Monster Truck, the Real Monster - MLDSPOT
  • Hobby
  • Monster Truck, the Real Monster

Monster Truck, the Real Monster

Mon, 13 April 2015

Sosok monster nggak hanya terbatas di dunia khayal karena sosok monster benar-benar nyata di dunia otomotif. Sebut aja monster truck, sang raksasa yang ukuran dan kemampuannya melebihi kendaraan roda empat mana pun. Lebih dari sekedar jumbo, kehadiran monster truck juga selalu berhasil memacu adrenalin. Hal ini wajar, mengingat sosok monster ini terkadang diciptakan untuk “memusnahkan” kendaraan lain yang lebih kecil.

Monster truck sebenarnya adalah modifikasi dari truck pickup yang dilengkapi dengan roda dan suspensi super-besar. Kebanyakan monster truck tampil di kompetisi atau sports entertainment bersama atraksi kendaraan lainnya, seperti motocross races, mud bogging, tractor pulls, dan car-eating robots. Salah satu penampilan yang paling ditunggu jelas saat monster truck menggilas kendaraan lain dengan ban raksasanya. Pertunjukan tersebut seakan menjadi adegan khas dari sebuah monster truck.

Penampilan monster truck yang sangar juga didukung dengan angka dimensinya yang menakjubkan. Biasanya, satu monster truck memiliki tinggi 11 kaki dan lebar 12 kaki. Berat minimum dari monster truck pun bisa mencapai 9.000 pon. Namun, rata-rata monster truck memiliki bobot seberat 12.500 pon. Kalau berat body bisa dikurangi, maka kekuatan serta bobot kerangka dan mesinnya dapat ditingkatkan. Tentunya hal ini nggak menghalangi kecepatan dan kemampuan bermanuver dari monster truck itu sendiri.

Di luar kemampuannya, body monster truck turut menjadi perhatian utama. Body yang terbuat dari fiberglass ini umumnya didesain seunik mungkin agar sesuai dengan nama yang diberikan untuk monster truck tersebut. Untuk masalah ban, Goodyear dan Firestone telah menjadi produsen ban berukuran fantastis yang dimanfaatkan oleh banyak monster truck. Bayangkan, satu ban monster truck bisa mencapai tinggi 66 inci dan lebar 43 inci!

Dan bukan hanya penampilan luarnya aja, mesin monster truck pun nggak luput dari modifikasi. Semua mesin monster truck merupakan hasil custom-built dengan supercharged dan methanol-injected. Meski demikian, ukuran motor monster truck tetap dibatasi sampai 575 cubic feet aja, diseragamkan dengan peraturan resmi dari United States Hot Rod Association (USHRA).

Well, are you dare enough to tame this real monster?

 

 

 

 

Legendary Monster Trucks
Sepanjang sejarah, tercatat beberapa nama monster trucks yang telah melegenda. Di antaranya ada Bigfoot milik Bob Chandler, USA-1 milik Everett Jasmer, Bear Foot milik Fred Shafer dan Jack Willman Sr., serta King Kong milik Jeff Dane.

 

Paint is a Must!
Mengecat body monster truck merupakan suatu kewajiban. Hal ini berguna untuk menutupi fiberglass body yang kasar. Kebanyakan regu juga memilih label Vinyl untuk menutupi seluruh fiberglass body dari monster trucks.

Tentang USHRA
United States Hot Rod Association (USHRA) adalah sebuah organisasi yang dimiliki oleh Feld Entertainment. USHRA berperan dalam memasarkan berbagai event motorsports, seperti monster trucks, motocross, quad racing, dan lain-lain.

Yang Paling Dinanti: Ini Deretan Game Yang Akan Rilis di 2021!

Tue, 12 January 2021
Game yang paling ditunggu di 2021 nih, bro! penasaran ada apa aja? pastikan baca sampai habis, ya!

Sepertinya kita sepakat untuk menjadikan tahun 2020 kemarin sebagai tahun yang berat bagi kita semua, nggak terkecuali dengan industri-industri komersil. Banyak orang yang harus melakukan kerjaannya dirumah atau bahkan sampe dirumahkan beneran, bro!

Industri yang terkena dampak itu salah satunya industri gaming nih, bro. Alhasil, banyak game yang tadinya akan rilis tapi harus tertunda karena dirumahkan. Tapi setelah terpuruk di 2020, sepertinya para developer game mulai bangkit nih di tahun 2021.

