Kulineran ala China Town: Yuk ke Petak Enam di Chandra! - MLDSPOT
  • Food
  • Kulineran ala China Town: Yuk ke Petak Enam di Chandra!

Kulineran ala China Town: Yuk ke Petak Enam di Chandra!

Tue, 23 March 2021
Petak Enam di Chandra

Kalo ngomongin soal kuliner rasanya emang nggak ada habisnya. Selain karena di Indonesia punya kuliner yang beragam, kuliner juga jadi daya tarik yang harus banget dikunjungi kalo lagi berkesempatan untuk keluar rumah – ya nggak, bro?

Di era new normal ini, ternyata ada banyak banget tempat baru yang bisa lo kunjungi untuk berwisata kuliner. Kalo ngomongin kuliner, nggak sah rasanya kalo belum berwisata kuliner ke daerah Glodok, Jakarta Utara.

Salah satu tempat baru yang bisa lo kunjungi adalah Petak Enam di Chandra – tempat baru yang menamakan diri sebagai Chinatown Point ini punya banyak jenis chinese food yang bisa lo coba. Selain itu, vibes di sini juga bikin lo serasa ada di Tiongkok beneran!

Dari pada penasaran, mending langsung aja simak artikel ini – biar sebelum lo ke sana, jalan-jalan virtual dulu di sini. Check this out, bro!

Berada di Kawasan Pecinan Jakarta

Berlokasi di Pancoran, Glodok, Tamansari, Jakarta Utara – nggak heran lagi kalo Petak Enam di Chandra ini mengusung kuliner chinese food dengan tema yang kental dengan budaya dan interior Tiongkok.

Sebelum menjadi Petak Enam di Chandra, kawasan petak enam ini emang udah jadi destinasi kuliner pecinan bagi warga Jakarta. Sebelum jadi modern kayak sekarang, petak enam merupakan tempat kuliner kaki lima.

Kawasan kaki lima petak enam inilah akhirnya diberikan fasilitas ke dalam Gedung Chandra – sebuah gedung tua di Jakarta yang dulu sempat menjadi department store. Dengan revitalisasi kawasan kuliner ke gedung ini, para penikmat kuliner pun di kawasan pecinan ini pun menjadi lebih nyaman – baik dalam segi menikmati kulinernya dan juga mencari tempat parkirnya.

Interior yang Lebih Modern

Petak Enam di Chandra

Credit image – Petan Enam on Instagram

Setelah masuk ke Gedung Chandra, lokasi petak enam ini berubah nama menjadi Petak Enam di Chandra. Atmosfir yang ada di dalam juga sangat terasa budaya Tiongkok yang sangat kental – persis China Town yang ada di luar negeri deh, bro!

Dengan replika dan arsitektur ala Tiongkok membuat tempat ini semakin terlihat menarik. Arsitektur Tiongkok yang dibuat lebih modern ini juga menjadi daya tarik baru di daerah Pecinan, Glodok.

Menunjukkan sisi modern dari budaya Tiongkok dengan sentuhan lokal ini juga membuat siapapun yang masuk ke Petak Enam di Chandra ini merasakan gaya pecinan yang baru dan berbeda dari daerah Glodok.

Nggak bisa dipungkiri kalau daerah Jakarta Utara yang satu ini emang identik banget dengan budaya Tiongkok lokal alias Tionghoa – ini juga menjadi asal usul diberi sebutan Pecinan.

Berbagai Deretan Kios yang Bisa Dinikmati

Petak Enam di Chandra

Credit image – Warta Kota

Sebagai kawasan wisata kuliner, pastinya lo nggak perlu khawatir bingung mau makan apa di sini, yang ada lo malah bingung mau milih makan yang mana dulu – karena pasti pengen cobain semuanya deh!

Ketika lo masuk ke Petak Enam di Chandra, lo akan disambut dengan deretan bangku dan beberapa meja di bagian tengah, kiri dan kanan. Nggak cuma itu, interior air mancur kecil dan lampu juga bikin tempat ini makin estetik.

Kios makanan berada lantai atas dan bawah. Dengan arsitektur Tiongkok kuno, pengalaman yang lo rasakan ketika berkunjung dan makan ke tempat ini pasti bakal memorable banget. Jangan takut, tempat ini juga udah menerapkan protokol kesehatan yang cukup ketat.

Selain bisa menikmati kulinernya, dengan arsitektur dan interior yang menarik ini lo juga bisa berswafoto ria di Petak Enam di Chandra ini. Tempat ini pasti bikin feeds lo makin kece deh, bro!

