Trending
Selasa, 29 Agustus 2017

Membuat Kopi Tubruk untuk Mendapat Cita Rasa Terbaik

  • Share
  • fb-share
Membuat Kopi Tubruk untuk Mendapat Cita Rasa Terbaik

Kopi tubruk sudah tak asing bagi orang Indonesia. Seperti namanya, tubruk intinya adalah cara membuat kopi yang menubrukkan kopi dan air secara langsung. Sederhana!

Kopi tubruk bisa dibilang sebagai cara membuat kopi yang paling awam. Di rumah-rumah, kopi tubruklah yang paling sering dihidangkan. Demikian juga di kantor atau tempat kerja.

Teknik meracik kopi tubruk yang diketahui selama ini seakan sudah menjadi budaya bagi banyak orang. Dari mulai mempersiapkan air, kopi, hingga menyeduhnya punya cara sendiri.

Tapi, menurut ahli kopi atau biasa disebut barista, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan saat membuat kopi tubruk untuk mendapatkan cita rasa terbaik. Apa saja?

 

Bubuk kopi sempurna untuk hasil yang sempurna

Yang harus Urbaners pastikan dan prioritaskan adalah kesegaran kopi itu sendiri. Lebih baik jika lo menggiling biji kopi tepat sebelum diseduh. Pasalnya aroma kopi yang sudah digiling lama lebih mudah menguap.

Jangan sampai terlalu halus karena akan menyebabkan kopi menjadi pahit. Jangan pula terlalu kasar agar kopi tidak terlalu asam. Dengan cara ini, seduhan kopi tubruk yang nanti dihasilkan akan lebih segar, beraroma dan mengeluarkan karakter terbaiknya.

 

Suhu air paling pas

Apakah lo harus memakai air mineral kemasan agar air tersebut benar-benar mengandung mineral yang bisa membuat kopi lebih enak? Tidak juga. Yang pasti air yang digunakan harus bersih dan segar. Tidak berasa dan tak berbau.

Suhu terbaik untuk menyeduh kopi tubruk berkisar antara 93–96 derajat Celcius. Jika tak punya termometer, masak air hingga mendidih dan biarkan sekitar dua menit. Makin rendah temperatur air, maka acidity (keasaman) akan lebih keluar.

 

Proses penyeduhan

Kopi Tubruk

Selain air dan kopi, proses penyeduhan juga punya pengaruh. Untuk mendapatkan kopi tubruk yang nikmati maksimal, waktu yang dibutuhkan untuk menyeduh kira-kira 4 menit.

Biarkan kopi dan air melarut secara alami. Setelah itu, baru diaduk perlahan. Jika menginginkan rasa yang lebih kuat, maka aduklah lebih lama.

 

Beda selera beda resep kopi

Kopi Tubruk

Jika banyak pihak yang menyarankan agar menikmati kopi jenis tertentu atau teknik tertentu, semuanya itu kembali pada selera masing-masing orang.

Sebagian orang lebih sukai kopi tubruk tanpa gula untuk menikmati keasliannya. Namun tidak sedikit yang mencampurkan gula atau susu. Semua sesuai selera.

Nah, sudah siap menyeduh kopi tubruk Urbaners? Seruput sedikit demi sedikit ya agar berasa nikmat dan harumnya kopi tubruk.

Related Article: 7 Cara Membuat Kopi Susu yang Enak & Edgy di Pagi Hari

Source: Kompas.com, wikipedia.org

Comments
Trisna
Bubuk kopi sempurna untuk hasil yang sempurna
Tjong tjauw min
Kopi tubruk bisa dibilang sebagai cara membuat kopi yang paling awam.