• Food
  • 4 Tips Seru Mengadakan Buka Puasa Bersama Saat Ramadan

4 Tips Seru Mengadakan Buka Puasa Bersama Saat Ramadan

Tue, 07 May 2019
4 Tips Seru Mengadakan Buka Puasa Bersama Saat Ramadan

Bulan Ramadan sudah tinggal menghitung hari, Urbaners! Selain menyiapkan fisik untuk berpuasa selama kurang lebih 30 hari, lo juga perlu siap-siap kebanjiran undangan buka puasa bersama atau bukber. Bahkan sepertinya bukber sudah menjadi salah satu agenda wajib saat Ramadan. Nah, agar acara bukber dengan teman-teman berjalan seru, lo bisa cek beberapa tipsnya di bawah ini.

 

Tunjuk koordinator yang bisa dipercaya

Tunjuk koordinator yang bisa dipercaya

Mengingat padatnya kesibukan yang lo dan teman-teman jalankan, cukup menantang rasanya untuk menyatukan jadwal. Untuk itu, lo bisa menunjuk seorang koordinator yang memang kompeten dalam menangani acara seperti ini. Koordinator inilah yang bakal berperan untuk menampung ide, mengarahkan diskusi, hingga menjadi penengah seandainya diskusi nggak kunjung menemukan hasil.

Kalau misalnya ada terlalu banyak peserta yang ikut bukber puasa tahun ini, lo bisa menunjuk beberapa koordinator untuk masing-masing keperluan. Contohnya koordinator untuk mengumpulkan peserta dan pemilihan lokasi.

 

Sebaiknya diadakan di rumah

Selama Ramadan, ada banyak banget restoran dan hotel yang menawarkan promo bukber. Promo-promo ini memang cukup menggiurkan, tetapi pasti bakal ramai oleh orang lain yang juga mengadakan bukber. Oleh sebab itu, nggak ada salahnya mengadakan bukber di rumah salah satu peserta. Lo dan teman-teman lain jadi bisa lebih leluasa mengobrol satu sama lain.

 

Terapkan teknik potluck

Terapkan teknik potluck

Lalu, bagaimana dengan menu untuk buka puasa? Well, nggak ada salahnya untuk menggunakan teknik potluck. Lo dan teman-teman bisa membawa menu makanan yang berbeda-beda untuk kemudian dinikmati bersama. Agar nggak ada peserta yang membawa menu sama, sebelumnya koordinator acara bisa melakukan pendataan.

Misalnya, tuan rumah menyediakan nasi, lo membawa lauk berupa ayam goreng, teman A membawa takjil, dan teman B membawa minuman es. Nggak cuma hemat, potluck juga bisa meningkatkan kebersamaan lo saat bukber nanti.

 

Sisipkan sesi games atau tukar kado

Agar acara bukber lebih seru, lo bisa mengadakan sesi games setelah acara makan selesai. Jenis games bisa macam-macam, seperti UNO atau Stacko. Tapi kalau misalnya para peserta kurang setuju, sebagai gantinya lo bisa mengadakan acara tukar kado. Tentukan bujet kado sejak awal agar nggak dirasa terlalu memberatkan. Dijamin acara bukber lo jadi lebih berkesan!

Bagaimana kalau pada hari-H acara bukber, ada beberapa teman yang mendadak batal datang? The show must go on, Urbaners. Hargai teman-teman lo yang sudah sengaja meluangkan waktu untuk datang. Hope you’ll have a great time!

 

 

Sources: Tokopedia.com, kudo.co.id

Buat Lo yang Punya Coffee Shop Pastikan Lo Tahu Apa Itu Cupping

Fri, 25 September 2020
Ini alasan kenapa lo mesti melakukan coffee cupping untuk kedai kopi lo

Buat lo yang lagi merintis bisnis kedai kopi, ada banyak hal yang mesti lo perhatikan, termasuk dari menjaga kualitas minuman kopi yang akan lo sajikan. Oleh karena itu, lo mesti melakukan cupping sebelum membuka toko, buat mengetahui seberapa jauh kualitas yang akan lo tawarkan.

Coffee cupping atau disebut juga dengan istilah coffee tasting adalah kegiatan yang wajib lo jalankan sebelum menawarkan minuman kopi lo kepada para konsumen. Tapi sebelum jauh membahas soal cupping, apakah lo sudah tahu apa itu coffee cupping?

