Penampilan Juga Penting Buat Makanan: Ini Cara Aturnya Biar Keren! - MLDSPOT
  • Food
  • Penampilan Juga Penting Buat Makanan: Ini Cara Aturnya Biar Keren!

Penampilan Juga Penting Buat Makanan: Ini Cara Aturnya Biar Keren!

Tue, 29 September 2020
food plating adalah hal penting dalam food photography, berikut 6 tipsnya!

Mungkin sekarang lo sudah paham mengapa food photography jadi salah satu cara dari proses pemasaran produk dari bisnis kuliner yang lo jalani. Deretan manfaatnya benar-benar bisa membuat bisnis kuliner lo semakin maju.

Seperti yang sudah pernah dibahas di ulasan sebelumnya soal manfaat food photography – peribahasa ‘dari mata turun ke hati lalu turun ke perut’ adalah mungkin benar adanya. Namun sebelum turun ke hati dan ke perut, pasti ke mata dulu, dong.

Food photography berbicara soal pengaturan makanan, menata makanan dan minuman bagaimana terlihat menarik lalu siapapun yang melihatnya jadi penasaran dan ingin mencoba makanan atau minuman tersebut.

Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana mengatur atau menata makanan atau minuman tersebut agar enak dipandang dan menggugah selera siapapun yang melihatnya?

Tenang bro – kalau lo punya pertanyaan yang sama, lo sudah berada di halaman artikel yang tepat karena di bawah ini, setidaknya ada 6 tips menata atau mengatur makanan atau minuman yang ada di menu restoran lo sebelum difoto.

Mungkin bahasan kali ini lebih teknis – tapi ini perlu lo ketahui juga kalau food photography-nya mau lo lakukan sendiri. Well, jika memang lo kerjakan sendiri, tentu lo akan puas dengan hasilnya, sih. Daripada makin penasaran, sila simak bahasan kali ini untuk mengetahui selengkapnya ya!

 

Menggunakan Piring yang Pas

food plating adalah hal penting dalam food photography, berikut 6 tipsnya!

Credit Image: invaluable.com

Piring adalah alas paling umum untuk meletakan makanan atau untuk menghidangkan makanan. Untuk food photography – ada tips tersendiri agar fotonya semakin enak dipandang dan menggugah selera siapapun yang melihatnya.

Penggunaan piring yang tepat, baik dari bentuknya, dari warnanya, dari tekstur bahan si piring tersebut sampai ke ukurannya – semua perlu diperhitungkan dan diatur sedemikian rupa terkait dengan menu apa yang akan lo sajikan.

Untuk tren food photography sekarang ini, piring dengan bentuk bulat, bertekstur atau berbahan keramik, berwarna hitam jadi salah satu primadona buat bikin menu makanan lo semakin bold dan semakin menggugah selera.

Tapi sekali lagi, rekomendasi di atas mesti lo sesuaikan dengan menu makanan yang akan lo sajikan. Jika menu makanannya seperti steak, pasta, atau bahkan beberapa menu dari Chinese food – piring keramik dengan warna hitam masih masuk untuk menu-menu tersebut.

 

Mainkan Tekstur Makanannya

food plating adalah hal penting dalam food photography, berikut 6 tipsnya!

Credit Image: foodnetwork.com

Meletakan berbagai tekstur makanan bisa mempengaruhi estetikanya saat ingin difoto, lho. Tekstur makanan yang keras, lembek, atau lembut bisa diatur sedemikian rupa agar foto menunya semakin estetik. Salah satu rekomendasinya adalah letakan makanan yang teksturnya lembek di bawah, dan yang teksturnya kencang berada di atasnya.

Misalnya lo membuat steak dengan kondimen mashed potato. Biasanya, yang bagus adalah si mashed potato jadi alas untuk si daging steaknya. Hal ini membuat menu lo bakal jadi lebih estetik, sih. Dari fungsinya, pengaturan tersebut juga mempermudah konsumen untuk menyantapnya.

 

Eksperimen Dengan Titik Fokus

Sadar atau tidak – penglihatan lo bakal langsung tertuju ke piring dengan menu makanan yang sudah diatur sedemikian rupa. Dengan kondisi seperti itu, lo bisa melakukan eksperimen dengan bermain-main bersama titik fokus.

Misalnya lo bisa saja membuat pengaturan si piring yang sudah lo tata dengan baik, bisa lo letakan di sebelah kanan atau kiri – tidak melulu berada di tengah. Hal ini bisa jadi nilai estetik tersendiri dalam food photography.

 

Jumlah Ganjil Lebih Menarik

food plating adalah hal penting dalam food photography, berikut 6 tipsnya!

Credit Image: escoffier.edu

Eits, ini bukan berhubungan dengan mitos-mitos seperti yang sudah lo ekspektasikan, ya. Jika lo menyajikan menu pembuka atau appetizer – biasanya akan dalam bentuk yang kecil-kecil. Nah, sajikan dalam jumlah ganjil karena hal ini bisa memberikan ilusi hitungan lebih banyak pada penataan makanan tersebut.

Hal ini juga bisa membentuk persepsi tersendiri buat konsumen kalau yang mereka beli nanti jumlahnya akan lebih banyak. Lo bisa mulai dari hitungan lima, tujuh, sampai sembilan. Ini akan memberikan kesan kalau konsumen akan dapat makanan dalam jumlah yang banyak!

 

Sayuran Warna-Warni Bikin Makin Gairah!

food plating adalah hal penting dalam food photography, berikut 6 tipsnya!

