Home Food 4 Startup Kopi Asal Indonesia
4 Startup Kopi Asal Indonesia

4 Startup Kopi Asal Indonesia

Monday, February 11, 2019 - 17:30
Bagikan
Facebook Twitter Email

Maraknya bisnis kopi di Indonesia juga terlihat dari kemunculan berbagai startup kopi lokal. Munculnya usaha rintisan ini sekaligus menjawab tantangan era revolusi industri 4.0 yang memang sudah di depan mata. Yuk, kenalan dengan empat startup asal Indonesia yang menggeluti dunia perkopian! Ini dia profil singkatnya.

 

Coffindo

Coffindo                             

Coffindo lahir dari tangan dingin Irfan Anwar, seorang wirausaha asal Medan. Startup ini fokus berjualan kopi dan alat-alat pembuat kopi. Sampai sekarang, Coffindo sudah tersebar di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Bali, Makassar, Pekanbaru, Medan, bahkan Amerika Serikat. Coffindo juga punya kafe bernama Coffice di Bandung dan Yogyakarta.

Semua produk Coffindo bisa dibeli secara online. Produk kopinya juga variatif, tapi semuanya jelas punya kualitas terbaik dan 100% dari Indonesia.

 

Kopibara.id

Nusa Tenggara Timur (NTT) ternyata juga punya kopi khas dengan rasa unik. Kopi dari NTT cenderung punya rasa asam dan fruity karena memang ditanam dekat dengan buah-buahan. Buat lo yang tertarik dengan kopi NTT bisa langsung buka website Kopibara.id. Di situ lo bisa ketemu dengan kopi unik asal NTT yang diproses menggunakan mesin modern.

Kopi Bara nggak cuma berjualan kopi, mereka punya misi besar untuk mengedukasi kalau kopi nikmat nggak selalu mahal. Mereka bahkan menggandeng usaha kecil buat jadi pemasok utama. Lo bahkan bisa bergabung jadi agen buat mewujudkan cita-cita tersebut.

 

Otten Coffee

Otten Coffee

Indonesia memang dikenal sebagai salah satu negara penghasil kopi terbaik dunia. Beberapa daerah seperti Bengkulu dan Sumatera Utara bahkan bisa menghasilkan kopi yang nikmat meski nggak termasuk specialty coffee. Fakta ini kemudian mendorong Robin, seorang eksportir kopi, untuk merintis startup kopi.

Akhirnya lahirlah Otten Coffee di tahun 2012 lalu. Bisnis ini menjual kopi dari berbagai daerah termasuk Sumatera dan Bali. Ada juga alat-alat kopi untuk lo yang tertarik memulai bisnis kedai kopi!

 

Kopitani.id

Kopi Indonesia yang nikmat nggak bakal tersaji di hadapan lo tanpa adanya petani kopi, Sayangnya, sampai sekarang nggak semua petani kopi Indonesia bisa hidup sejahtera. Dari situlah akhirnya Kopitani lahir. Startup yang satu ini memang fokus untuk membuat hidup petani kopi Indonesia lebih sejahtera.

Tiap penjualan bakal dikonversikan buat pengembangan petani kopi. Biji kopi yang mereka jual pun langsung dari petani yang diberdayakan. Lewat Kopitani, lo nggak cuma sekadar minum kopi, tapi juga bantu petani kopi!

 

Nah, coffee lovers, dari daftar startup kopi di atas, mana yang paling menarik perhatian lo?

 

 

Source: Info Digimarket