Home Hobby Hotel untuk Pecinta Buku

Hotel untuk Pecinta Buku

Thursday, October 8, 2015 - 15:22
Bagikan
Facebook Twitter Email

Sebelum lo melakukan travelling, biasanya lo melakukan riset menggunakan apa? Internet? Atau buku khusus travel seperti Lonely Planet? Pernah kepikiran, nggak, untuk travelling dengan tema literatur? Beberapa penulis karya klasik seperti Ernest Hemingway dan Jack Kerouac ternyata juga suka melakukan travelling, lho. Lo tahu, nggak, kalau salah satu jenis traveller yang paling menginspirasi adalah para pecinta buku? Wah, kalau lo termasuk salah satu di antaranya, lo mungkin bakal ngiler dengan hotel-hotel bertema literatur di bawah ini.

 

The Library Hotel

New York, New York

The title says it all. Sejak menginjakkan kaki di lobi hotel, lo bakal disuguhi oleh berbagai rak buku dan tempat penyimpanan kartu katalog yang besar. The Library Hotel terdiri dari sepuluh lantai dengan enam puluh kamar. Terinspirasi oleh konsep Dewey Decimal Sysrem. setiap lantai dalam hotel memiliki nama yang sesuai dengan kategori dalam sistem tersebut, Lo juga bisa membaca di Reading Room yang buka selama 24 jam sambil menikmati pemandangan Madison Avenue dan New York Public Library.

 

The Commons Hotel

Minneapolis, Minnesota

Masih berlokasi di benua Amerika, The Commons Hotel ternyata masih merupakan bagian dari University of Minnesota. Berdasarkan situs resminya, The Commons Hotel menawarkan tempat dengan konsep industrial schoolhouse yang bakal membantu lo mengeluarkan hasrat geek dari dalam diri lo. Kalau lo ingin membaca buku tapi malas untuk melangkah ke perpustakaan, lo bisa memesan buku dari dalam kamar dan petugas hotel akan mengantarkannya.

 

Gladstone’s Library

North Wales, United Kingdom

Selain untuk membaca, Gladstone’s Library juga dibangun sebagai tempat untuk menulis. Dengan 26 kamar yang tersedia, ruangan dengan boutique-style ini didekorasi menggunakan furnitur yang terlihat seolah berasal dari perpustakaan tradisional. Gladstone’s Library juga menyediakan sekitar 250.000 hasil karya penulis yang bisa kamu baca sambil menyantap makanan di Food for Thought, sebuah bistro dalam hotel yang menawarkan menu lokal.

 

The Library

Koh Samui, Thailand

Nggak usah jauh-jauh terbang ke benua lain, Asia ternyata juga punya hotel dengan tema serupa di Thailand. Asyiknya, hotel The Library berlokasi di pinggir pantai Chaweng Beach. Dengan desain bangunan yang cenderung modern, The Library memiliki lebih dari 1300 koleksi buku yang bisa kamu pinjam dan beli. Hotel yang menyediakan 26 kamar bagi para tamunya ini juga memiliki fasilitas kolam renang dan restaurant lounge, cocok untuk tempat membaca buku.

 

The Apostrophe Hotel

Paris, France

Hotel ini dijuluki sebagai Poem Hotel, berlokasi di antara Montparnasse dan The Gardens of the Luxembourg. Setiap kamar dalam The Apostrophe Hotel memiliki desain yang unik dan berbeda dengan tema literaturnya. Pada salah satu kamar, misalnya, lo bakal menemukan sebuah buku berukuran besar yang menggantung dari langit-langit dinding di atas kasur. Lo juga bisa memilih kamar lain dengan dekorasi dinding yang ditempeli wallpaper bergambar mesin ketik tua.

Tertarik untuk menginap di hotel-hotel tersebut? Para pecinta buku dijamin pasti nggak bakal mau pulang kalau sudah menginjakkan kaki di sana. Jangan lupa juga untuk mengunjungi perpustakaan dan toko buku lokal yang ada di kota-kota tersebut, ya!

 

Source: pastemagazine.com  , www.apostrophe-hotel.com  ,   thelibrary.co.th