Steampunk Arthrobots - MLDSPOT
  • Hobby
  • Steampunk Arthrobots

Steampunk Arthrobots

Mon, 11 May 2015

Umumnya, robot memiliki penampilan yang kokoh, mengingat robot diciptakan untuk menunaikan tugas yang belum tentu bisa dilakukan oleh manusia. Namun, bagaimana jika seorang seniman yang membuat sebuah robot? Lo bakal melupakan aspek fungsionalnya sejenak dan lebih berfokus pada aspek estetikanya. Begitulah yang mungkin lo rasakan saat melihat hasil karya dari Tom Hardwidge, salah seorang seniman yang berasal dari Inggris. Dia menciptakan “arthrobots”, gabungan antara robot dan struktur hewan arthropoda yang bernilai seni tinggi sejak tahun 2010.

Berbeda dari kebanyakan robot yang terlihat futuristik, arthrobots dari Tom justru terlihat vintage berkat sentuhan steampunk. Untuk menggabungkan robot, struktur hewan arthropoda, dan steampunk ini, Tom mencari ide dari alam sekitar, maupun dari serpihan logam dan beads. Uniknya, Tom selalu merakit arthrobots di ruang makan dan membiarkan semua peralatan kerjanya di atas meja makan dalam rumahnya. Kalau lo nggak percaya, lo bisa liat bagaimana Tom menyelesaikan karya seninya di atas meja makannya yang sederhana:

Sebelum merakit arthrobots, Tom selalu mengawalinya dengan membuat sketsa. Kemudian, dia mulai menyusun arthrobots dengan menggunakan amunisi yang udah nggak aktif. Setelah amunisi tersusun, Tom melapisinya dengan lembaran tembaga, kuningan, dan aluminium, sehingga memudahkan dia untuk memasang bagian kaki dan sayap. Tom juga menggunakan nuts dan baut untuk sendi-sendi serta kawat untuk antena robot.

Yang terpenting dari arthrobots adalah adanya roda gigi dan pegas yang berukuran sangat kecil dari pocket watch kuno. Benda-benda antik tersebut berguna sebagai hiasan dan memperkuat kesan steampunk dari arthrobots. Kalau lo tertarik dengan arthrobots dari Tom, lo bisa membelinya dengan menghubungi Tom di email info@arthrobots.com.

Terdapat dua macam jenis arthrobots, yaitu small sculptures dan large sculptures. Small sculptures terdiri dari lebah, tawon, belalang kecil, capung, praying mantise, tarantula kecil, kumbang dan serangga-serangga kecil lainnya. Perkiraan rentang harganya mulai dari $80 sampai $285. Sedangkan, large sculptures terdiri dari belalang besar dan tarantula besar, masing-masing dibanderol dengan perkiraan harga $113 dan $285.

Jangan lupa, arthrobots merupakan robot hiasan yang sangat rapuh. Tom udah membuatnya dengan begitu detail, pastikan lo nggak merusaknya dengan gerakan ceroboh atau perawatan yang salah. It’s not a toy, it’s a masterpiece. So, take care of it, Urbaners.

Source : www.odditycentral.com, arthrobots.com

 

 

Apa Itu Steampunk?
Buat lo yang belom tau, steampunk adalah subgenre dari science fiction yang menyatukan teknologi dengan desain estetik. Subgenre ini terinspirasi dari industri mesin bertenaga uap di abad ke-19.

Punya Nama
Tom selalu memberikan nama terhadap arthrobots yang telah selesai diciptakan. Ada yang dinamai sesuai dengan keadaan alaminya, ada juga yang dinamai sesuai dengan fitur unik yang dimilikinya.

Sumber Bahan
Tom bisa mendapatkan bahan-bahan untuk pembuatan arthrobots dari situs online dan toko-toko lokal. Khusus untuk roda gigi dan pegas dari pocket watch, dia mendapatkannya dari The Watch Lab.

Yang Paling Dinanti: Ini Deretan Game Yang Akan Rilis di 2021!

Tue, 12 January 2021
Game yang paling ditunggu di 2021 nih, bro! penasaran ada apa aja? pastikan baca sampai habis, ya!

Sepertinya kita sepakat untuk menjadikan tahun 2020 kemarin sebagai tahun yang berat bagi kita semua, nggak terkecuali dengan industri-industri komersil. Banyak orang yang harus melakukan kerjaannya dirumah atau bahkan sampe dirumahkan beneran, bro!

