Zach King Vine Magic - MLDSPOT
  • Hobby
  • Zach King Vine Magic

Zach King Vine Magic

Thu, 16 April 2015

Udah berapa banyak media sosial yang lo gunain untuk berbagi momen hidup lo nih Urbaners? Media sosial saat ini udah jadi hiburan sendiri, dari mulai tweet galau, meme comic, share lagu kesukaan sampe bikin video-video lucu. Tempat dimana lo bisa berbagi video di media sosial adalah Youtube dan Vimeo, di media ini lo bisa upload video sampai durasi berjam-jam, seperti yang biasa kita temui video klip, video tutorial sampe durasi film yang berdurasi panjang bisa kita tonton. Di media Youtube ini juga udah banyak diciptakan video yang menjadi viewer terbanyak di dunia dan menjadi video viral.

Tapi kalo Urbaners mau tonton atau upload keseharian lo, sekarang udah ada fitur video di Instagram dan Vine. Emang sih, di sini lo ga bisa upload video berdurasi panjang, di media ini lo cuma bisa upload video dengan durasi 6 sampai 15 detik saja. Lo pasti berpikir, video sesingkat itu ga bisa ciptain video viral juga? Nyatanya, banyak orang kreatif dan imajinatif yang bisa bikin video komedi berdurasi supersingkat yang bisa di upload ke Instagram dan Vine.

Video komedi yang berkesan seperti sulap ini, pertama kali di bikin Zach King,  Zach adalah seorang filmmaker yang berasal dari Los Angeles. Kegemarannya dalam mengedit video membuat Zach mampu menggunakan trik editing quick cut menjadi lebih menarik. Dalam video bikinannya terlihat dia mengambil anak kucing hidup dari layar komputer seakan-akan seperti melakukan atraksi sulap, terus lo bisa liat juga di videonya, Zach berganti baju dalam sekejap, mengeluarkan icon-icon aplikasi dari layar ponsel, hingga membuat pemain skateboard terjatuh.

Zach pertama kali membuat video final cut king di tahun 2008. Di dalam website bernama finalcutking.com yang Zach isi dengan cara menggunakan software editing Final Cut Pro dan di share melalui situs Youtube. Saat menggunakan akun Vine, Zach mulai mengeksplore kemampuannya dalam memotong video sehingga menjadi video "sulap".

Bukan cuma video viral yang bisa di ciptakan, berkat video-video kreatifnya ini, Zach juga mendapatkan berbagai penghargaan di First Place London Film Festival tahun 2009, Vidcon Golden Poop Award di tahun 2012 dan YouTube's NextUp Creators Contest di tahun 2013. Naah, gimana Urbaners, lo udah siap bikin video "sulap" kaya gini?

 

 

 

 

Film Komedi
The Hangover adalah sebuah film komedi Amerika tahun 2009, diproduksi dan disutradarai oleh Todd Phillips dan ditulis oleh Jon Lucas serta Scott Moore. "The Hangover" sangat layak disebut sebagai salah satu film komedi modern terbaik sepanjang masa.

Meme
Kata “meme” pertama disebut oleh Dawkins, meme berasal dari kata mneme atau dari mimeme (berdasarkan bahasa Yunani yaitu mimos, "mimic"). 

Instagram Upload
Nilai fotografi atau nilai kenarsisan lewat selfie bisa terlihat jelas banget nih Urbaners, dalam satu hari pengguna Instagram di tahun 2014 lebih dari 25juta pengguna dan disetiap harinya  ada 400 juta foto yang sudah diposting ke Instagram.

Sejumlah Perspektif Saat Ingin Buat Ilustrasi Original Character, Bro!

Tue, 27 October 2020
Berikut hal yang perlu lo perhatikan saat membuat original character untuk menghindari tuduhan plagiat

Originalitas di dunia industri kreatif ini memang sekarang cukup dapat perhatian yang besar. Majunya teknologi membuat beberapa ide dan desain bisa saja mirip bahkan ternyata sama. Ini jadi catatan tersendiri untuk para ilustrator saat ingin membuat original character.

OC atau original character menurut banyak ilustrator adalah karakter yang dibuat tidak berdasarkan referensi karakter yang sudah ada sebelumnya. Sehingga keaslian dari karakter yang diciptakan bisa dipertanggungjawabkan.

Ini artinya, para ilustrator memang menghindari kejadian melanggar hak cipta seseorang atau pihak tertentu, yang sebelumnya sudah membuat terlebih dahulu karakter, ide atau desain sebelumnya. Yang masih ramai diperbincangkan di jagat dunia maya, khususnya di Instagram, terkait dengan ide dan desain, Nike menuntut Warren Lotas terkait desain sepatu yang dibuatnya.

Menurut Nike, desain sneakers yang diciptakan oleh Warren Lotas, mirip sekali dengan Nike SB Low Dunk-nya. Dari bentuk, warna, sampai aksen, kurang lebih mirip – akan tetapi yang membedakan adalah logo swoosh yang diganti menjadi kepala Jason Voorhees.

Well, kalau dari sisi originalitas, Warren Lotas berada di area yang abu-abu. Kalau dari perspektif Nike, jelas Warren menjiplak karya dari ide dan desain mereka. Nah, hal-hal seperti ini lah yang dihindari para pembuat karakter original. Menghindari tuntutan dari tuduhan menjiplak atau plagiat.

