4 Cara Alternatif Buat Nikmatin Cold Brew: Pake Es Doang? Too Basic, Bro! - MLDSPOT
  • Food
  • 4 Cara Alternatif Buat Nikmatin Cold Brew: Pake Es Doang? Too Basic, Bro!

4 Cara Alternatif Buat Nikmatin Cold Brew: Pake Es Doang? Too Basic, Bro!

Mon, 09 November 2020
4 Cara Alternatif Buat Nikmatin Cold Brew: Pake Es Doang? Too Basic, Bro!

Buat lo skena perkopian Indonesia, #MauLagiDimanapun – ngopi jadi salah satu mood booster yang lo butuhkan tiap harinya. Setuju nggak bro? Nah, buat lo yang suka ngopi, lo tim yang disajikan panas-panas atau yang dingin-dingin, nih?

Memang umumnya sih ya – kebanyakan orang mungkin kalau ngopi pasti kopi yang hangat atau panas. Memang nikmat kalau disajikan selagi hangat. Tapi nggak salah juga kalau ada yang suka minum kopi dingin, es kopi misalnya.

Apalagi sekarang – es kopi, es kopi susu – jadi salah satu menu yang mesti ada tiap hari buat menemani lo #MauLagiDimanapun dan apapun yang sedang lo lakukan. Well, memang mood booster saja sih kopi ini karena kandungan kafeinnya yang bisa bantu lo buat fokus.

Nah terkait dengan es kopi ya – atau minuman kopi dengan suhu yang rendah atau dingin – lo tahu nggak sebenarnya ada beberapa cara menikmati kopi dingin jadi lebih nikmat. Umumnya nih – mungkin lo hanya tahu kalau es kopi itu nikmat karena dingin atau karena ada es batunya saja jadi terasa segar.

Padahal ternyata – setidaknya ada empat cara lagi yang bisa bikin es kopi lo makin nikmat. Benar bro – empat cara ini kurang lebih adalah campuran untuk es kopi lo tersebut. Sepertinya sebentar lagi lo bakal mengadopsi salah satu empat cara yang bakal dijelasin di bawah ini.

Well, daripada lo makin penasaran sebenarnya apa saja sih dan bagaimana empat cara tersebut bisa membuat es kopi lo semakin enak – sila simak bahasan kali ini untuk mengetahui selengkapnya.

 

Cara Pertama: Campur Susu!

4 Cara Alternatif Buat Nikmatin Cold Brew: Pake Es Doang? Too Basic, Bro!

Credit Image: manofmany.com

Ini sebenarnya cara yang umum – tapi bedanya sama es kopi susu lainnya – kalau lo dine in di coffee shop, biasanya susunya bakal dipisah di wadah lain. Jadi ketika pesanan es kopi lo datang, susu tersebut bakal ada di gelas atau di tempat lainnya.

Bagaimana cara menikmatinya? Biasanya memang tinggal dicampurkan begitu saja. Biarkan susu dan es kopinya bertemu, biarkan tumbukan rasa itu menyatu lalu sesap perlahan. Rasa yang bakal lo dapat mungkin kurang lebih seperti iced coffee latte.

Dengan catatan lo memesan es kopi hitam tanpa gula ya – jika ditambah susu, biasanya rasa gurih dari susu tersebut bakal ke highlight dengan mudah, bro. Tapi kalau lo sebelumnya pesan es kopi susu dengan gula – well mungkin rasanya nggak jauh berbeda dari es kopi susu pada umumnya which is good!

 

Cara Kedua: Tambahkan Sedikit Perasan Lemon

4 Cara Alternatif Buat Nikmatin Cold Brew: Pake Es Doang? Too Basic, Bro!

Credit Image: baristainstitute.com

Pada umumnya, lo yang membaca sub judul di atas pasti mengernyitkan dahi seakan apakah ini campuran yang benar buat es kopi lo? Tenang bro – lo nggak bakal di prank kalau soal seperti ini. Es kopi dengan sedikit perasan lemon atau jeruk nipis bisa tambah kesegaran yang berbeda dari biasanya!

Semakin dingin, semakin segar – namun soal perasan lemon atau jeruk nipis, seperti di atas sudah disebutkan cukup sedikit saja atau sesuai dengan selera lo. Jangan sampai rasa asam yang kuat malah mengalahkan rasa kopinya, bro.

Jadi pastikan lo menambahkannya dengan cara sedikit demi sedikit saja. Jika sudah ditambahkan, icip sebentar – sampai lo menemukan kombinasi rasa yang pas. Barulah lo stop untuk menambahkan perasan lemon atau jeruk nipis tersebut.

 

Cara Ketiga: Es Kopi, Lemon, dan Tonic Water

 

Sebelum lo tahu lebih lanjut cara ketiga ini – penting buat lo tahu kalau memang cuaca di luar sedang panas sekali – nah campuran ketiga inilah yang bakal bikin semuanya adem, termasuk isi kepala lo bro.

Es kopi, dicampur sedikit atau secukupnya perasan lemon dan tonic water bakal jadi minuman paling segar yang bisa lo nikmati. Sensasinya? Lo mesti coba dulu, dan lo bakal setuju kalau sudah coba sendiri kenapa ini jadi yang paling segar!

 

Cara Keempat: Daun Mint, Why Not?

