• Food
  • KFC di Jepang Dapatkan Keuntungan 6 Miliar Yen Saat Natal

KFC di Jepang Dapatkan Keuntungan 6 Miliar Yen Saat Natal

Mon, 08 January 2018
KFC di Jepang Dapatkan Keuntungan 6 Miliar Yen Saat Natal

Buat yang suka nonton film anime dan drama Jepang, pasti penasaraan melihat adegan yang menayangkan orang-orang Jepang sedang menikmati ayam goreng KFC saat malam Natal tiba. Faktanya, hal itu juga terjadi di dunia nyata. Antrian di gerai-gerai KFC akan memanjang selama libur natal di Jepang. Nggak heran kalau KFC di Jepang bisa meraup untung hingga 6 Miliar Yen selama perayaan Natal.

 

Dimulai dengan slogan “Kentucky untuk Natal”

Menurut juru bicara KFC Jepang, Motoichi Nakatani, KFC pertama kali dibuka di Jepang pada tahun 1970. Saat itu, penjualan ayam goreng di restoran cepat saji ini sangat minim karena masyarakat Jepang umumnya lebih menyukai makanan hasil olahan laut. Empat tahun kemudian, Takeshi Okawara, manajer KFC pertama di negara ini, mencetuskan ide pemasaran nasional melalui slogan Kurisumasu ni wa Kentakkii atau dalam Bahasa Indonesia berarti “Kentucky untuk Natal”.

Sejak saat itu dibuatlah iklan berupa tayangan yang menunjukkan keluarga Jepang yang bahagia berkerumun di sekitar barel ayam goreng pada perayaan Natal. Ditambah pula dengan kemunculan ikon KFC, Kolonel Sanders, yang tersenyum dan memakai pakaian Santa. Cara pemasaran ini terbukti berhasil bahkan sampai sekarang.

 

Penjualan Paket Kentucky Christmas Dinner

Dilansir dari Sora News, KFC di Jepang menjual lebih dari 24 juta potong ayam goreng selama perayaan Natal. Jumlah ini didominasi oleh pembelian berupa paket spesial Natal, yaitu Kentucky Christmas Dinner yang berupa sebuah bucket berisi 5-10 potong ayam goreng. Selain itu, KFC di Jepang juga membuat menu ayam panggang utuh yang dijual seharga 5800 Yen. Kedua pilihan menu tadi hanya bisa dipesan pada 22-25 Desember.

 

Salah satu alasan kumpul keluarga

Di Jepang, Natal bukanlah hari libur nasional. Keluarga yang merayakan Natal nggak akan menghabiskan sepanjang hari memasak kalkun seperti orang-orang di negara barat. Sebagai gantinya, mereka akan membeli satu bucket ayam KFC untuk dimakan bersama-sama pada malam Natal usai beribadah di gereja. Nggak heran kalau KFC Jepang bisa mendapatkan untung yang sangat besar, Urbaners.

 

Bagi masyarakat Jepang, KFC merupakan simbol kehangatan keluarga. Bahkan jumlah gerai KFC di sana tercatat sudah melebihi angka 1000 unit, lho! Jadi, kalau lo pergi ke Jepang buat liburan Natal, lebih baik pilih makanan lokal biar nggak perlu berlama-lama antri.

 

 

Source: foodbeast.com, bbc.com

Warung Gaul Ayam Malaya yang Legendaris

Wednesday, January 15, 2020 - 17:00
Ayam Malaya dan ayam gohyong adalah menu unggulan dari Warung Gaul Ayam Malaya.

Kuliner yang ada di Jakarta memang sangat beraneka ragam. Salah satu tempat yang memiliki banyak varian kuliner adalah di kawasan Menteng. Berada di Jakarta Pusat, Menteng disebut sebagai salah satu tempat elit karena banyak dihuni oleh para konglomerat dan pejabat. Tempat kuliner yang berada di sekitar sini pun banyak yang kekinian dan cocok banget didatangi untuk tempat nongkrong.

Namun ternyata ada tempat kuliner yang terkenal dan legendaris di daerah Menteng yang cukup berbeda karena hanya berbentuk warung yang sederhana. Warung yang disebut sebagai Warung Gaul Ayam Malaya itu telah berdiri sejak lebih dari 20 tahun yang lalu dan telah memiliki pelanggan yang sangat setia.

 

Populer di Kalangan Pecinta Kuliner Jakarta

Tenda dari Warung Gaul Ayam Malaya.

Bicara soal tempat makan terkenal di daerah Menteng biasanya lo pasti akan berpikiran tempat yang indah dan Instagrammable dengan hidangan makanan yang kekinian. Namun hal itu nggak berlaku bagi warung sederhana yang terletak di Jl Gereja Santa Theresia, Menteng yang satu ini.

Warung Gaul Ayam Malaya hanyalah warung kaki lima sederhana yang hanya menggunakan tenda sebagai atapnya. Meski begitu, warung yang satu ini telah menjadi salah satu tempat makan yang paling ramai dan dikenal oleh pencinta kuliner yang berasal dari Jakarta dan sekitarnya. Bahkan dari kota lain di Indonesia.

 

Cita Rasa yang Nggak Diragukan Lagi

Varian menu unggulan dari Warung Gaul Ayam Malaya seperti ayam malaya, ayam gohyong dan nasi goreng.

Salah satu alasan warung sederhana ini memiliki pelanggan setia yang rela antre lama tentunya karena hidangan makanan yang disajikan memiliki citarasa yang sangat nikmat. Di sini lo bisa memesan beragam makanan Chinese food mulai dari aneka nasi goreng, mi goreng, mi kuah, dan ayam kuluyuk. Menu unggulannya lainnya yaitu ayam malaya dan ayam gohyong.

Ayam malaya dan ayam gohyong menjadi dua menu paling favorit dan selalu dipesan oleh banyak pelanggannya. Ayam malaya sendiri merupakan menu olahan daging ayam tanpa tulang yang dibalut dengan tepung. Setelah digoreng, ayam balut tepung tersebut disiram dengan kuah yang memiliki rasa asam manis yang lezat.

Hidangan favorit lain yang selalu dicicipi oleh pelanggan ialah ayam gohyong. Menu yang satu ini dibuat dari daging ayam yang dicincang dan dicampur dengan sedikit daging sapi. Campuran daging cincang tersebut kemudian akan dibalut dengan telur terlebih dahulu sebelum digoreng. Saat disajikan ayam gohyong juga akan diberi kuah berwarna cokelat yang terbuat dari mentega dan kecap asin.

Dua menu favorit tersebut dijual dengan harga yang cukup terjangkau yaitu sekitar 25 ribu rupiah. Satu porsi dari ayam malaya dan ayam gohyong cukup banyak dan rasanya juga nikmat jadi sangat worth it dengan harga yang dibanderolnya tersebut.

Ayam malaya memiliki tekstur renyah yang menggoda, sedangkan ayam gohyong memiliki citarasa yang gurih yang sangat lezat. Jadi apa lo udah siap mencoba dua hidangan favorit dari Warung Gaul Ayam Malaya yang legendaris ini, Urbaners?

 

 

Sources: detik.com, liputan6.com