Airsofter Sejati, Bermain dengan "Hati" - MLDSPOT
  • Hobby
  • Airsofter Sejati, Bermain dengan "Hati"

Airsofter Sejati, Bermain dengan "Hati"

Mon, 15 September 2014

Anak laki-laki mana yang tidak pernah menghabiskan sore harinya dengan bermain perang-perangan? Yup, hampir semua orang suka sensasi menjatuhkan lawan di medan perang, tapi mungkin hanya beberapa saja yang benar-benar rela mengorbankan nyawanya dan bergabung dengan pasukan militer yang sesungguhnya. Untuk itulah permainan airsoft hadir, dengan misi menuntaskan rasa penasaran mereka akan ketegangan di medan perang.

Permainan airsoft pertama kali diperkenalkan di Jepang pada tahun 1970-an. Karena kepemilikan senjata di negara itu sangat dilarang, maka orang-orang yang menyukai senjata api membuat replikanya dan menggunakannya untuk permainan simulasi perang. Sejak saat itu, permainan ini menjadi terkenal dan menjadi primadona di negara-negara Asia lain seperti Tiongkok, Hong Kong, Taiwan, Macau, Korea Selatan, hingga menyebar ke Filipina dan Indonesia.

Di Indonesia, permainan airsoft sendiri berada di bawah Persatuan Menembak Sasaran dan Berburu Seluruh Indonesia (PERBAKIN). Saat ini, kepemilikannya pun harus melalui proses registrasi yang cukup rumit. Hal ini memang menyebalkan, tapi tetap harus dilakukan mengingat penyalahgunaan senjata mainan seperti ini sangat sering terjadi di Indonesia.

Bagi Individu, airsoftgun diciptakan untuk memenuhi keinginan para pecinta senjata akan pengalaman menembak yang relatif aman. Sedangkan dalam sebuah komunitas atau grup, airsoft digunakan sebagai alat bantu untuk pengaplikasian strategi pertempuran dalam permainan perang-perangan (skirmish). Setiap komunitas yang baik dan bertanggung jawab selalu memiliki kode etik tersendiri. Jangankan menenteng-nenteng unit airsoft keliling komplek, menyebut airsoft sebagai “senjata” saja merupakan suatu pelanggaran berat, para pemain airsoft lebih memilih menggunakan kata “arsenal” atau berdasarkan jenis seperti “rifle” dan “SMG”. Seketat itulah sesungguhnya aturan yang dimiliki oleh para airsofter di Indonesia.

Kata soft pada istilah airsoft sama sekali tidak mencerminkan bahaya yang bisa diakibatkan oleh permainan ini. Meskipun bukan senjata asli, namun bahaya yang dapat ditimbulkan oleh permainan ini bisa sangat serius. Untuk itu, dalam sebuah permainan skirmish, peralatan keamanan seperti helm, google dan baju pelindung sangat disarankan. Itu belum termasuk peraturan-peraturan seperti: selalu membawa unit airsoft dengan tas khusus, menjauhkan telunjuk dari trigger dan mengaktifkan kunci safety-on saat tidak bermain, tidak menembak sembarangan atau blind fire, tidak menembak lawan dalam jarak 5 meter dan masih banyak aturan lain yang diciptakan untuk keselamatan dan kenyamanan permainan airsoft itu sendiri.

Pecinta airsoft sejati justru adalah orang-orang yang paham betul akan kode etik permainan ini. Salah satu contoh sederhana adalah dengan menjunjung tinggi gerakan orange tip, yaitu memberikan tambahan cat berwarna oranye terang di ujung unit airsoft untuk menandakan bahwa yang mereka bawa dan mainkan bukan senapan sungguhan.

Airsoft gun memang bukan senjata asli, tapi juga bukan mainan. Memilikinya berarti berani menanggung segala resiko dan berani memenuhi persyaratan yang diperlukan. Namanya juga Big boys toys, perlu tanggung jawab yang big juga bro!
 

Tipe Airsoft
Airsoftgun saat ini terdiri dari beberapa jenis. Diantaranya AEG (Automatic Electric Gun) yang bertenaga listrik atau batere, GBB (Gas Blow Back) yang menggunakan tenaga gas CO2, LPEG (Low Power Electric Gun) yang menggunakan tenaga batere dengan kecepatan rendah, hingga SPRING atau yang masih menggunakan tenaga pegas.

