• Food
  • 4 Tips Seru Mengadakan Buka Puasa Bersama Saat Ramadan

4 Tips Seru Mengadakan Buka Puasa Bersama Saat Ramadan

Tue, 07 May 2019
4 Tips Seru Mengadakan Buka Puasa Bersama Saat Ramadan

Bulan Ramadan sudah tinggal menghitung hari, Urbaners! Selain menyiapkan fisik untuk berpuasa selama kurang lebih 30 hari, lo juga perlu siap-siap kebanjiran undangan buka puasa bersama atau bukber. Bahkan sepertinya bukber sudah menjadi salah satu agenda wajib saat Ramadan. Nah, agar acara bukber dengan teman-teman berjalan seru, lo bisa cek beberapa tipsnya di bawah ini.

 

Tunjuk koordinator yang bisa dipercaya

Tunjuk koordinator yang bisa dipercaya

Mengingat padatnya kesibukan yang lo dan teman-teman jalankan, cukup menantang rasanya untuk menyatukan jadwal. Untuk itu, lo bisa menunjuk seorang koordinator yang memang kompeten dalam menangani acara seperti ini. Koordinator inilah yang bakal berperan untuk menampung ide, mengarahkan diskusi, hingga menjadi penengah seandainya diskusi nggak kunjung menemukan hasil.

Kalau misalnya ada terlalu banyak peserta yang ikut bukber puasa tahun ini, lo bisa menunjuk beberapa koordinator untuk masing-masing keperluan. Contohnya koordinator untuk mengumpulkan peserta dan pemilihan lokasi.

 

Sebaiknya diadakan di rumah

Selama Ramadan, ada banyak banget restoran dan hotel yang menawarkan promo bukber. Promo-promo ini memang cukup menggiurkan, tetapi pasti bakal ramai oleh orang lain yang juga mengadakan bukber. Oleh sebab itu, nggak ada salahnya mengadakan bukber di rumah salah satu peserta. Lo dan teman-teman lain jadi bisa lebih leluasa mengobrol satu sama lain.

 

Terapkan teknik potluck

Terapkan teknik potluck

Lalu, bagaimana dengan menu untuk buka puasa? Well, nggak ada salahnya untuk menggunakan teknik potluck. Lo dan teman-teman bisa membawa menu makanan yang berbeda-beda untuk kemudian dinikmati bersama. Agar nggak ada peserta yang membawa menu sama, sebelumnya koordinator acara bisa melakukan pendataan.

Misalnya, tuan rumah menyediakan nasi, lo membawa lauk berupa ayam goreng, teman A membawa takjil, dan teman B membawa minuman es. Nggak cuma hemat, potluck juga bisa meningkatkan kebersamaan lo saat bukber nanti.

 

Sisipkan sesi games atau tukar kado

Agar acara bukber lebih seru, lo bisa mengadakan sesi games setelah acara makan selesai. Jenis games bisa macam-macam, seperti UNO atau Stacko. Tapi kalau misalnya para peserta kurang setuju, sebagai gantinya lo bisa mengadakan acara tukar kado. Tentukan bujet kado sejak awal agar nggak dirasa terlalu memberatkan. Dijamin acara bukber lo jadi lebih berkesan!

Bagaimana kalau pada hari-H acara bukber, ada beberapa teman yang mendadak batal datang? The show must go on, Urbaners. Hargai teman-teman lo yang sudah sengaja meluangkan waktu untuk datang. Hope you’ll have a great time!

 

 

Sources: Tokopedia.com, kudo.co.id

Warung Gaul Ayam Malaya yang Legendaris

Wednesday, January 15, 2020 - 17:00
Ayam Malaya dan ayam gohyong adalah menu unggulan dari Warung Gaul Ayam Malaya.

Kuliner yang ada di Jakarta memang sangat beraneka ragam. Salah satu tempat yang memiliki banyak varian kuliner adalah di kawasan Menteng. Berada di Jakarta Pusat, Menteng disebut sebagai salah satu tempat elit karena banyak dihuni oleh para konglomerat dan pejabat. Tempat kuliner yang berada di sekitar sini pun banyak yang kekinian dan cocok banget didatangi untuk tempat nongkrong.

Namun ternyata ada tempat kuliner yang terkenal dan legendaris di daerah Menteng yang cukup berbeda karena hanya berbentuk warung yang sederhana. Warung yang disebut sebagai Warung Gaul Ayam Malaya itu telah berdiri sejak lebih dari 20 tahun yang lalu dan telah memiliki pelanggan yang sangat setia.

 

Populer di Kalangan Pecinta Kuliner Jakarta

Tenda dari Warung Gaul Ayam Malaya.

Bicara soal tempat makan terkenal di daerah Menteng biasanya lo pasti akan berpikiran tempat yang indah dan Instagrammable dengan hidangan makanan yang kekinian. Namun hal itu nggak berlaku bagi warung sederhana yang terletak di Jl Gereja Santa Theresia, Menteng yang satu ini.

Warung Gaul Ayam Malaya hanyalah warung kaki lima sederhana yang hanya menggunakan tenda sebagai atapnya. Meski begitu, warung yang satu ini telah menjadi salah satu tempat makan yang paling ramai dan dikenal oleh pencinta kuliner yang berasal dari Jakarta dan sekitarnya. Bahkan dari kota lain di Indonesia.

 

Cita Rasa yang Nggak Diragukan Lagi

Varian menu unggulan dari Warung Gaul Ayam Malaya seperti ayam malaya, ayam gohyong dan nasi goreng.

Salah satu alasan warung sederhana ini memiliki pelanggan setia yang rela antre lama tentunya karena hidangan makanan yang disajikan memiliki citarasa yang sangat nikmat. Di sini lo bisa memesan beragam makanan Chinese food mulai dari aneka nasi goreng, mi goreng, mi kuah, dan ayam kuluyuk. Menu unggulannya lainnya yaitu ayam malaya dan ayam gohyong.

Ayam malaya dan ayam gohyong menjadi dua menu paling favorit dan selalu dipesan oleh banyak pelanggannya. Ayam malaya sendiri merupakan menu olahan daging ayam tanpa tulang yang dibalut dengan tepung. Setelah digoreng, ayam balut tepung tersebut disiram dengan kuah yang memiliki rasa asam manis yang lezat.

Hidangan favorit lain yang selalu dicicipi oleh pelanggan ialah ayam gohyong. Menu yang satu ini dibuat dari daging ayam yang dicincang dan dicampur dengan sedikit daging sapi. Campuran daging cincang tersebut kemudian akan dibalut dengan telur terlebih dahulu sebelum digoreng. Saat disajikan ayam gohyong juga akan diberi kuah berwarna cokelat yang terbuat dari mentega dan kecap asin.

Dua menu favorit tersebut dijual dengan harga yang cukup terjangkau yaitu sekitar 25 ribu rupiah. Satu porsi dari ayam malaya dan ayam gohyong cukup banyak dan rasanya juga nikmat jadi sangat worth it dengan harga yang dibanderolnya tersebut.

Ayam malaya memiliki tekstur renyah yang menggoda, sedangkan ayam gohyong memiliki citarasa yang gurih yang sangat lezat. Jadi apa lo udah siap mencoba dua hidangan favorit dari Warung Gaul Ayam Malaya yang legendaris ini, Urbaners?

 

 

Sources: detik.com, liputan6.com