Trending
Kamis, 17 September 2015

Filateli, Hobbi Paling Populer di dunia

  • Share
  • fb-share
Filateli, Hobbi Paling Populer di dunia

Stamp collecting has been called “hobby of kings and the king of hobbies”, and it is still true today. Sampai sekarang, mengoleksi perangko, atau filateli, masih merupakan hobi paling popular di dunia. Kepopuleran hobi ini didukung oleh fleksibilitasnya sangat tinggi dan modalnya yang tidak banyak.

Urbaners yang bukan kolektor perangko mungkin bertanya-tanya apa menariknya perangko. Well, bagi para kolektor, perangko bukan sekedar kertas bergambar yang bisa digunakan untuk mengirim surat. Masing-masing perangko mengandung sejarahnya sendiri. They represent historical events, people, and places. Selain itu, lo bisa belajar banyak hal tentang subjek yang dijadikan gambar dalam sebuah perangko. As new stamps are always being issued, you will never run out of things to learn.

Banyak juga orang yang menggemari perangko karena nilainya yang bisa berlipat ganda. Harga sebuah perangko bisa berlipat ganda sampai ratusan ribu kali lipat tergantung usia, tingkat kelangkaan, dan kondisinya. Misalnya, perangko Pos Militer Surakarta yang bernilai ratusan rupiah saja pada tahun 1948, sekarang nilainya bisa mecapai puluhan juta rupiah!

Untuk mulai mengoleksi perangko, lo hanya perlu penjepit, kaca pembesar, dan album perangko atau stock book. Simple enough, right? Sebaiknya perangko disimpan dalam stock book karena album ini akan melindungi perangko dari kerusakan. Setelah itu, mulailah mengoleksi perangko yang sesuai dengan minat lo—tokoh-tokoh penting, pemandangan, hewan, dsb. Bahkan, kalau lo nggak punya minta khusus, koleksilah semua perangko yang lo temui. There’s no particular rule in this hobby.

Hobi filateli juga sangat flexible. Hobi ini bisa dilakukan sendirian maupu bersama-sama dalam sebuah kelompok. Nggak ada batasan berapa banyak waktu dan uang yang harus dihabiskan. Selain itu, hobi ini juga bisa membantu mengurangi stress dan memberikan alone time buat Urbaners yang selalu sibuk.

Selain mudah, filateli juga bisa dijadikan sebuah bentuk investasi pribadi. So, are you interested in it? Who knows, it might make you a millionaire in 50 years.

 

Source: http://ghiboo.com, stamps.org, seawatchfoundation.org, www.filateli.co.uk

 

 

Comments
Muntakhimah
Fantastic article
Miftachul Rahardoni
keren banget