Sering Dianggap Sama, Ini Perbedaan Sorbet, Gelato, & Ice Cream! - MLDSPOT
  • Food
  • Sering Dianggap Sama, Ini Perbedaan Sorbet, Gelato, & Ice Cream!

Sering Dianggap Sama, Ini Perbedaan Sorbet, Gelato, & Ice Cream!

Thu, 15 October 2020
ini bedanya es krim, gelato dan sorbet bro, lo mesti tahu ini!

Kalau sekilas dilihat dari bentuk dan penampilannya saja, mungkin mata awam tidak tahu apakah itu es krim, gelato, atau sorbet. Mungkin tahunya kalau itu es krim saja. Padahal bisa jadi itu adalah gelato atau bahkan sorbet. Memangnya ada perbedaan apa sih di antara tiga jenis makanan tersebut?

Jangankan dari tampilan atau bentuknya, ya – terkadang jika dirasa atau dicoba langsung, mungkin bisa jadi lo juga tidak bisa membedakan mana yang es krim, mana yang gelato dan mana yang sorbet. Sama-sama dingin, enak dan manis, tapi perlu lo ketahui tiga menu yang mirip itu ternyata punya perbedaan yang signifikan.

Es krim jadi salah satu menu dessert yang cukup bisa diandalkan. Rasanya yang manis buah dan manis lainnya, bisa menjadi penutup waktu makan yang baik. Tidak heran kalau lo mesti siap sedia es krim di kulkas di rumah nih!

Bahkan, kalau dari perspektif lainnya – percaya atau nggak, es krim bisa jadi salah satu hal yang membuat mood lo baik lagi. Mengonsumsi es krim ketika stress bisa membantu meredakan rasa tekanan itu, lho.

Terlepas dari hal itu, ternyata es krim mempunyai beberapa jenis lainnya yang bentuknya sama, namun cukup punya perbedaan yang signifikan, yaitu gelato dan sorbet. Mungkin sorbet cukup asing di telinga lo, tapi kalau gelato, mungkin sudah cukup umum.

Bisa jadi sampai sekarang lo masih menganggap kalau gelato adalah es krim. Padahal keduanya, bahkan ketiganya termasuk sorbet, punya perbedaan. Penasaran perbedaanya apa saja? Daripada menebak-nebak sendiri, sila simak bahasan kali ini sampai habis ya!

 

Es Krim Beda Dari Gelato

ini bedanya es krim, gelato dan sorbet bro, lo mesti tahu ini!

Credit Image: vegnews.com

Kalau dilihat dari resep, jelas perbedaanya sudah cukup detil dibandingkan dengan gelato atau bahkan sorbet. Es krim, jika ditelisik dari pembuatannya, memiliki bahan utama yaitu krim atau kepala susu. Dan ini bukan susu murni, ya.

Bahkan bukan juga dari susu bubuk atau bahkan susu kondensasi. Selain krim, bahan utamanya adalah telur, dan buah serta cita rasa lainnya. Semua bahan tersebut dijadikan satu lalu dikocok sampai mengembang.

Mengembangnya semua bahan yang sudah dijadikan satu itu dikarenakan oleh dimasukannya udara atau angin ke dalamnya. Jadi perlu lo ketahui nih bro kalau setiap satu liter es krim yang siap dibekukan, setengahnya adalah gelembung udara atau angin.

Lalu bagaimana soal kualitas? Jadi gini bro menilainya, es krim yang punya gelembung udara lebih sedikit, itulah es krim yang berkualitas. Jika es krim yang lo makan mempunyai rasa yang begitu menusuk, nah itu adalah es krim dengan gelembung udara yang banyak.

Jika es krim memiliki gelembung udara yang lebih sedikit dan rasanya lebih tebal, itulah yang dinamakan dengan gelato.

 

Bagaimana Dengan Gelato?

ini bedanya es krim, gelato dan sorbet bro, lo mesti tahu ini!

Credit Image: foxnews.com

Kalau dilihat dari namanya, gelato udah Italia banget karena nama itu berasal dari bahasa Italia yaitu Congelati yang artinya beku. Tapi ada yang beranggapan kalau gelato berasal dari kata gelatin yang artinya lemak.

Nah, gelato dibuat dari susu (bukan krim ya) air, gula dan buah-buahan segar. Jadi ketika semua bahan dicampurkan dan dikocok, susu tidak begitu mengembang seperti halnya krim. Alat pengocoknya sendiri juga tidak begitu cepat bergeraknya seperti membuat es krim.

Alhasil, inilah yang membuat tidak banyak gelembung udara yang terbentuk. Dan biasanya gelato mempunyai rasa tebal. Gelato sendiri, kalau di Italia, adalah es krim buatan rumahan gitu, bro. Jadi gelato tidak tahan berlama-lama. Lain halnya dengan es krim yang bisa tahan berbulan-bulan.

Dari bahan dan cara membuatnya yang seperti itu, biasanya gelato mempunyai tekstur yang lebih padat dan mulus dibandingkan dengan es krim biasa. Itu kenapa lo bisa merasa sangat kenyang walau makan sedikit gelato.

 

Sorbet Juga Beda Dari Gelato atau Es Krim

ini bedanya es krim, gelato dan sorbet bro, lo mesti tahu ini!

Credit Image: tesco.com

Nah, kalau gelato sebelumnya dibuat dengan susu tanpa krim – Sorbet adalah sejenis mereka juga tapi dibuat tanpa ada susu atau krim. Tidak dengan kedua bahan utama dari es krim atau gelato, bro. Lalu apa bahan utama dari sorbet?

