Home Hobby The Light Art Masters

The Light Art Masters

Thursday, December 11, 2014 - 18:01
Bagikan
Facebook Twitter Email

Kalimat “melukis dengan cahaya” ternyata itu bukan sekadar ungkapan puitis tanpa bentuk. Di tangan seniman cahaya, kalimat tersebut berubah menjadi karya seni yang kasat mata dan bisa dinikmati. Namanya light painting photography. Efek yang ditimbulkan membentuk paduan pola gambar dan warna yang melampaui imajinasi. Cahaya seakan berubah menjadi grafiti dengan kanvas latar belakang lingkungan yang bermacam-macam.

Aliran fotografi yang keren ini pada intinya adalah memanfaatkan shutter lambat pada kamera. Tidak gampang untuk bisa menghasilkan light painting photography yang keren. Lo harus punya keterampilan fotografi yang yahud dan presisi, koreografi yang detail dan hati-hati, dan imajinasi yang liar. Dunia mengenal sejumlah maestro light painting photography dengan aliran masing-masing yang siap memanjakan mata dan imajinasi lo!

Julien Breton

Seniman kaligrafi dan grafis dari Perancis ini memindahkah keahlian kaligrafinya ke dalam fotografi dan cahaya. Karya-karya fotografi lukisan cahaya Julien Breton dikenal sangat presisi. Karyanya yang fenomenal antara lain berupa koleksi karakter Arab yang meliuk-liuk di sela-sela tubuh penari Compagnie Cortex, kelompok penari dari Perancis.

Sola

Sola dikenal dengan karya grafiti cahayanya yang lebar, kaya warna, dan terang. Secara sekilas, mungkin lo akan menganggapnya hasil editan, but it’s original, dude! Grafiti yang ia bikin mulai dari lingkaran dan bentuk abstrak dengan latar belakang urban yang menghasilkan pola grafiti rumit yang liar.

Se7en Magazine

Mark Brown dan Marc Cameron berkolaborasi mendirikan Se7en Magazine yang karya grafiti cahayanya berupa gambar mobil. Merk-merk mobil kondang yang mereka gambar adalah Ferrari, Aston Martin, hingga Audi. Mobil-mobil tersebut terlihat nyata dan detail, susah untuk membayangkan bagaimana mereka bisa menggambarnya menggunakan cahaya.

Lichtfaktor

Karya Lichtfaktor tak ada duanya di dunia grafiti cahaya. Ia memadukan lingkungan urban yang memiliki arsitektur menawan dengan permainan grafiti cahaya yang menghasilkan gambar-gambar yang menakjubkan.

Toby Keller

Toby Keller dari Burn Blue Photography memilih alam sebagai kanvasnya dalam berkarya. Pasir pantai Santa Barbara yang tenang dan dipenuhi reruntuhan batu bata, ia sapu dengan gambar yang terang dan warnanya kuat. Alhasil, kuasan cahaya tersebut menyatu dengan alam menjadi perpaduan yang memanjakan mata lo. Natural, tapi sekaligus dinamis penuh warna.