Menarik banget buat datang ke sini di weekend nanti, jangan lupa kalo udah ke sini post fotonya dan tag @MLDSPOT ya!

 

Feature image - Petak Enam on Instagram

Menu Kopi yang Nggak Bikin Perut Cranky: Udah Tau Cafe Manchado, Bro?

Mon, 03 May 2021
Cafe Manchado

Pasti banyak dari lo yang merasa nggak bisa hidup tanpa kopi. Nggak salah sih – karena kopi emang bisa nambah produktivitas sehari-hari kalo lo mengonsumsinya di waktu yang tepat. Di Indonesia sendiri kedai kopi serta varian kopi udah menjamur banget. Di setiap sudut kota lo akan menemukan kedai kopi dengan varian kopi yang berbeda-beda juga.

Tapi umumnya – di Indonesia punya ciri khas kopi dengan espresso yang dicampur dengan susu dan juga gula aren. Dianggap sebagai signature-nya kedai kopi Indonesia, ternyata di Spanyol juga ada hal serupa dengan nama Café Manchado nih, bro.

Apakah sebelumnya lo udah pernah dengar? Kopi yang katanya cocok buat lo yang nggak suka rasa yang terlalu strong dari kopi dan juga bersahabat dengan lambung ini sepertinya menarik untuk dikulik. Biar nggak penasaran, langsung aja simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Café Manchado: Ini Buat Perut Lo yang Suka Cranky!

Café Manchado merupakan minuman yang berasal dari Spanyol dan juga terdapat di beberapa wilayah di Portugal. Minuman yang komposisinya terdiri dari hampir 90% susu ini ternyata merupakan varian kopi, bro!

Minuman kopi susu dengan komposisi kopi hanya 10% ini seringkali dianggap sebagai formalitas belaka. Pada awal diciptakannya, para penikmat Café Manchado cuma pengen minum susu. Tapi biar rasanya nggak creamy doang, mereka meminta baristanya memberikan kopi dikit pada minumannya.

Ibaratnya, ini minuman susu yang dinodain sama kopi deh, bro!

Minuman yang Kebalikan dari Macchiato

Cafe Manchado

Credit image - Neschino

Kalo diliat-liat, Café Manchado merupakan kebalikan dari macchiato. Minuman yang terdiri dari espresso dan diberikan sedikit busa susu di atasnya ini membuat macchiato punya rasa kopi yang lebih dominan. Sedangkan susu pada minuman ini cuma hiasan dan pelengkap aja.

Sedangkan – café manchado kebalikannya. Varian kopi yang di Indonesia masih dikategorikan jarang ini ternyata udah punya banyak penikmat setia. Minuman dengan jenis ini umumnya  dinikmati pagi hari dan disajikan hangat.

Sensasinya Kayak Minum Kopi Nggak Sih?

Cafe Manchado

Credit image – Unsplash

Dengan kandungan kopi yang hanya 10% kopi dan didominasi oleh susu, pastinya buat lo yang emang suka rasa kopi yang strong bertanya-tanya – apakah sensasinya beneran kayak minum kopi?

Jawabannya adalah tergantung kadar kopi yang bisa ditoleransi oleh setiap pemikmat. Pastinya semua orang punya toleransi yang berbeda-beda. Mungkin rasanya akan sedikit berbeda dari kopi susu yang biasa diminum pada umumnya, tapi lo tetap bisa menikmati minuman ini dengan cita rasa kopi yang sedikit itu kok, bro!

Pada dasarnya, varian minuman kopi yang satu ini bukan lah murni varian kopi yang dibuat untuk kopi selayaknya resep macchiato ataupun cappucino. Melainkan hanya sebuah variasi.

Selain itu, minuman kopi dengan jenis ini merupakan minuman yang menjadi alternatif bagi mereka yang bisa diminum oleh mereka yang nggak bisa terkena terlalu banyak kafein tapi masih ingin menikmati kopi – atau orang yang ingin mengurangi asupan kafein harian.

Mengingat kopi juga punya kelebihan dan kekurangannya, café manchado ini jadi shortcut buat lo yang penikmat kopi tapi punya perut yang cranky. Tapi kalo lo suka tipe kopi yang strong, sepertinya nggak ada salahnya untuk nyoba varian kopi yang satu ini – biar jadi cita rasa baru, bro!

 

Feature image – Verywell Mind