Perlu lo ketahui nih bro kalau sorbet mempunyai bahan utama yang cukup sederhana, yaitu air dan buah-buahan saja. Itu mengapa di antara gelato dan es krim, sorbet mempunyai rasa paling light atau paling ringan.

Sorbet jadi salah satu pilihan dessert yang favorit dikarenakan oleh rasa buah-buahannya yang kuat. Bukan rasa krim atau susu yang kuat, tapi justru rasa buahnya yang jadi rasa paling depan untuk lo rasakan.

Nah sudah jelas kan sekarang? Jadi kalau lo lagi jalan sama gebetan dan dia minta es krim, lo bisa kasih dia pilihan mau coba gelato atau sorbet. Jadi palet rasanya bakal jadi lebih luas dan tentunya lo bisa coba-coba yang lain juga bro!

 

Feature Image – freepik.com

Waktu Terbaik Minum Alkohol: Tim Siang atau Malam, Bro?

Mon, 22 February 2021
Minum Alkohol

Apa kebiasaan yang biasa lo lakuin kalo ngumpul sama anak tongkrongan lo? Mabar game, gosip, atau minum alkohol? Wah kalo yang terakhir ini sepertinya krusial untuk dilakukan pas ngumpul malem atau lagi ngumpul dengan momen-momen tertentu ya, bro!

Meskipun begitu, ternyata ada juga orang yang lebih suka mengkonsumsi alkohol baik di siang hari dibandingkan di malam hari. Di siang hari, biasanya orang lebih suka mengkonsum minuman beralkohol lebih rendah dari pada minum alkohol yang dikonsumsi pada malam hari, tapi ternyata waktu minum ini juga akan berpengaruh pada diri lo sendiri.

Meskipun semua tergantung dari apa yang lo minum, sebenarnya kapan sih waktu terbaik untuk minum alkohol? Dan lo tipe yang mana nih?

Biar lebih jelas kapan waktu terbaiknya, simak artikel selengkapnya di bawah ini ya, bro!

Alkohol di Siang Hari: Booster dalam Menjalani Hari

Minum Alkohol

Credit image – Discover Magazine

Minum alkohol emang ngga ada keharusan harus kapan dan minum apanya, ternyata dilihat dari waktunya, banyak juga orang punya preferensi untuk minum alkohol di siang hari – apakah lo salah satu diantaranya?

Minum alkohol di siang hari ini emang punya efek yang sedikit berbeda dengan minum alkohol di malam hari. Karena konon katanya, minum alkohol di siang hari akan nggak akan sama hasratnya selayaknya minum alkohol di malam hari – lo nggak akan minum alkohol sebanyak mengonsumsi di malam hari.

Penelitian dari Nyree Dardarian – seorang profesor dari Drexel University mengatakan, minum alkohol di siang hari dapat merangsang zat dalam tubuh yang memproses alkohol lebih cepat dan dapat menambah energi di dalam tubuh.

Meskipun metabolisme dalam tubuh berfungsi  selama 24 jam, tapi pada siang hari akan berproduksi lebih banyak – sehingga minum alkohol di siang hari akan ikut membantu lo untuk lebih produktif. Nggak heran, orang yang tim minum alkohol di siang hari melakukan kebiasaan ini untuk lebih produktif dalam bekerja daripada untuk menikmati alkohol itu sendiri.

Kebiasaan dalam minum alkohol di siang hari pun bakal beda dengan minum alkohol di malam hari – nggak akan sebanyak minum pas malam hari pastinya.

Alkohol Malam Hari: Paling Pas buat Chill

Minum Alkohol

Credit image – iStock

Kalau minum alkohol di malam hari rasanya udah nggak aneh lagi, karena memang ini kebiasaan umum orang-orang pada umumnya. Rasanya, minum alkohol emang lebih identik dengan malam hari dibandingkan dengan siang hari, setuju nggak, bro?

Ternyata, selain karena kebiasaan juga, alkohol pada malam hari akan menyerap lebih baik pada malam hari. Dalam hal ini, serapan alkohol yang diserap dan reaksi dalam tubuh pun berbeda dengan konsumsi alkohol di siang hari. Menurut penelitian pada tahun 2001, alkohol dikatakan memiliki efek yang lebih sensitif yang membuat emosional pada orang yang mengonsumsi.

Pada tingkat emosional inilah yang membuat alkohol terasa lebih nikmat untuk dinikmati pada malam hari. Alkohol juga akan lebih menyerap pada orang yang memiliki tingkat stres yang tinggi – dan biasanya orang akan terlihat lebih tertekan pada malam hari setelah seharian bekerja di bawah tekanan.

Konon, pada siang hari juga kita nggak begitu merasakan lelah dan merasa tertekan. Namun ketika saat merasa sendiri setelah menjalani aktivitas, barulah manusia merasa lebih emosional – hal inilah yang membuat minum alkohol lebih nikmat bila dinikmati malam mari.

Jadi, Tim Siang atau Malam?

Setelah mengetahui reaksi dan kebiasaan yang berbeda pada minum alkohol di siang hari dan di malam hari, lo sekarang tau kan – kalau semua ada kelebihan dan kekurangan masing-masing?

Dari kekurangan dan kelebihan inilah kita jadi lebih tau, kebutuhan alkohol dalam diri mana yang ingin lo penuhi. Sebuah penelitian mengatakan bahwa alkohol memang merangsang emosional lebih cepat pada waktu-waktu tertentu.

Jadi kalau mau mencoba lebih produktif pas lagi kerja, ada baiknya minum alkohol secukupnya pada siang hari untuk booster mood menjadi lebih produktif. Tapi kalau lo merasa lebih butuh ketenangan untuk istirahat di malam hari atau deep talk sama anak tongkrongan lo, minum alkohol di malam hari lah jawabannya!

 

Feature image – Video Hive