Terkait dengan hal tersebut, para ilustrator mempunyai cara tersendiri untuk membuat karakter original atau original character yang benar-benar asli. Belum ada yang punya selain ilustrator tersebut. Semangat seperti ini sih yang bisa lo contoh bro #MauLagiDimanapun – semangat untuk selalu kreatif dan produktif!

Mungkin sekarang lo sudah makin penasaran nih, sebenarnya ada cara-cara seperti apa sih untuk membuat OC dan menghindari tuduhan sebagai plagiat dari karya orang lain? Daripada menebak-nebak sendiri, sila simak bahasan kali ini ya!

 

Riset Untuk Konsep Karakter

Berikut hal yang perlu lo perhatikan saat membuat original character untuk menghindari tuduhan plagiat

Credit Image: freelogoservices.com

Percaya atau nggak ya bro, para ilustrator mesti ‘bertapa’ terlebih dahulu untuk membuat OC. Eits, yang dimaksud bertapa adalah melakukan riset. Riset ini yang akan menentukan bagaimana konsep dari karakter tersebut.

Berbagai aspek dipikirkan di dalam riset tersebut. Mulai dari penampilan fisiknya seperti apa, jenis kelaminnya bagaimana, apakah karakter ini akan murni sosok manusia atau hybrid (gabungan beberapa bentuk mahluk hidup).

Sampai ke aspek apakah karakter ini punya super power tertentu, keahlian apa yang bisa ditonjolkan secara visual, bagaimana ekspresi wajahnya ketika senang ataupun sedih – semua hal dipikirkan dan biarkan imajinasi lo sebagai ilustrator bekerja dengan baik.

Begitu riset selesai dengan hasil yang sudah ditentukan – segala aspek sudah jelas, barulah lo bisa mendesain. Tapi nanti dulu, sebelum lo mulai mendesain, ada tahap lainnya di mana lo mesti menyelesaikannya terlebih dahulu.

 

Menentukan Nama Karakternya

Seperti lahir lagi ke bumi, karakter lo pasti perlu sebuah nama. Bro, nama ini secara nggak langsung bakal sangat merepresentasikan bagaimana karakter yang sudah lo buat, lho. Nah, buat menentukan nama karakter, ada beberapa hal lagi yang perlu lo perhatikan.

Misalnya seperti tidak memberikan nama sesuai dengan nama lo sendiri. Itu namanya hanya copy paste saja bro. Lagipula, jarang sekali para ilustrator di luar sana memberikan nama untuk karakternya sesuai dengan nama aslinya.

Kemudian, karena tidak bisa sama dengan lo untuk nama, pastikan lo juga bisa memberikan nama yang bermakna. Hal ini bakal semakin menguatkan karakter lo dari segi visualnya nanti. Lalu, pastikan juga nama yang lo buat tidak terlalu panjang.

 

Yok Mulai Desain Karakternya!

Berikut hal yang perlu lo perhatikan saat membuat original character untuk menghindari tuduhan plagiat

Credit Image: wacom.com

Jika semuanya sudah ditentukan dengan baik – tinggal melakukan desain karakternya, bro. Lo tinggal mengikuti guideline atau hasil riset yang ada untuk membentuk karakter tersebut secara visual. Bagaimana bentuk wajah, bentuk rambut, mata dan sebagainya.

Lo bisa lihat dan bentuk semua aspek karakter tersebut dari hasil riset dan juga penentuan nama yang sudah lo lakukan. Pastikan desain yang lo lakukan masih natural. Imajinasi yang terlalu berlebihan kadang malah bikin lo bingung bagaimana menentukan yang pas untuk karakter lo nanti.

Kemudian, untuk mempermudah karakter lo dikenali oleh banyak kalangan, pastikan ada hal unik di karakter tersebut. Misalnya ada kostum atau aksesoris yang hanya digunakan oleh karakter lo saja. Hal ini bakal memudahkan banyak orang untuk mengetahui karakter yang lo buat seperti apa.

 

Memvisualkan Super Power-nya

Berikut hal yang perlu lo perhatikan saat membuat original character untuk menghindari tuduhan plagiat

Credit Image: creativebloq.com

Hal terakhir yang bisa membuat karakter lo semakin sempurna dan terasa bagaimana originialitasnya adalah memberikannya super power. Asal jangan sampai over ya. Sesuatu yang berlebihan pasti tidak baik, termasuk untuk karakter lo.

Super power ini bisa jadi unique selling point tersendiri untuk karakter yang lo ciptakan. Hal ini dikarenakan oleh super power tersebut bisa dikonversikan sebagai visual tersendiri. Misalnya, saat tertekan, karakter lo tersebut bisa merubah warna rambutnya yang menandakan kekuatan supernya datang.

Hal-hal seperti itu bisa sekali dikembangkan lebih jauh bro. Dari sini originalitas yang lo punya di karakter tersebut akan semakin terlihat dan semakin kental.

Nah, bagaimana nih bro? Dari berbagai penjelasan di atas – proses kreatif dan produktif sudah pasti terus berjalan #MauLagiDimanapun dan seperti apapun kondisinya ya bro! Terlebih, jika lo seorang ilustrator, tidak ada yang bisa nih menghalangi imajinasi lo terkait pembuatan original karakter!

 

Feature Image – dice.com