Trending
Jumat, 27 Maret 2015

Dramatic Home Lighting Design

  • Share
  • fb-share
Dramatic Home Lighting Design

Pencahayaan dalam rumah nggak sekedar tentang penerangan ruang. Lebih dari itu, pencahayaan menyangkut tentang mood dan suasana yang ada di tiap ruangan. Pemilihan bentuk dan warna lampu juga bisa mencerminkan style lo sendiri. Jadi, kalau lo nggak mau memilih style yang datar dengan satu jenis lampu untuk semua ruangan dalam rumah, sebaiknya lo mulai memikirkan pencahayaan yang lebih “dramatis”.

Ruang Tamu/Ruang Keluarga

Pencahayaan yang terang dan merata merupakan aturan utama dalam ruang ini. Tapi, penggunaan lampu standar atau “flush-mount lighting” bakal terlihat membosankan. Lo bisa mengakalinya dengan menggunakan pin-up pendants atau bentuk lampu lain yang lebih variatif. Untuk kesan dinamis, lo juga bisa menggunakan dimmer sederhana yang disambungkan ke lampu utama. Dimmer ini berfungsi untuk mengatur kecerahan lampu sesuai keinginan.

Dapur

Pencahayaan yang terang, terutama di bagian plafon, wajib diterapkan dalam ruangan dapur. Untuk membuatnya terlihat lebih “chic”, gunakan lampu downlight di kabinet. Efek cahayanya mampu memperindah tampilan kitchen set. Lo juga bisa memasang pendants dengan diffused light yang lembut di atas meja dapur.

Kamar Mandi

Pencahayaan yang terang sangat diperlukan untuk menciptakan kesan kamar mandi yang bersih. Meski demikian, hindari lampu pijar yang berwarna “cool white”. Kalau terdapat cermin di dalam kamar mandi, lo bisa menggunakan sepasang lampu yang mengapit cermin tersebut. Selain mendramatisir cahaya dalam kamar mandi, penggunaan lampu itu juga bisa memperjelas penampilan lo di cermin.

Ruang Kerja

Di ruang kerja, lo hanya fokus di suatu tempat tertentu, sehingga pencahayaannya pun lebih baik fokus di tempat itu juga. Misalnya, menggunakan lampu meja kalau lo sering berkutat dengan meja kerja. Agar nggak terlihat kaku, lampu meja ala “abad pertengahan” bisa menjadi salah satu alternatif lo. Lampu ini relatif cocok digunakan untuk semua jenis meja kerja dan memberikan sentuhan klasik serta elegan.

Kamar Tidur

Kamar tidur merupakan ruangan yang kental akan privacy dan mood dalam diri. Oleh karena itu, pencahayaan yang tenang dan lembut sangat disarankan. Sebagai tips, pilih lampu compact fluorescent atau lampu LED, dan pasang kain atau kaca buram di sekitar lampu tersebut. Lo juga bisa meletakkan lampu di bawah garis pandang, seperti di sebelah ranjang. What a relaxing light you have!

 

 

 

Comments
Sandi Widiyantoro
Very aesthetic
triyoo purnama
artikelnya inspiratifff..