Home Food Restoran Zero Waste Pertama di Indonesia
Restoran Zero Waste Pertama di Indonesia

Restoran Zero Waste Pertama di Indonesia

Monday, December 31, 2018 - 00:46
Bagikan
Facebook Twitter Email

Belakangan gaya hidup peduli lingkungan makin digencarkan. Mulai dari penggunaan stainless straw buat menggantikan sedotan plastik hingga gerakan zero waste. Gerakan zero waste sendiri adalah sebuah lifestyle buat mengurangi penggunaan barang yang cuma bisa dipakai satu kali seperti tas plastik.

Di negara-negara Barat, gerakan ini mulai populer dan sudah diikuti banyak orang. Gimana dengan Indonesia? Lo bisa lihat jejak-jejak zero waste ini di Pulau Bali. Di sana baru aja dibuka sebuah tempat makan dengan tema zero waste buat masakan sama interior ruangannya. Seperti apa restoran zero waste pertama di Indonesia ini?

 

Ada di Bali

Ada di Bali

Restoran zero waste pertama di Indonesia ini ada di Pulau Bali. Tepatnya di Potato Head, sebuah beach club populer di kawasan Seminyak. Tempat makan bernama Ijen ini sudah buka sejak awal bulan Desember 2018 lalu. Walau Ijen tergolong masih baru, tapi komitmennya buat menjaga lingkungan hidup lewat konsep zero waste nggak main-main.

Urbaners bisa lihat dari peralatan dan interior yang dipakai Ijen ini. Semuanya bisa didaur ulang. Ini mengikuti satu prinsip zero waste yang cuma memakai barang-barang reusable alias bisa didaur ulang. Lifestyle ini juga anti plastik dan bahan-bahan lain yang cuma bisa dipakai satu kali kemudian dibuang.

 

Teknik memasak pun zero waste

Teknik memasak pun zero waste

Nggak cuma peralatan dan interior aja yang pakai prinsip zero waste. Di Ijen, semua makanan dan minuman yang dihidangkan pun pakai teknik memasak bebas emisi. Rata-rata dimasak dengan api dari kayu bakar yang nggak meninggalkan sampah atau gas buang.

Menu andalan Ijen adalah ikan laut yang ditangkap tangan. Selain itu, ada juga menu-menu plant-based seperti Chargrilled Kaylan dan Wood Fired Cauliflower. Buat rasanya nggak perlu ditanya lagi. 100% enak dan tentunya sehat!

 

Dukung petani lokal

Buat menyokong gaya hidup zero waste ini, Ijen juga mengikuti konsep sustainable buat semua bahan masakan yang mereka gunakan. Mereka bekerja sama dengan beberapa perusahaan dan tentunya petani serta nelayan lokal buat menyediakan bahan-bahan masakan yang sesuai sama konsep zero waste.

Contohnya, semua ikan dan makanan laut yang disajikan Ijen berasal dari Bali Sustainable Seafood, sebuah perusahaan sosial yang menyediakan ikan buat bisnis lokal di Pulau Bali. Perusahaan ini pakai teknik hand reeling yang aman buat ikan-ikan kecil dan nggak mengancam kelangsungan biota laut Bali.

Tertarik sama konsep zero waste? Pastikan buat datang ke Ijen Potato Head saat lo liburan ke Bali!

 

 

Source: Lonelyplanet.com