Home Hobby Ubah Hobi Lo Jadi Bisnis!

Ubah Hobi Lo Jadi Bisnis!

Thursday, January 28, 2016 - 15:01
Bagikan
Facebook Twitter Email

Pertanyaan ini pasti sering muncul di benak Urbaners, apalagi di kalangan Urbaners yang sudah menginjak umur 20 hingga 25 tahun. Masa-masa ini emang masa galau, di mana Urbaners bingung ingin melakui jalan mainstream dan mengikuti jejak banyak orang dengan menjadi pegawai, atau mengikuti kata hati dan menjadikan hobi sebagai bisnis Urbaners. Tetapi memangnya bisa menjadikan hobi sebagai bisnis? Tentu bisa. Bagaimana caranya?

 

Harus Yakin Dengan Passion

Ingat, sesuatu tidak akan jalan bila Urbaners nggak punya passion di bidang tersebut. Memiliki sebuah passion itu nggak susah kok Urbaners. Lo cukup yakin dengan apa yang lo lakuin dan lo benar-benar menyukainya. Lo harus mencamkan ke dalam diri bahwa lo bisa melakukan hobi lo dan lo tahu pasti bahwa hobi lo bisa jadi bisnis yang menghasilkan uang dan bisa bikin Urbaners hidup mandiri.

 

Komunikasi Adalah Soft Skill yang Sangat Diperlukan

Kalau lo cuma punya bakat tapi nggak ada kemampuan komunikasi sama klien, sama aja bohong, Urbaners. Komunikasi adalah satu-satunya jalan untuk membangun relasi, di mana membangun relasi berarti kamu bisa menarik konsumen dari relasi tersebut. Setelah ada konsumen, barulah bisnis dari hobi lo bisa dijalankan. Sebenarnya yang perlu lo lakuin ketika komunikasi itu mudah, lo cukup bisa ngerti apa yang klien inginkan, masukkan idealism lo di tempat-tempat yang diperlukan, plus, pasang harga yang benar. Jangan karena teman terus lo memberikan diskon yang ngerugiin diri lo sendiri.

Memasang harga adalah hal yang cukup krusial, tanpa skill komunikasi yang baik, lo nggak bakal bisa memberi harga yang cukup oke kepada calon konsumen lo. Memang kadang banyak yang protes dengan harga, tapi lo nggak perlu bingung karena lo cukup memiliki rasa percaya diri plus cara persuasi yang baik agar orang mau beli hobi lo.

Dua hal tadi memang terkesan simpel tapi nggak mudah dilakukan lho, Urbaners. Banyak orang yang merintis hobi sebagai karir lalu putus di tengah jalan karena kurangnya dua hal di atas. Pastikan lo punya keduanya, meski pelan-pelan, yang penting jalan dulu.

 

Source:lcsun-news.com