Peluru Airsoft
Dalam airsoft, haram hukumnya menyebut kata “peluru”. Amunisi yang digunakan berbentuk bulat berbahan plastik padat dan biasa disebut BB (Ball Bearing). Ukuran butiran ini berdiameter 6 mm dengan berat bervariasi dari 0.12 gram, 0.25 gram, 0.30 gram. Ada beberapa ukuran khusus peluru berukuran tersebut mencapai berat 0.80 gram yang tidak boleh dipakai untuk skirmish atau war game karena sangat berbahaya.

Tentang Perbakin
PERBAKIN atau Persatuan Menembak Sasaran dan Berburu Seluruh Indonesia adalah organisasi resmi di bawah Kementerian Pemuda dan Olahraga yang didirikan pada 17 Juli 1960. Organisasi ini bertugas untuk membimbing, mengkoordinir, dan mengawasi perkumpulan-perkumpulan serta organisasi bidang menembak di seluruh Indonesia dalam merencanakan dan meyelenggarakan kegiatan olahraga menembak sesuai ketentuan perundang-undangan yang telah ditetapkan.

Related Article

Sejumlah Perspektif Saat Ingin Buat Ilustrasi Original Character, Bro!

Tue, 27 October 2020
Berikut hal yang perlu lo perhatikan saat membuat original character untuk menghindari tuduhan plagiat

Originalitas di dunia industri kreatif ini memang sekarang cukup dapat perhatian yang besar. Majunya teknologi membuat beberapa ide dan desain bisa saja mirip bahkan ternyata sama. Ini jadi catatan tersendiri untuk para ilustrator saat ingin membuat original character.

OC atau original character menurut banyak ilustrator adalah karakter yang dibuat tidak berdasarkan referensi karakter yang sudah ada sebelumnya. Sehingga keaslian dari karakter yang diciptakan bisa dipertanggungjawabkan.

Ini artinya, para ilustrator memang menghindari kejadian melanggar hak cipta seseorang atau pihak tertentu, yang sebelumnya sudah membuat terlebih dahulu karakter, ide atau desain sebelumnya. Yang masih ramai diperbincangkan di jagat dunia maya, khususnya di Instagram, terkait dengan ide dan desain, Nike menuntut Warren Lotas terkait desain sepatu yang dibuatnya.

Menurut Nike, desain sneakers yang diciptakan oleh Warren Lotas, mirip sekali dengan Nike SB Low Dunk-nya. Dari bentuk, warna, sampai aksen, kurang lebih mirip – akan tetapi yang membedakan adalah logo swoosh yang diganti menjadi kepala Jason Voorhees.

Well, kalau dari sisi originalitas, Warren Lotas berada di area yang abu-abu. Kalau dari perspektif Nike, jelas Warren menjiplak karya dari ide dan desain mereka. Nah, hal-hal seperti ini lah yang dihindari para pembuat karakter original. Menghindari tuntutan dari tuduhan menjiplak atau plagiat.

Terkait dengan hal tersebut, para ilustrator mempunyai cara tersendiri untuk membuat karakter original atau original character yang benar-benar asli. Belum ada yang punya selain ilustrator tersebut. Semangat seperti ini sih yang bisa lo contoh bro #MauLagiDimanapun – semangat untuk selalu kreatif dan produktif!

Mungkin sekarang lo sudah makin penasaran nih, sebenarnya ada cara-cara seperti apa sih untuk membuat OC dan menghindari tuduhan sebagai plagiat dari karya orang lain? Daripada menebak-nebak sendiri, sila simak bahasan kali ini ya!

 

Riset Untuk Konsep Karakter

Berikut hal yang perlu lo perhatikan saat membuat original character untuk menghindari tuduhan plagiat

Credit Image: freelogoservices.com

Percaya atau nggak ya bro, para ilustrator mesti ‘bertapa’ terlebih dahulu untuk membuat OC. Eits, yang dimaksud bertapa adalah melakukan riset. Riset ini yang akan menentukan bagaimana konsep dari karakter tersebut.

