• Hobby
  • Di Masa Depan, Toko Ritel Bakal Bebas Sentuhan

Di Masa Depan, Toko Ritel Bakal Bebas Sentuhan

Thu, 15 December 2016

Melihat perkembangan teknologi yang saat ini semakin canggih saja, nggak heran bila bidang ritel juga akan berkembang dengan luar biasa. Beberapa pengamat memprediksi bahwa retailer di masa yang akan datang bakal bebas sentuhan. Semuanya bakal dikuasai oleh teknologi otomatis. Sistem jual beli tradisional yang mengharuskan pembeli untuk memegang produk fisik tak lagi diperlukan.

 

Sebuah konsep dan percobaan

Hal ini bermula dari inovasi yang dikembangkan oleh Amazon. Sebuah teknologi Just-Walk-Out dikembangkan oleh Amazon GO untuk memudahkan pembeli tanpa perlu antri di depan kasir manual. Secara otomatis, produk akan di-scan melalui sensor tertentu dan langsung tertagih ke akun pelanggan, baik itu secara debit maupun kartu kredit. Pelanggan bahkan tak perlu menunjukkan produk yang ingin dibeli. Cukup lewat ke sensor, kemudian jumlah belanjaan terhitung secara otomatis. Pengembangan teknologi Amazon GO sendiri bakal muncul dalam beberapa tahun ke depan.

Sebelum Amazon, sebenarnya Tesco sudah melakukan percobaan terhadap masyarakat Korea Selatan yang sangat sibuk hingga malas untuk belanja kebutuhan sehari-hari. Tesco pun mencoba untuk membawa toko mereka ke hadapan pelanggan. Caranya, mereka menempelkan stiker belanjaan yang dilengkapi dengan barcode di stasiun kereta api. Pelanggan hanya perlu men-scan barcode tersebut dengan app khusus, kemudian semua belanjaan masuk ke cart secara online. Setelah dilakukan pembayaran, barang-barang yang dipesan akan langsung dikirim ke rumah mereka.

 

Dari drive-thru hingga VR

Serupa tapi tak sama, ada Dahir Semenov yang mengembangkan konsep Drive Market. Pelanggan tak perlu turun dari mobil ketika ingin berbelanja dengan konsep drive-thru. Mereka hanya perlu mengikuti alur toko, kemudian memilih belanjaan sesuai yang diinginkan. Setiap keranjang akan distok ulang oleh karyawan yang berada di lantai dua sehingga pelanggan nggak akan kekurangan pilihan.

VR pun tak kalah terlibat dalam perkembangan toko ritel. Adalah eCommerce yang mengandalkan virtual reality untuk merasakan bagaimana bentuk atau rupa produk yang diinginkan. The North Face adalah salah satu dari banyak perusahaan yang menerapkan VR dalam penjualan online mereka.

 

Lalu, apakah perkembangan teknologi dalam bidang ritel ini bakal menciptakan budaya baru bagi masyarakat dunia? Biarkan waktu yang jawab.

 

Source: hypebeast.com

Tips Membersihkan Lensa Kamera: Pakai 4 Alat Ini ya Bro!

Tue, 22 September 2020
Berikut 4 cara mudah membersihkan lensa kamera lo

Walau memang direkomendasikannya bisa mendatangi tempat servis kamera yang mumpuni untuk membersihkan lensa kamera, tapi alangkah baiknya nih kalau lo yang pakai, jadi lo juga yang harus bisa membersihkannya!

Gini bro, kalau memang kamera itu hanya lo seorang yang menggunakannya, tentu lo tahu persis bagaimana cara memakai atau menggunakannya – dan ini jadi dasar juga untuk mengetahui cara membersihkannya.

Lensa kamera perlu dibersihkan, bro. Terlebih kalau lo suka motret di luar rumah – di mana possibility lensa kamera kena debu, kena kotoran lainnya lebih besar dibandingkan kalau lo sedang photoshoot di rumah atau di studio.

Untuk itu lo mesti bisa membersihkan lensa kamera dari berbagai noda yang ada. Paling umum sih kotoran yang bisa menempel di lensa kamera seperti debu, sidik jari dan noda kecil lainnya. Untuk membersihkannya, lo mesti berhati-hati sekali karena kalau tidak – lensa kamera bisa lecet.

