Home Hobby 5 Cara Merawat Kamera DSLR dan Mirrorless dengan Benar
5 Cara Merawat Kamera DSLR dan Mirrorless dengan Benar

5 Cara Merawat Kamera DSLR dan Mirrorless dengan Benar

Friday, August 11, 2017 - 17:52
Bagikan
Facebook Twitter Email

Selama beberapa tahun belakangan ini, kamera DSLR mulai tergesar dari puncak popularitasnya. Semua karena kehadiran kamera mirrorless, yang mampu memberikan kualitas gambar nggak kalah keren dari kamera DSLR. Apalagi kamera mirrorless punya ukuran dan bobot yang cenderung lebih ringan dari kamera DSLR, jadi lebih praktis dibawa ke mana-mana. Apa lo punya salah satu di antaranya, Urbaners? Jangan cuma memakainya terus-terusan, lo juga wajib merawat kamera lo.

Mungkin masih ada dari lo yang merasa bingung, sebenarnya apa sih perbedaan antara kamera DSLR dan kamera mirrorless? Nggak seperti kamera DSRL, kamera mirrorless nggak punya mirrorbox. Itulah kenapa bentuknya relatif lebih kecil dengan konstruksi lebih sederhana. Kamera mirrorless juga nggak punya jendela bidik optik (optical viewfinder). Proses pembidikan gambar bisa lo lakukan melalui layar LCD.

Meski memiliki beberapa perbedaan, kamera DSLR dan mirrorless memiliki cara perawatan yang cenderung sama. Agar alat fotografi lo tersebut awet, yuk simak cara benar merawat kamera DSLR dan mirrorless berikut ini!

 

Cara yang Benar dalam Merawat Kamera Mirrorless & DSLR

dslr kamera

Karena Indonesia merupakan negara tropis yang suhu udaranya cenderung lembap, sensor dan lensa kamera DSLR serta mirrorless lo lebih rentan terkena jamur. Oleh sebab itu, lo wajib memperhatikan tempat penyimpanan kamera. Suhu ideal yang direkomendasikan agar kamera DSLR dan mirrorless lo terhindar dari jamur adalah 40-60 derajat celcius. Gimana caranya memastikan kalau tempat penyimpanan kamera lo berada pada suhu tersebut? Lo bisa menyimpan dan merawat kamera mirrorless dan DSLR di dalam kotak tertutup rapat yang diberi silica gel.

Tapi, lo juga dianjurkan untuk mengikuti petunjuk dalam buku manual kamera. Beberapa kamera mengharuskan lo buat merawatnya di suhu yang berbeda. Yang jelas, jangan sampai lo merawat kamera DSLR dan mirrorless di tempat yang terpapar sinar matahari langsung karena bisa menyebabkan kekeringan pada komponen-komponen kamera lo. Sayang banget, kan?

 

Hindarkan dari Kontak Langsung dengan Air

Hindarkan dari air - cara merawat kamera mirrorless dan dslr

Kecuali kamera DSLR dan mirrorless lo bersifat waterproof, lo wajib menghindarkan kamera dari kontak langsung dengan air. Air bisa membuat komponen internal di dalam kamera menjadi lembap sehingga berpotensi merusaknya. Apabila terpaksa memotret saat hujan atau di tempat yang terkena cipratan air, lo wajib melindungi kamera dengan cover atau case yang waterproof. Untuk penyimpanan pun lo nggak boleh meletakkannya sembarangan, Urbaners. Kalau punya budget lebih, sebaiknya lo beli dry box yang bakal memudahkan lo untuk mengontrol tingkat kelembapan ruang penyimpanan.

 

Rutin Bersihkan Kamera Mirrorless & DSLR

Rutin membersihkan - cara merawat kamera mirrorless dan dslr

Coba ingat-ingat lagi, kapan terakhir kali lo membersihkan atau merawat kamera mirrorless dan DSLR. Biasanya, para fotografer menggunakan blower untuk disemprotkan ke bagian-bagian kamera yang menyimpan partikel debu. Gunakan pula kain microfiber untuk membersihkan keseluruhan bodi kamera lo. Khusus pada bagian tombol navigasi, lo bisa membersihkan sela-selanya menggunakan kuas tipis. Lo juga bisa memanfaatkan cotton bud untuk membersihkan kamera pada bagian-bagian yang cenderung sulit dijangkau. 

 

Jangan Cuma Bodi, Lensa Pun Butuh Perawatan

Saat merawat kamera, jangan cuma fokus pada bodinya, Urbaners. Bagian lensa pun wajib lo bersihkan secara rutin. Untuk membersihkan lensa, tentunya lo harus melepasnya dulu dari bodi kamera. Nah, sebelum memasangnya kembali, semprotkan blower ke dalam lensa kamera untuk memastikan nggak ada debu di dalamnya.

Setelah menyemprotnya dengan blower, lo bisa membersihkan lensa dengan kain microfiber. Kalau lo nggak menyemprotkan blower terlebih dulu, debu yang ada di lensa bisa mengakibatkan goresan ketika lo langsung membersihkannya menggunakan kain microfiber. Jika debu yang ada di lensa lo cukup banyak, sebaiknya gunakan lenspen yang memiliki bulu-bulu halus agar terhindar dari goresan. 

 

Begitu juga dengan Sensor Kamera

sensor kamera

Tips satu ini wajib lo perhatikan apabila memiliki kamera DSLR. Sebelum membersihkan sensor kamera DSLR, pastikan mirror lock up kamera lo sedang nggak aktif agar mirror bisa terbuka dan mudah dibersihkan. Tapi, kalau mirror lock up sedang aktif, segera lepaskan lensa dan tekan shutter release hingga mirror terangkat dan sensor kamera lo terlihat. Setelah itu, hadapkan kamera lo ke bawah dan semprot bagian bawah kamera menggunakan blower agar debu langsung jatuh ke bawah. Kalau sudah selesai, lo bisa langsung mematikan kamera.

Passion dalam bidang fotografi nggak cuma tentang aktif hunting foto di tempat-tempat asik, Urbaners. Sebagai fotografer yang bertanggung jawab, lo juga harus merawat kamera DSLR dan mirrorless lo secara rutin. Jangan sampai kamera lo tertutup debu dan memengaruhi kinerja dari komponen-komponennya. Semakin sering lo menggunakan kamera, seharusnya lo lebih rajin untuk merawatnya. Setidaknya, luangkan waktu seminggu sekali untuk merawat kamera mirrorless dan DSLR lo, ya!

 

Sources: tekno.kompas.com, dailyoktagon.co.id, rumorkamera.com, aristo.id, kelasfotografi.com