Siapapun bisa melakukan coffee cupping. Hal ini dikarenakan oleh prosesnya yang bisa lo lakukan sendiri. Secara singkat, mencicipi kopi ini menggunakan dua dari panca indera lo. Pertama adalah hidung untuk mengetahui seberapa bagus aromanya.

Kedua adalah dengan mencicipinya, dalam artian mencoba dengan indera perasa lo atau lidah. Sebenarnya, apa sih tujuan dari dilakukannya coffee cupping ini? Jika ditelisik dari tujuannya, coffee cupping bisa mengetahui bagaimana karakteristik kopi yang lo punya.

Seperti tingkat keasaman dari kopi tersebut atau acidity, sweetness, bittersweet, sampai ke rasa saltiness – deretan karakteristik tersebut akan jadi acuan tersendiri buat lo menawarkan minuman kopi yang ada di kedai.

Terlebih, jika lo mempunyai jenis minuman kopi yang bervariasi seperti cappuccino, atau mochacinno dan sebagainya lagi – jenis-jenis kopi tersebut mesti benar-benar lo ketahui karakteristiknya sehingga jenis minuman yang akan lo buat akan sesuai dengan rasa terbaiknya.

Kelihatannya seru ya melakukan coffee cupping? Selain seru, kalau lo adalah salah satu dari pemilik kedai kopi yang ada, proses ini justru termasuk ke salah satu cara untuk mengetahui kualitas dari kopi-kopi yang lo punya.

 

Lalu Bagaimana Proses Cupping Bisa Berjalan?

Ini alasan kenapa lo mesti melakukan coffee cupping untuk kedai kopi lo

Credit Image: chicagotribune.com

Hal pertama yang akan disiapkan adalah menggiling berbagai jenis biji kopi yang lo punya terlebih dahulu. Misalnya, lo punya 10 jenis biji kopi spesialti yang berbeda-beda. 10 jenis tersebut digiling masing-masing untuk satu cup saja.

Jadi kurang lebih satu cup memerlukan 12 gram bubuk kopi. Untuk menyeduhnya, sebaiknya lo menggunakan teknik tubruk, yaitu bubuk kopi yang ada langsung diseduh menggunakan air mendidih bersuhu 100 derajat.

Mengapa harus air mendidih seperti itu? Perlu lo ketahui bro kalau kopi yang diseduh dengan air panas seperti itu, dinilai bisa mengeluarkan secara maksimal cita rasa yang ada di dalamnya. Apakah langsung dicoba begitu saja?

Ya nggak dong bro. Setelah semua jenis kopi sudah diseduh dalam cangkir masing-masing. Langkah selanjutnya adalah mendiamkan sejenak agar kopi berekstrasi secara alami selama 4 menit. Setelah 4 menit dan suhu di dalam cangkir tersebut dinilai aman untuk di minum, barulah proses cupping dimulai.

 

Ini alasan kenapa lo mesti melakukan coffee cupping untuk kedai kopi lo

Credit Image: europeancoffeetrip.com

Mereka para cupper – sebutan untuk mereka yang mempunyai palet rasa kopi yang luas, akan memeriksa karakteristik dari kopi yang diseduh tersebut. Mereka menggunakan sendok untuk mengambil kopinya, lalu menyeruputnya dengan agresif.

Maka dari itu, terlihat para cupper hampir seperti tersedak karena kurang lebih mereka menembakan kopi tersebut sampai ke langit-langit mulutnya agar benar-benar bisa merasakan cita rasa dan karakteristik yang sebenarnya dari kopi itu.

Jika sudah, semua taste dari kopi yang sudah mereka cicipi, akan dicatat kelebihan dan kekurangannya. Di langkah yang seperti inilah lo akan mengetahui apakah kopi yang lo punya itu bagus atau tidak – atau mempunyai karakteristik tersendiri.

Coffee cupping cocok lo lakukan saat pagi hari sebelum kedai dibuka. Ingat, proses ini untuk mengetahui bagaimana deretan kopi yang lo miliki kualitasnya seperti apa. Jadi pastikan melakukan coffee cupping agar lo tahu sudah sejauh mana kualitas yang lo tawarkan untuk para konsumen.

Wah bagaimana nih bro? Sudah cukup jelaskan dari penjelasan singkat tentang coffee cupping? Jika iya, lo bisa mencobanya nih sekarang!

 

Feature Image – perfectdailygrind.com