• Food
  • 4 Startup Kopi Asal Indonesia

4 Startup Kopi Asal Indonesia

Mon, 11 February 2019
4 Startup Kopi Asal Indonesia

Maraknya bisnis kopi di Indonesia juga terlihat dari kemunculan berbagai startup kopi lokal. Munculnya usaha rintisan ini sekaligus menjawab tantangan era revolusi industri 4.0 yang memang sudah di depan mata. Yuk, kenalan dengan empat startup asal Indonesia yang menggeluti dunia perkopian! Ini dia profil singkatnya.

 

Coffindo

Coffindo                             

Coffindo lahir dari tangan dingin Irfan Anwar, seorang wirausaha asal Medan. Startup ini fokus berjualan kopi dan alat-alat pembuat kopi. Sampai sekarang, Coffindo sudah tersebar di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Bali, Makassar, Pekanbaru, Medan, bahkan Amerika Serikat. Coffindo juga punya kafe bernama Coffice di Bandung dan Yogyakarta.

Semua produk Coffindo bisa dibeli secara online. Produk kopinya juga variatif, tapi semuanya jelas punya kualitas terbaik dan 100% dari Indonesia.

 

Kopibara.id

Nusa Tenggara Timur (NTT) ternyata juga punya kopi khas dengan rasa unik. Kopi dari NTT cenderung punya rasa asam dan fruity karena memang ditanam dekat dengan buah-buahan. Buat lo yang tertarik dengan kopi NTT bisa langsung buka website Kopibara.id. Di situ lo bisa ketemu dengan kopi unik asal NTT yang diproses menggunakan mesin modern.

Kopi Bara nggak cuma berjualan kopi, mereka punya misi besar untuk mengedukasi kalau kopi nikmat nggak selalu mahal. Mereka bahkan menggandeng usaha kecil buat jadi pemasok utama. Lo bahkan bisa bergabung jadi agen buat mewujudkan cita-cita tersebut.

 

Otten Coffee

Otten Coffee

Indonesia memang dikenal sebagai salah satu negara penghasil kopi terbaik dunia. Beberapa daerah seperti Bengkulu dan Sumatera Utara bahkan bisa menghasilkan kopi yang nikmat meski nggak termasuk specialty coffee. Fakta ini kemudian mendorong Robin, seorang eksportir kopi, untuk merintis startup kopi.

Akhirnya lahirlah Otten Coffee di tahun 2012 lalu. Bisnis ini menjual kopi dari berbagai daerah termasuk Sumatera dan Bali. Ada juga alat-alat kopi untuk lo yang tertarik memulai bisnis kedai kopi!

 

Kopitani.id

Kopi Indonesia yang nikmat nggak bakal tersaji di hadapan lo tanpa adanya petani kopi, Sayangnya, sampai sekarang nggak semua petani kopi Indonesia bisa hidup sejahtera. Dari situlah akhirnya Kopitani lahir. Startup yang satu ini memang fokus untuk membuat hidup petani kopi Indonesia lebih sejahtera.

Tiap penjualan bakal dikonversikan buat pengembangan petani kopi. Biji kopi yang mereka jual pun langsung dari petani yang diberdayakan. Lewat Kopitani, lo nggak cuma sekadar minum kopi, tapi juga bantu petani kopi!

 

Nah, coffee lovers, dari daftar startup kopi di atas, mana yang paling menarik perhatian lo?

 

 

Source: Info Digimarket

Warung Gaul Ayam Malaya yang Legendaris

Wednesday, January 15, 2020 - 17:00
Ayam Malaya dan ayam gohyong adalah menu unggulan dari Warung Gaul Ayam Malaya.

Kuliner yang ada di Jakarta memang sangat beraneka ragam. Salah satu tempat yang memiliki banyak varian kuliner adalah di kawasan Menteng. Berada di Jakarta Pusat, Menteng disebut sebagai salah satu tempat elit karena banyak dihuni oleh para konglomerat dan pejabat. Tempat kuliner yang berada di sekitar sini pun banyak yang kekinian dan cocok banget didatangi untuk tempat nongkrong.

Namun ternyata ada tempat kuliner yang terkenal dan legendaris di daerah Menteng yang cukup berbeda karena hanya berbentuk warung yang sederhana. Warung yang disebut sebagai Warung Gaul Ayam Malaya itu telah berdiri sejak lebih dari 20 tahun yang lalu dan telah memiliki pelanggan yang sangat setia.

 

Populer di Kalangan Pecinta Kuliner Jakarta

Tenda dari Warung Gaul Ayam Malaya.

Bicara soal tempat makan terkenal di daerah Menteng biasanya lo pasti akan berpikiran tempat yang indah dan Instagrammable dengan hidangan makanan yang kekinian. Namun hal itu nggak berlaku bagi warung sederhana yang terletak di Jl Gereja Santa Theresia, Menteng yang satu ini.

Warung Gaul Ayam Malaya hanyalah warung kaki lima sederhana yang hanya menggunakan tenda sebagai atapnya. Meski begitu, warung yang satu ini telah menjadi salah satu tempat makan yang paling ramai dan dikenal oleh pencinta kuliner yang berasal dari Jakarta dan sekitarnya. Bahkan dari kota lain di Indonesia.

 

Cita Rasa yang Nggak Diragukan Lagi

Varian menu unggulan dari Warung Gaul Ayam Malaya seperti ayam malaya, ayam gohyong dan nasi goreng.

Salah satu alasan warung sederhana ini memiliki pelanggan setia yang rela antre lama tentunya karena hidangan makanan yang disajikan memiliki citarasa yang sangat nikmat. Di sini lo bisa memesan beragam makanan Chinese food mulai dari aneka nasi goreng, mi goreng, mi kuah, dan ayam kuluyuk. Menu unggulannya lainnya yaitu ayam malaya dan ayam gohyong.

Ayam malaya dan ayam gohyong menjadi dua menu paling favorit dan selalu dipesan oleh banyak pelanggannya. Ayam malaya sendiri merupakan menu olahan daging ayam tanpa tulang yang dibalut dengan tepung. Setelah digoreng, ayam balut tepung tersebut disiram dengan kuah yang memiliki rasa asam manis yang lezat.

Hidangan favorit lain yang selalu dicicipi oleh pelanggan ialah ayam gohyong. Menu yang satu ini dibuat dari daging ayam yang dicincang dan dicampur dengan sedikit daging sapi. Campuran daging cincang tersebut kemudian akan dibalut dengan telur terlebih dahulu sebelum digoreng. Saat disajikan ayam gohyong juga akan diberi kuah berwarna cokelat yang terbuat dari mentega dan kecap asin.

Dua menu favorit tersebut dijual dengan harga yang cukup terjangkau yaitu sekitar 25 ribu rupiah. Satu porsi dari ayam malaya dan ayam gohyong cukup banyak dan rasanya juga nikmat jadi sangat worth it dengan harga yang dibanderolnya tersebut.

Ayam malaya memiliki tekstur renyah yang menggoda, sedangkan ayam gohyong memiliki citarasa yang gurih yang sangat lezat. Jadi apa lo udah siap mencoba dua hidangan favorit dari Warung Gaul Ayam Malaya yang legendaris ini, Urbaners?

 

 

Sources: detik.com, liputan6.com