Home Food Alat Peracik Kopi Rumahan VS Barista: Apa Saja Bedanya?
Alat Peracik Kopi Rumahan VS Barista: Apa Saja Bedanya?

Alat Peracik Kopi Rumahan VS Barista: Apa Saja Bedanya?

Monday, March 11, 2019 - 17:36
Bagikan
Facebook Twitter Email

Alat peracik kopi memang jadi salah satu penentu kenikmatan kopi. Lo mungkin merasa kalau cuma kopi racikan barista yang bisa terasa enak. Padahal lo bisa bikin kopi yang enak di rumah meski nggak punya alat peracik kopi selengkap barista. Lo juga bisa melakukannya di rumah menggunakan mesin peracik khusus. Memang apa bedanya?

 

Alat Peracik Kopi Rumahan

Alat Peracik Kopi Rumahan

Selama ini mungkin lo cuma tahu kopi instan sachet buat diseduh di rumah. Padahal sekarang ini juga sudah ada alat peracik kopi buat pengguna pemula di rumah. Alat-alat ini berkisar antara penggiling biji kopi dan penyeduh kopi. Mau bikin kopi yang lebih nikmat di rumah? Ini dia beberapa alat peracik yang bisa lo pertimbangkan:

 

  • Manual Grinder 
    Manual Grinder 

    Kopi yang nikmat bisa didapat dari biji kopi yang fresh. Jadi, sebaiknya lo pilih biji kopi daripada bubuk kopi instan di pasaran. Biji kopi nggak menyerap bau seperti bubuk kopi, jadi aromanya pun terjaga. Namun, lo bakal kesulitan bikin kopi di rumah kalau nggak punya penggiling bubuk kopi. Nah, manual grinder ini bisa bantu lo buat menghaluskan bubuk kopi! Alat peracik kopi ini dioperasikan dengan tangan sehingga kadang disebut dengan hand grinder.

  • Paper Filter
    Manual Grinder

    Sering kesal karena kopi penuh ampas? Lo bisa menghindari ampas kopi dengan paper filter. Dengan alat ini, lo bakal dapat kopi setara v60 racikan barista. Cara pakainya pun simpel, lo cukup memasangkan paper filter pada mulut cangkir. Tuangkan kopi yang sudah dihaluskan pada paper filter dan siram dengan air panas (90-95 °C). Alat ini bakal bikin kopi lo bebas ampas yang bisa bikin acara minum kopi terganggu. Paper filter juga menghasilkan rasa kopi yang lebih natural!

  • Teko 
    Paper Filter

    Untuk menyeduh kopi, lo jelas butuh air panas. Alat apa yang paling pas buat menuangkan air panas pada kopi? Teko jawabannya. Daripada menuang langsung dari panci atau dispenser, teko jauh lebih baik. Pilih teko dengan model leher angsa. Model ini bakal memudahkan lo buat mengatur sedikit-banyaknya kopi dalam cangkir. Kalau lo suka pakai teknik pour over, teko jelas nggak boleh dilewatkan. Teko bisa bantu lo buat memastikan air panas jatuh tepat di atas paper filter dan nggak luber ke mana-mana.

 

Alat Peracik Kopi Barista 

Teko

Alat peracik kopi punya barista jelas lebih kompleks dan canggih jika dibandingkan dengan alat rumahan. Dengan alat-alat canggih ini, kopi yang dihasilkan barista pun lebih beragam. Aroma kopi pun bakal lebih terasa kalau diracik pakai mesin ini. Apa saja alat peracik kopi yang sering dipakai barista?

  • Coffee Grinder 
    Alat Peracik Kopi Barista

    Barista juga butuh kopi yang fresh dan punya aroma kuat. Jadi, mereka lebih memilih buat beli biji kopi daripada kopi yang sudah berbentuk bubuk. Beda dengan grinder kopi rumahan, grinder barista biasanya menggunakan mesin. Lo nggak perlu susah-susah menggiling kopi dengan tangan berkat mesin coffee grinder ini. Dengan mesin penggiling kopi, barista juga bisa mengukur kehalusan bubuk kopi. Tinggal memencet tombol tertentu, bubuk kopi dengan tingkat kehalusan yang diinginkan pun keluar.

  • Espresso Machine 
    Coffee Grinder

    Bisa dibilang espresso adalah “ibu” dari segala jenis kopi. Mulai dari long black, cappuccino, hingga latte, semuanya berasal dari espresso. Jadi, nggak heran kalau barista butuh alat khusus buat bikin espresso.  Dengan espresso machine ini, barista cukup meletakkan bubuk kopi dan satu shot espresso pun siap dihidangkan atau diolah lagi.

 

  • Moka Pot 
    Moka Pot

    Kadang-kadang kopi racikan lo terasa getir atau terlalu pahit, padahal takaran bubuk kopi sudah sesuai. Penyebabnya satu: suhu air yang terlalu panas. Untuk menghindari hal ini terjadi, barista biasanya menggunakan moka pot. Alat peracik kopi ini memungkinkan barista buat mengukur suhu air panas yang digunakan buat menyeduh. Jadi, kopi yang dihasilkan pun tetap nikmat.

 

Nggak bisa dipungkiri lagi, alat peracik kopi memang punya peran kunci buat menghasilkan kopi yang nikmat. Barista bisa menghasilkan kopi nikmat karena menggunakan alat peracik yang canggih. Kopi lo di rumah juga bakal terasa lebih enak kalau pakai alat peracik di rumah. Jadi, sudah memutuskan buat beli alat peracik kopi yang mana, Urbaners?

 

 

Sources: Kopi Kini, Sasame Coffee, Home Grounds