Trending
Senin, 11 September 2017

New Nissan Leaf, Mobil Tanpa Pedal Rem!

  • Share
  • fb-share
New Nissan Leaf, Mobil Tanpa Pedal Rem!

Pada tanggal 6 September 2017 lalu, Nissan resmi meluncurkan generasi kedua dari produknya di segmen mobil listrik, Leaf. Baik dari segi desain, jarak tempuh, hingga teknologi, Nissan telah melakukan berbagai upgrade yang tentu jauh lebih canggih. Bahkan kabarnya New Nissan Leaf ini juga nggak memiliki pedal rem! Apa benar begitu, Urbaners? Simak ulasannya berikut ini!

 

Capai Jarak 400 KM dalam 1 Kali Charging

New Nissan Leaf dibekali dengan mesin motor listrik EM57, yang sanggup mengeluarkan daya sampai 100 kW @3283-9795 rpm. Dengan baterai bertipe Li-ion dan kapasitas 40 kWH, New Nissan Leaf mampu menempuk jarak hingga 400 KM hanya dalam satu kali charging. Untuk charging normal, waktu yang dibutuhkan mencapai 16 jam. Tapi, untuk quick charging, waktu yang dibutuhkan cuma 40 menit dari mulai pengisian hingga baterai mencapi 80%.

 

Teknologi ProPILOT dan ProPILOT Park

Kalau sedang menyetir di jalan bebas hambatan, lo bisa agak santai karena New Nissan Leaf memiliki teknologi ProPILOT, yang bekerja pada satu jalur di jalan bebas hambatan. Fitur satu ini merupakan langkah Nissan untuk menyambut era mobil swakendali (autonomous driving).

Selain ProPILOT, ada pula fitur ProPILOT Park yang dapat memudahkan lo dalam parkir. Jadi, ketika diaktifkan, ProPILOT Park mampu mengendalikan kemudi, akselerasi, pengereman, perubahan shift, rem parkir, hingga secara otomatis membimbing mobil ke arah yang dituju. Lo pun bisa parkir dengan lebih mudah dan aman, bahkan di area parkir paralel sekali pun.

 

Menggunakan 1 Pedal, Tanpa Pedal Rem!

Mobil satu ini dilengkapi dengan sebuah pedal canggih bernama e-Pedal. Hanya dengan menaikkan atau menurunkan tekanan kaki pada pedal, lo bisa mulai berkendara, menambah atau memperlambat kecepatan, hingga menghentikan mobil. Nah, saat akselerator dilepas sepenuhnya, rem akan bekerja secara otomatis hingga mobil pun berhenti total. Hal ini pun berlaku di lereng curam sekali pun. Posisi mobil akan tetap terkunci sampai lo menekan pedalnya lagi.

Di Jepang, New Nissan Leaf akan mulai dijual pada 2 Oktober 2017 mendatang. Menyusul setelahnya adalah Amerika Serikat, Kanada, dan Eropa pada tahun 2018. Jika kebijakan tentang mobil listrik di Indonesia rampung, bukan nggak mungkin New Nissan Leaf juga akan ikut diluncurkan di sini. Kita tunggu aja ya kabar selanjutnya, ya!

 

 

Sources: otomotif.kompas.com, otomotif.tempo.co

Comments
Sandi Widiyantoro
Keren tapi ngeri 😁
Miftachul Rahardoni
keren banget