4 Cara Alternatif Buat Nikmatin Cold Brew: Pake Es Doang? Too Basic, Bro!

Credit Image: starbucks.com

Karena punya cita rasa yang khas dan menyegarkan – es kopi dengan taburan daun mint, kenapa nggak bro? Beberapa helai daun mint tidak pernah salah untuk bertemu dengan segelas es kopi. Yang jelas kesegarannya jadi cukup beda daripada campuran yang lain.

Wah bagaimana nih bro? Dari empat campuran yang sudah dijelaskan di atas – apakah lo sudah siap untuk merencanakan eksperimen mana dulu yang bakal lo coba?

 

Feature Image – roastycoffee.com

Waktu Terbaik Minum Alkohol: Tim Siang atau Malam, Bro?

Mon, 22 February 2021
Minum Alkohol

Apa kebiasaan yang biasa lo lakuin kalo ngumpul sama anak tongkrongan lo? Mabar game, gosip, atau minum alkohol? Wah kalo yang terakhir ini sepertinya krusial untuk dilakukan pas ngumpul malem atau lagi ngumpul dengan momen-momen tertentu ya, bro!

Meskipun begitu, ternyata ada juga orang yang lebih suka mengkonsumsi alkohol baik di siang hari dibandingkan di malam hari. Di siang hari, biasanya orang lebih suka mengkonsum minuman beralkohol lebih rendah dari pada minum alkohol yang dikonsumsi pada malam hari, tapi ternyata waktu minum ini juga akan berpengaruh pada diri lo sendiri.

Meskipun semua tergantung dari apa yang lo minum, sebenarnya kapan sih waktu terbaik untuk minum alkohol? Dan lo tipe yang mana nih?

Biar lebih jelas kapan waktu terbaiknya, simak artikel selengkapnya di bawah ini ya, bro!

Alkohol di Siang Hari: Booster dalam Menjalani Hari

Minum Alkohol

Credit image – Discover Magazine

Minum alkohol emang ngga ada keharusan harus kapan dan minum apanya, ternyata dilihat dari waktunya, banyak juga orang punya preferensi untuk minum alkohol di siang hari – apakah lo salah satu diantaranya?

Minum alkohol di siang hari ini emang punya efek yang sedikit berbeda dengan minum alkohol di malam hari. Karena konon katanya, minum alkohol di siang hari akan nggak akan sama hasratnya selayaknya minum alkohol di malam hari – lo nggak akan minum alkohol sebanyak mengonsumsi di malam hari.

Penelitian dari Nyree Dardarian – seorang profesor dari Drexel University mengatakan, minum alkohol di siang hari dapat merangsang zat dalam tubuh yang memproses alkohol lebih cepat dan dapat menambah energi di dalam tubuh.

Meskipun metabolisme dalam tubuh berfungsi  selama 24 jam, tapi pada siang hari akan berproduksi lebih banyak – sehingga minum alkohol di siang hari akan ikut membantu lo untuk lebih produktif. Nggak heran, orang yang tim minum alkohol di siang hari melakukan kebiasaan ini untuk lebih produktif dalam bekerja daripada untuk menikmati alkohol itu sendiri.

Kebiasaan dalam minum alkohol di siang hari pun bakal beda dengan minum alkohol di malam hari – nggak akan sebanyak minum pas malam hari pastinya.

Alkohol Malam Hari: Paling Pas buat Chill

Minum Alkohol

Credit image – iStock

Kalau minum alkohol di malam hari rasanya udah nggak aneh lagi, karena memang ini kebiasaan umum orang-orang pada umumnya. Rasanya, minum alkohol emang lebih identik dengan malam hari dibandingkan dengan siang hari, setuju nggak, bro?

Ternyata, selain karena kebiasaan juga, alkohol pada malam hari akan menyerap lebih baik pada malam hari. Dalam hal ini, serapan alkohol yang diserap dan reaksi dalam tubuh pun berbeda dengan konsumsi alkohol di siang hari. Menurut penelitian pada tahun 2001, alkohol dikatakan memiliki efek yang lebih sensitif yang membuat emosional pada orang yang mengonsumsi.

Pada tingkat emosional inilah yang membuat alkohol terasa lebih nikmat untuk dinikmati pada malam hari. Alkohol juga akan lebih menyerap pada orang yang memiliki tingkat stres yang tinggi – dan biasanya orang akan terlihat lebih tertekan pada malam hari setelah seharian bekerja di bawah tekanan.

Konon, pada siang hari juga kita nggak begitu merasakan lelah dan merasa tertekan. Namun ketika saat merasa sendiri setelah menjalani aktivitas, barulah manusia merasa lebih emosional – hal inilah yang membuat minum alkohol lebih nikmat bila dinikmati malam mari.

Jadi, Tim Siang atau Malam?

Setelah mengetahui reaksi dan kebiasaan yang berbeda pada minum alkohol di siang hari dan di malam hari, lo sekarang tau kan – kalau semua ada kelebihan dan kekurangan masing-masing?

Dari kekurangan dan kelebihan inilah kita jadi lebih tau, kebutuhan alkohol dalam diri mana yang ingin lo penuhi. Sebuah penelitian mengatakan bahwa alkohol memang merangsang emosional lebih cepat pada waktu-waktu tertentu.

Jadi kalau mau mencoba lebih produktif pas lagi kerja, ada baiknya minum alkohol secukupnya pada siang hari untuk booster mood menjadi lebih produktif. Tapi kalau lo merasa lebih butuh ketenangan untuk istirahat di malam hari atau deep talk sama anak tongkrongan lo, minum alkohol di malam hari lah jawabannya!

 

Feature image – Video Hive