Credit Image: javatableware.com

Percaya atau tidak kalau bentukan atau tatanan yang ada di piring lo, semakin berwarna-warni – akan semakin mudah menimbulkan rasa penasaran dan gairah untuk memesannya. Oleh karena itu, jika lo akan menyajikan salad, pastikan warna-warna yang ada lebih bervarisi.

Misalnya warna hijau dari selada, warna merah dari tomat ceri, warna ungu dari bawang bombay ungu, lalu kuning dari telur dan masih banyak lagi. Lo bisa padupadankan warna-warna tersebut agar terlihat lebih menggugah selera!

 

Aksesoris yang Bisa Dimakan

Konsumen bisa saja mengekspektasikan semua yang tersaji di foto makanan tersebut bisa dimakan semua, bro. Oleh karena itu, untuk mewujudkan ekspektasi itu, pastikan lo menggunakan aksesoris atau garnish yang memang bisa dimakan.

Wah bagaimana nih bro? Dari berbagai penjelasan yang lumayan teknis di atas – pastikan tatanan makanan lo di piring semakin oke buat food photography. Selebihnya selamat mencoba, bro!

 

Feature Image – lightspeedhq.co.uk

 

Dikira Cuma Joke April Mop, Tapi Elon Musk Beneran Bikin Teslaquila!

Wed, 18 November 2020
Teslaquila jadi produk Elon Musk yang bener-bener out of box! Awalnya cuma bercandaan kaya April Mop, tapi Elon Musk beneran bikin liquor ini bro!

Siapa sih yang gak kenal sama pemilik dari mobil canggih Tesla – Elon Musk? Gebrakan-nya emang gak pernah gagal bikin kita takjub, bro. Banyak juga orang yang nungguin juga, kira-kira gebrakan apalagi yang bakal dibikin sama si bos ini ya?

Selain transportasi darat, Musk ternyata juga merambah ke transportasi luar angkasa! Space Exploration Technologies Corporation atau yang lebih dikenal sama SpaceX ini perusahaan Musk yang produksi pesawat ruang angkasa untuk komersil. Dari SpaceX ini juga Musk berharap bisa bawa manusia liburan ke Mars tahun 2022!

Bukan cuma transportasi, ada karya Musk yang bisa kita pake sampe, bro! – akhirnya. Paypal, sistem pembayaran internasional ini ternyata Musk yang menciptakan. Musk juga menciptakan X.com, dan dari X.com inilah cikal-bakal Paypal sampe sekarang – tapi sekarang sih udah diakuisisi sama E-Bay.

Baru-baru ini, Musk baru rilis sesuatu yang lebih berbeda dari bisnis-bisnis nya sebelumnya bro – walau emang selalu out of the box, sih. penasaran gak¸bro apa lagi yang dibikin sama Musk? Stay tune di artikel ini sampe abis, ya!

 

Berawal dari April Mop

Teslaquila jadi produk Elon Musk yang bener-bener out of box! Awalnya cuma bercandaan kaya April Mop, tapi Elon Musk beneran bikin liquor ini bro!

Credit Image: tesla.com

Waktu April Mop 2018 lalu, Musk ini sempet ngetweet tentang dia yang nge-prank pingsan sambal megang se-box minuman ‘Teslaquila’, katanya sih dia bangkrut. Waktu itu sih cuma jadi lucu-lucuan aja – Biasa, jokes nya April Mop! Tapi, Musk sendiri ngaku, kalo foto itu cuma buat hiburan aja tanpa ada maksud lain.

Tapi ternyata hal itu di sambut baik sama warganet! Mereka justru excited dan berharap Teslaquila beneran dirilis. Banyak juga yang bilang, jangan-jangan Musk kalo bangkrut beneran bikin bisnis alkohol – dan pastinya bakal banyak yang minat.

 

Memakan Waktu 2 Tahun

Dari candaan, eh jadi kenyataan! Kayaknya frase itu pas banget buat perilisan Teslaquila ini. Setelah jadi jokes 2 tahun lalu, 12 Oktober kemarin, Musk konfirmasi di Twitter nya kalo Teslaquila beneran jadi hak miliknya dan siap di produksi, bro!

Tesla Tequila ini punya bentuk yang unik, bentuknya petir dengan botol bening warna oranye dengan kandungan alkohol sekitar 40%. Pastinya warganet langsung pada heboh dan berlomba-lomba buat beli Tequila yang hits ini. Meskipun dengan trademark Tesla, Tequila ini ternyata nggak di produksi sendiri, bro.

Tequila ini di produksi oleh Nosotros Tequila, Brand liquor terkenal di California. Yang lebih menariknya lagi, Teslaquila ini cuma dijual 100 botol dan habis dalam waktu kurang dari sejam! – antusias warganet sama Teslaquila ini luar biasa ya, bro!

Sayangnya, minuman ini cuma dijual khusus di Amerika Serikat, bro. Tapi uniknya meskipun Pre-order nya dari bulan Oktober, produk ini bakal dikirim akhir tahun, bro! – cocok banget ya jadi teman liburan lo?

Kayaknya kita harus apresiasi dulu gebrakan Musk yang selalu out-of-the-box dan selalu bikin amazed ini. Apakah lo termasuk ke dalam orang yang selalu menunggu inovasi-inovasi keren dan kece lainnya dari Musk?

Tetrarik buat nyoba liquor hits ini gak bro? Atau lo khawatir kalo Teslaquila ini bakal menggeser list liquor favorit lo? Atau malah lo merasa tertarik ngoleksi karena botolnya yang unik banget?

 

Feature Image - theverge.com