Industri yang terkena dampak itu salah satunya industri gaming nih, bro. Alhasil, banyak game yang tadinya akan rilis tapi harus tertunda karena dirumahkan. Tapi setelah terpuruk di 2020, sepertinya para developer game mulai bangkit nih di tahun 2021.

Meskipun baru beberapa hari berlalu, bulan Januari sudah memberikan kejutan untuk para gamers. Kabarnya, ada beberapa game yang udah siap dirilis di tahun 2021 nih, bro – apakah lo penasaran, apa aja list game yang bakal rilis? Stay tune di artikel ini ya, bro!

Explore ‘Kuba’ Fiktif di Far Cry 6

Far Cry, game yang mengajak lo untuk mengeksplorasi wilayah dengan sekumpulan kaum bersenjata ini bakal hadir seri keenam nya, bro. Berbeda dengan seri yang kelima yang berada di latar kawasan pegunungan Amerika Utara, di seri yang keenam ini Far Cry mengajak lo untuk eksplor kota fiktif yang mirip dengan kuba – di tengah pemukiman urban dan luas, lo diajak untuk menemui diktator, bro!

Game yang menggabungkan seri-seri sebelumnya ini dijadwalkan untuk hadir pada 18 Februari, namun karena ditunda, rencananya game ini akan dirilis setelah bulan maret 2021. Untuk kepastiannya, pantengin terus beritanya ya, bro!

Game FPS (lagi) dari Arkane Studios

Sukses dengan 2 game nya – yaitu Dishonored dan Prey, tahun ini Arkane Studios akan kembali dengan game FPS yang disebut Deathloop. Apa yang berbeda dengan game FPS Arkane Studios yang sebelumnya ya, bro?

Plot dari Deathloop menjadi highlight ditengah para gamers karena lo akan memerankan seorang pembunuh bayaran bernama Cult yang terjebak di satu pulau dan menyelesaikan misi pembunuhan dalam waktu kurang dari 24 jam, bro!

Game multiplayer ini sepertinya akan menjadi juara di tahun ini, bro. Untuk perilisannya sendiri, Arkane Studios sudah membocorkan akan tayang pada 21 Mei 2021 mendatang – nggak sabar buat main sama anak tongkrongan lo ya, bro?

Seri Baru Lagi dari Resident Evil!

Game yang paling ditunggu di 2021 nih, bro! penasaran ada apa aja? pastikan baca sampai habis, ya!

Credit image - CAPCOM

Nggak ada habis-habisnya game yang satu ini memanjakan para gamers, bro. Resident Evil kembali dengan Resident Evil: Village, bro!

Seri ke 8 dari Resident Evil ini mengambil latar beberapa tahun setelah peristiwa yang terjadi di Resident Evil 7: Biohazard. Karakter utamanya kembali diperankan oleh Ethan Winthers dan dihadapkan pada misteri kelam di pelosok desa Eropa.

Permainan seri ke 8 ini mengambil perspektif orang pertama dan menjanjikan untuk menimbulkan kesan yang lebih horror dibanding Resident Evil 7: Biohazard. Untuk perilisannya, Capcom masih merahasiakan nih, bro. Walau janji untuk merilis di tahun 2021, kita tunggu bareng-bareng tanggal pastinya ya, bro!

Merasakan Gotham Tanpa Batman di Gotham Knights!

Game yang paling ditunggu di 2021 nih, bro! penasaran ada apa aja? pastikan baca sampai habis, ya!

Credit image – Official DC

Apakah lo pernah membayangkan bagaimana jadinya Gotham City tanpa ada kehadiran Batman didalamnya, bro? di game Gotham Knights ini lo akan diajak untuk menjaga Gotham City, bro!

Tanpa Batman sudah pasti kota yang satu ini akan penuh dengan kriminalitas. Pada akhirnya, nasib kota ini bakal diserahkan ke empat junior Batman, yaitu Batgirl, Robin, Red Hood, dan Nightwing. Pastinya masing-masing punya perannya masing-masing buat menontrol kota ini.

Jangan salah, game yang udah di develop dari 2013 ini ternyata sudah banyak yang nunggu, bro. Lo bisa berperan sebagai siapa aja yang lo mau. Nantinya, game ini akan masuk ke dalam Suicide Squad: Kill the Justice League yang akan menyusul 2022.

Nah itulah deretan game yang aka menemani lo di 2021 ini, bro. Semuanya keren dan cukup menantang ya, bro. Nggak sia-sia deh penantian lo di 2020 kemarin. Jadi, lo tertarik untuk mencoba game yang mana nih, bro?

 

Feature image – sports update