Meskipun baru beberapa hari berlalu, bulan Januari sudah memberikan kejutan untuk para gamers. Kabarnya, ada beberapa game yang udah siap dirilis di tahun 2021 nih, bro – apakah lo penasaran, apa aja list game yang bakal rilis? Stay tune di artikel ini ya, bro!

Explore ‘Kuba’ Fiktif di Far Cry 6

Far Cry, game yang mengajak lo untuk mengeksplorasi wilayah dengan sekumpulan kaum bersenjata ini bakal hadir seri keenam nya, bro. Berbeda dengan seri yang kelima yang berada di latar kawasan pegunungan Amerika Utara, di seri yang keenam ini Far Cry mengajak lo untuk eksplor kota fiktif yang mirip dengan kuba – di tengah pemukiman urban dan luas, lo diajak untuk menemui diktator, bro!

Game yang menggabungkan seri-seri sebelumnya ini dijadwalkan untuk hadir pada 18 Februari, namun karena ditunda, rencananya game ini akan dirilis setelah bulan maret 2021. Untuk kepastiannya, pantengin terus beritanya ya, bro!

Game FPS (lagi) dari Arkane Studios

Sukses dengan 2 game nya – yaitu Dishonored dan Prey, tahun ini Arkane Studios akan kembali dengan game FPS yang disebut Deathloop. Apa yang berbeda dengan game FPS Arkane Studios yang sebelumnya ya, bro?

Plot dari Deathloop menjadi highlight ditengah para gamers karena lo akan memerankan seorang pembunuh bayaran bernama Cult yang terjebak di satu pulau dan menyelesaikan misi pembunuhan dalam waktu kurang dari 24 jam, bro!

Game multiplayer ini sepertinya akan menjadi juara di tahun ini, bro. Untuk perilisannya sendiri, Arkane Studios sudah membocorkan akan tayang pada 21 Mei 2021 mendatang – nggak sabar buat main sama anak tongkrongan lo ya, bro?

Seri Baru Lagi dari Resident Evil!

Game yang paling ditunggu di 2021 nih, bro! penasaran ada apa aja? pastikan baca sampai habis, ya!

Credit image - CAPCOM

Nggak ada habis-habisnya game yang satu ini memanjakan para gamers, bro. Resident Evil kembali dengan Resident Evil: Village, bro!

Seri ke 8 dari Resident Evil ini mengambil latar beberapa tahun setelah peristiwa yang terjadi di Resident Evil 7: Biohazard. Karakter utamanya kembali diperankan oleh Ethan Winthers dan dihadapkan pada misteri kelam di pelosok desa Eropa.

Permainan seri ke 8 ini mengambil perspektif orang pertama dan menjanjikan untuk menimbulkan kesan yang lebih horror dibanding Resident Evil 7: Biohazard. Untuk perilisannya, Capcom masih merahasiakan nih, bro. Walau janji untuk merilis di tahun 2021, kita tunggu bareng-bareng tanggal pastinya ya, bro!

Merasakan Gotham Tanpa Batman di Gotham Knights!

Game yang paling ditunggu di 2021 nih, bro! penasaran ada apa aja? pastikan baca sampai habis, ya!

Credit image – Official DC

Apakah lo pernah membayangkan bagaimana jadinya Gotham City tanpa ada kehadiran Batman didalamnya, bro? di game Gotham Knights ini lo akan diajak untuk menjaga Gotham City, bro!

Tanpa Batman sudah pasti kota yang satu ini akan penuh dengan kriminalitas. Pada akhirnya, nasib kota ini bakal diserahkan ke empat junior Batman, yaitu Batgirl, Robin, Red Hood, dan Nightwing. Pastinya masing-masing punya perannya masing-masing buat menontrol kota ini.

Jangan salah, game yang udah di develop dari 2013 ini ternyata sudah banyak yang nunggu, bro. Lo bisa berperan sebagai siapa aja yang lo mau. Nantinya, game ini akan masuk ke dalam Suicide Squad: Kill the Justice League yang akan menyusul 2022.

Nah itulah deretan game yang aka menemani lo di 2021 ini, bro. Semuanya keren dan cukup menantang ya, bro. Nggak sia-sia deh penantian lo di 2020 kemarin. Jadi, lo tertarik untuk mencoba game yang mana nih, bro?

 

Feature image – sports update