Wah kalau sudah lecet – ini mimpi buruk buat lo bro! Jelas tangkapan gambar tidak akan semaksimal biasanya. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang mesti lo ketahui saat ingin membersihkan lensa kamera, terutama alat-alat apa saja yang diperlukan.

Nah, untuk mengurangi risiko lensa kamera yang tergores, atau lensa kamera yang malah rusak karena salah cara membersihkannya – lo bisa simak bahasan yang satu ini dulu karena di bawah ini ada empat cara membersihkan lensa kamera dengan baik.

Penasaran apa saja caranya? Sila simak sampai habis saja bro untuk mengetahui selengkapnya!

 

Pakai Lens Blower

Berikut 4 cara mudah membersihkan lensa kamera lo

Credit Image: premiumbeat.com

Jadi salah satu alat yang paling umum digunakan untuk membersihkan lensa kamera, Lens Blower bisa banget jadi alat pertama yang lo gunakan buat bersihkan debu atau partikel halus yang ada di lensa kamera.

Tapi sebelum lo gunakan ke lensa, pastikan semburan anginnya sudah bersih. Caranya, bisa lo remas dulu ke arah yang lain. Jika sudah dilakukan berkali-kali, barulah dekatkan ke lensa tapi jangan sampai kena lensanya, lalu remas agar angin keluar dari alat ini.

Dari sini, lo bisa memastikan kebersihan lensa kamera. Oh iya, jangan menggunakan mulut untuk membersihkannya ya. Lo tidak perlu meniup udara ke arah lensa kamera karena akan membuat droplets lo menempel di permukaan lensa. Kalau sudah begitu, nanti bisa sulit dibersihkan.

 

Pakai Lens Brush

Berikut 4 cara mudah membersihkan lensa kamera lo

Credit Image: bantenkamera.com

Setelah pakai lens blower, biar kebersihannya semakin maksimal, lo bisa pakai brush atau kuas yang lembut. Disarankan menggunakan kuas dari bahan bulu unta. Ada bro yang jual – memang diperuntukan buat membersihkan lensa kamera!

Saat membersihkan lensa kamera menggunakan kuas ini, lo tidak perlu menekan kuasnya ke arah lensanya, ya. Cukup usap dengan lembut dan jika sudah selesai membersihkannya, tutup lagi kuas agar tidak terkontaminasi dari debu.

 

Kain Pembersih

Berikut 4 cara mudah membersihkan lensa kamera lo

Credit Image:

Bentuknya mungkin lebih mirip kain tapi sangat tipis – tisu pembersih ini jadi alat membersihkan lensa kamera yang cukup direkomendasikan buat lo. Tidak perlu dibasahi, ya. Cukup buka cover lensa, bersihkan dengan tisu pembersih dengan gerakan memutar, jika sudah, kembalikan tisu pembersih ke wadah dan tutup lagi agar tidak terkontaminasi dengan debu atau lainnya.

Ini bukan berarti lo bisa menggunakan semua jenis tisu atau kain untuk membersihkan lensa kamera, ya. Apalagi tisu basah yang mengandung senyawa kimia. Jika tidak bersih saat membersihkannya, malah akan meninggalkan noda dan jadi susah dibersihkannya.

 

Cairan Pembersih

Cairan pembersih ini juga khusus untuk lensa kamera, bro – bukan cairan pembersih lainnya apalagi pembersih lantai. Lo bisa dapatkan cairan ini dengan beli di online store atau datang ke tempat servis kamera langsung.

Menggunakan cairan pembersih ini juga tidak serta merta si lensa kamera lo semprotkan langsung cairannya, ya. Gunakan kain khusus untuk lensa kamera lo, basahi atau semprot kain tersebut, barulah digunakan di lensa kamera yang mau dibersihkan.

Usap dengan perlahan dan tidak perlu lo tekan karena nantinya malah akan memperburuk kondisi lensa kamera lo. Jika sudah bersih – tutup lensa kamera dan bersihkan kain yang lo gunakan lalu kembalikan ke tempat yang aman dari debu dan lainnya.

Wah bagaimana nih bro? Sudah cukup jelas dong bagaimana cara membersihkan lensa kamera dengan benar? Kebersihan lensa kamera adalah salah satu kunci mendapatkan foto yang maksimal, nih! Pastikan lo bisa menerapkannya semua, ya!

 

Feature Image – blibli.com