hembuskan napas hangat, dan lalu hirup lagi.

Nah, Urbaners, setelah lo dengar penjelasan di atas, kini lo nggak perlu khawatir lagi kalau lo mau makan es krim. Lagian itu hal yang umum dan sudah pernah dirasakan oleh hampir setiap orang, kok!

 

Sumber: Sisidunia.com

Comments
Ahdan Maulana Muhammad
terimakasih
iwan sunardi
Related Article