Trending
Jumat, 02 Oktober 2015

Rileks dengan Batik Therapy

  • Share
  • fb-share
Rileks dengan Batik Therapy

Urbaners, kebudayaan di Indonesia itu sangat beragam, mulai dari bahasa, suku, adat dan juga pakaian. Sayangnya, kebudayaan Indonesia ini belum banyak dikenal oleh masyarakat di seluruh dunia, contohnya di Amerika Serikat. Di Amerika Serikat ini bahkan banyak yang belum mengenal negara “Indonesia” lho.

Tapi lo nggak usah khawatir, banyak cara dilakukan oleh masyarakat Indonesia yang tinggal di Amerika Serikat untuk memperkenalkan Indonesia dengan segala macam kebudayaannya. Urbaners, kebudayaan apa ya yang diperkenalkan di Amerika ini? Simak dibawah ini ya!

 

Budaya Indonesia belum dikenal di Amerika

Batik adalah salah satu kerajinan asli dari Indonesia dan itu juga sudah ditetapkan oleh UNESCO. Namun sayangnya nama batik ini belum banyak dikenal, termasuk di Amerika Serikat. Untuk mengenalkan budaya ini sangat susah sekali. Hal ini sudah dialami sama seseorang yang tinggal di Amerika Serikat  bernama Mey Hasibuan. Beliau ini bermukim di Greenville, South Carolina sudah lama sekali, namun dia belum pernah mendengar kalau ada kebudayaan asli Indonesia yang dikenal di Amerika Serikat.

Hal tersebut membuatnya gusar dan ingin sekali memperkenalkan budaya asli Indonesia ini. Pada tahun 2008, dia berkesempatan untuk mengikuti festival bernama Spartanburg International Festival. Dalam festival ini, dia memperkenalkan barang-barang daur ulang asli Indonesia. Nah, sejak saat itu dia menjadi salah satu anggota dalam International Community di Spartanburg.

 

Terbentuknya Batik Therapy

Seiring berjalannya waktu, dia mulai mengembangkan usahanya tersebut. Berkolaborasi dengan PT. Railink yang bergerak dibidang promosi ini, dia mengadakan Indonesian Batik Painting Workshop. Hal ini mendapatkan sambutan yang positif dari masyarakat Amerika. Lalu, perkembangan kegiatan ini karena sebelum proses latihan membatik, para peserta itu dikenalkan dengan lagu asli Indonesia. Hal ini membuat para peserta menjadi rileks, sehingga kegiatan ini akrab dengan sebutan Batik Therapy.

Kegiatan ini banyak mengundang hal yang positif, akhirnya pada Oktober 2010, Mey melegalkan kegiatan usahanya dengan nama Gallery of Indonesia. Yang Mey lakukan ini adalah langkah awal untuk memperkenalkan budaya Indonesia kalau Indonesia juga punya produk yang unik dan juga berkualitas.

Urbaners, cara memperkenalkan batik ke Amerika ini memang cara yang sangat tepat karena biar batik semakin diakui bahwa batik murni milik Indonesia. Dengan adanya perkenalan ini, masyarakat Amerika Serikat saja sudah mulai menyukai dan mencintai batik, masak lo enggak sih?

Source : www.meesha-sukira.com blog.goindonesia.com

 

 

Comments
asrul firmansyah
Joooooosssss gandoss artikel ya dari terapi batik asal Indonesia
Susiana Saputri
Mantap banget