Berbagai aspek dipikirkan di dalam riset tersebut. Mulai dari penampilan fisiknya seperti apa, jenis kelaminnya bagaimana, apakah karakter ini akan murni sosok manusia atau hybrid (gabungan beberapa bentuk mahluk hidup).

Sampai ke aspek apakah karakter ini punya super power tertentu, keahlian apa yang bisa ditonjolkan secara visual, bagaimana ekspresi wajahnya ketika senang ataupun sedih – semua hal dipikirkan dan biarkan imajinasi lo sebagai ilustrator bekerja dengan baik.

Begitu riset selesai dengan hasil yang sudah ditentukan – segala aspek sudah jelas, barulah lo bisa mendesain. Tapi nanti dulu, sebelum lo mulai mendesain, ada tahap lainnya di mana lo mesti menyelesaikannya terlebih dahulu.

 

Menentukan Nama Karakternya

Seperti lahir lagi ke bumi, karakter lo pasti perlu sebuah nama. Bro, nama ini secara nggak langsung bakal sangat merepresentasikan bagaimana karakter yang sudah lo buat, lho. Nah, buat menentukan nama karakter, ada beberapa hal lagi yang perlu lo perhatikan.

Misalnya seperti tidak memberikan nama sesuai dengan nama lo sendiri. Itu namanya hanya copy paste saja bro. Lagipula, jarang sekali para ilustrator di luar sana memberikan nama untuk karakternya sesuai dengan nama aslinya.

Kemudian, karena tidak bisa sama dengan lo untuk nama, pastikan lo juga bisa memberikan nama yang bermakna. Hal ini bakal semakin menguatkan karakter lo dari segi visualnya nanti. Lalu, pastikan juga nama yang lo buat tidak terlalu panjang.

 

Yok Mulai Desain Karakternya!

Berikut hal yang perlu lo perhatikan saat membuat original character untuk menghindari tuduhan plagiat

Credit Image: wacom.com

Jika semuanya sudah ditentukan dengan baik – tinggal melakukan desain karakternya, bro. Lo tinggal mengikuti guideline atau hasil riset yang ada untuk membentuk karakter tersebut secara visual. Bagaimana bentuk wajah, bentuk rambut, mata dan sebagainya.

Lo bisa lihat dan bentuk semua aspek karakter tersebut dari hasil riset dan juga penentuan nama yang sudah lo lakukan. Pastikan desain yang lo lakukan masih natural. Imajinasi yang terlalu berlebihan kadang malah bikin lo bingung bagaimana menentukan yang pas untuk karakter lo nanti.

Kemudian, untuk mempermudah karakter lo dikenali oleh banyak kalangan, pastikan ada hal unik di karakter tersebut. Misalnya ada kostum atau aksesoris yang hanya digunakan oleh karakter lo saja. Hal ini bakal memudahkan banyak orang untuk mengetahui karakter yang lo buat seperti apa.

 

Memvisualkan Super Power-nya

Berikut hal yang perlu lo perhatikan saat membuat original character untuk menghindari tuduhan plagiat

Credit Image: creativebloq.com

Hal terakhir yang bisa membuat karakter lo semakin sempurna dan terasa bagaimana originialitasnya adalah memberikannya super power. Asal jangan sampai over ya. Sesuatu yang berlebihan pasti tidak baik, termasuk untuk karakter lo.

Super power ini bisa jadi unique selling point tersendiri untuk karakter yang lo ciptakan. Hal ini dikarenakan oleh super power tersebut bisa dikonversikan sebagai visual tersendiri. Misalnya, saat tertekan, karakter lo tersebut bisa merubah warna rambutnya yang menandakan kekuatan supernya datang.

Hal-hal seperti itu bisa sekali dikembangkan lebih jauh bro. Dari sini originalitas yang lo punya di karakter tersebut akan semakin terlihat dan semakin kental.

Nah, bagaimana nih bro? Dari berbagai penjelasan di atas – proses kreatif dan produktif sudah pasti terus berjalan #MauLagiDimanapun dan seperti apapun kondisinya ya bro! Terlebih, jika lo seorang ilustrator, tidak ada yang bisa nih menghalangi imajinasi lo terkait pembuatan original karakter!

 

Feature Image – dice.com