Home Hobby Buku Biografi Musik Terbaik di Tahun 2016

Buku Biografi Musik Terbaik di Tahun 2016

Thursday, December 15, 2016 - 14:02
Bagikan
Facebook Twitter Email

Seorang musisi dapat dianggap sebagai legenda karena perjuangan dan visinya dalam bermusik. Hal tersebut tentu nggak didapatkan dengan cara yang mudah. Ada perjuangan berlandaskan air mata dan darah dibalik gemerlapnya dunia musik. Kisah-kisah musisi legendaris untuk meraih digdaya rasanya bisa lo dapatkan dengan membaca buku-buku biografi musisi tersebut. Sepanjang tahun 2016 ini, ada banyak buku biografi musik yang menarik. Berikut ini adalah beberapa musisi dengan buku musik terbaik di tahun 2016.

 

James Brown

10 tahun yang lalu, Bapak Musik Soul Dunia, James Brown, berpulang dalam usia 73 tahun tepat di hari-hari menjelang Natal seperti ini karena sakit jantung. Meski sempat bermasalah dengan narkoba, hubungan pribadinya, hingga dengan pihak berwajib, namun Brown merupakan musisi yang karyanya nggak bisa dianggap remeh.

Sudah banyak biographer yang membuat karya tentang kisah hidup James Brown. Yang terbaru adalah tulisan James McBride berjudul Kill ‘em & Leave: Searching for the Real James Brown. McBride lebih masuk ke kisah Brown ketika tinggal di New York pada era 60an. Fokus isi buku bukan kepada keluarga Brown, melainkan lebih kepada musisi yang dekat dengannya, manajer, akuntan, mantan istri, bahkan teman perjalanannya.

 

David Bowie

Kematian David Bowie di awal tahun 2016 lalu memang membuat banyak orang terkejut. Hal ini membuat Simon Reynolds terinspirasi untuk membuat buku berjudul Shock and Awe: Glam Rock and Its Legacy. Fokus Reynolds dalam menulis buku ini terletak pada masa dimana Bowie membuat tren baru dengan musik-musiknya. Seperti kebanyakan penulis biografi musikus lainnya, Reynolds juga tak lupa menambahkan periode tertentu pada kehidupan Bowie sesaat sebelum sang legenda ini terlibat dengan musik.

 

The Beach Boys

Band yang terkenal di era 70an ini memang luar biasa kiprahnya di dunia musik. Tak heran bila banyak buku biografi yang ditulis untuk mengenang masa keemasan mereka. Salah satunya adalah Good Vibration yang ditulis oleh Mike Love. Dalam buku ini, Love menceritakan bagaimana Brian Wilson, sang pentolan grup ini, mengarahkan perkembangan lagu mereka menjauh dari bagaimana seharusnya, yakni tentang mobil, wanita, dan surfing. Sisi gelap dari keegoisan Brian Wilson terlihat dalam buku tersebut.

 

Itulah beberapa musisi yang memiliki buku biografi terbaik sepanjang tahun 2016. Menurut lo, mana musisi yang punya kisah terbaik?

 

Source: theguardian.com