Dibalik Universe God Complex yang Go International: Bryan Lie! - MLDSPOT
  • Hobby
  • Dibalik Universe God Complex yang Go International: Bryan Lie!

Dibalik Universe God Complex yang Go International: Bryan Lie!

Thu, 01 October 2020
god complex besutan bryan lie dan glitch network ini memang luar biasa keren!

Buat lo para penggemar karakter superhero seperti yang ada di seri Marvel dan DC Comics, sudah pasti lo mengikuti setiap cerita dari masing-masing karakter tersebut. Ditambah, mereka yang ada dibalik cerita Marvel atau DC Comics, membuat satu universe di mana hampir semua karakter tersebut bisa bertemu dalam satu cerita.

Seperti Marvel yang ada di Avengers: Infinity War dan End Game, lalu DC Comics dengan Justice League-nya – universe tersebut dibuat sedemikian rupa sehingga masing-masing karakter superhero tersebut bisa terlihat saling ‘berkaitan’.

Bicara soal Marvel dan DC Comics, di Indonesia sendiri, ada sebuah perusahaan mainan yang juga bisa menciptakan universe untuk karakter-karakter yang mereka ciptakan. Betul bro, ini perusahaan mainan asli Indonesia yang karyanya sudah go international.

Di skena mereka para kolektor mainan, siapa yang tidak kenal dengan Glitch Network. Sebuah toy company dengan skala internasional, Bryan Lie adalah salah satu orang dibalik perusahaan mainan tersebut. Lewat seri God Complex, Bryan Lie berhasil mencuri perhatian para kolektor mainan dari berbagai belahan dunia.

Well, kalau karya yang dihasilkan memang luar biasa – biasanya karya tersebutlah yang berbicara dengan sendirinya. Kualitas yang Glitch Network ciptakan – tidak kalah detil dengan berbagai karya mainan lainnya seperti Hot Toys atau bahkan Gunpla Gundam.

In the beginning, Earth was dominated by the ‘Rulers’, a primordial race born of nature’s force itself. Having the privilege to take after nature, they have the ability to understand and manipulate it’s force for Earth’s good.

Paragraf di atas bisa lo temukan ketika lo membuka situs web God Complex. Paragraf tersebut adalah pembuka buat lo untuk menikmati universe yang mereka buat terkait dengan karakter-karakter yang mereka ciptakan.

Dari penjelasan di atas, jelas lo semakin penasaran ya soal God Complex, Glitch Network dan siapa sebenarnya Bryan Lie? Buat lo yang sudah penasaran, sila simak bahasan kali ini buat tahu selengkapnya ya!

 

Bryan Lie Dibalik Universe God Complex

god complex besutan bryan lie dan glitch network ini memang luar biasa keren!

Credit Image: mediaindonesia.com

Sebelum lo tahu mainannya seperti apa, lo mesti kenal dulu nih siapa dibalik dari mainan sampai cerita universe yang ada. Bro, Bryan Lie adalah seorang artist atau pekerja seni dan juga seorang illustrator. Bryan membangun toy company ini benar-benar dari nol.

Bryan adalah seseorang asli dari Indonesia. Ia bercerita kalau benar adanya kalau dia makan, berkeluarga, dan hidup di Indonesia. Namun idealisme dan visi misi dari Bryan yang mesti dapat respect penuh.

Idealisme dan visi misi Bryan adalah ketika ia sedang mengembangkan sebuah ide, ide itu mesti menyampaikan human story dan bukan Indonesian story. Bryan lebih mengedepankan cerita soal pure manusia dan alam sampai segala keterkaitannya.

Jika ada elemen nasionalisme dan relevansi kultur dari tiap karyanya yang sudah diaplikasikan – menurut Bryan itu semua sebagai pemanis saja. Bryan bilang kalau dia “I speak for humanity not for nasionalities” – respect, bro!

 

Lalu, Apa Sih Glitch Network dan God Complex?

Keduanya adalah karya-karya dari Bryan Lie. Glitch Network sendiri adalah sebuah perusahaan yang didirikan oleh Bryan yang ia mulai benar-benar dari bawah, dari nol. Bryan pada masa membangun toy company ini, ia rela meninggalkan segala pekerjaan lepas yang kerap datang kepadanya, dan ia fokus terhadap Glitch Network ini.

Ada fakta menarik nih bro, kalau ternyata sebelum namanya menjadi Glitch Network, nama toy company dari Bryan adalah Foxbox Studio. Seiring perkembangannya, Glitch Network sekarang mempunyai beberapa divisi.

Beberapa divisi tersebut adalah produksi mainan, komik, ilustrasi sampai galeri seni. Untuk divisi terakhir, Glitch Network mengurus sebuah galeri seni dan desain kontemporer yang berbasis di Singapura.

Terkait dengan produksi mainan, Glitch Network mengeluarkan God Complex yang merupakan produk action figure berskala 1:6 yang mempunyai cerita sendiri. Cerita sendiri ini terkait dengan universe yang mereka ciptakan.

God Complex berangkat dari sebuah ide untuk menggabungkan ‘tuhan’ yang berbeda dari tiap mitologi. Setidaknya ada tiga mitologi yaitu mitologi Yunani, mitologi Jepang sampai mitologi Mesir. Universe yang diciptakan lengkap dengan storyline yang keren banget bro!

Soal koleksi dari God Complex, lo bisa lihat di bawah ini, bro:

 

god complex besutan bryan lie dan glitch network ini memang luar biasa keren!

Credit Image: thetoyschronicle.com

 

god complex besutan bryan lie dan glitch network ini memang luar biasa keren!

Credit Image: thetoyschronicle.com

 

god complex besutan bryan lie dan glitch network ini memang luar biasa keren!

Credit Image: imcmplx.bigcartel.com

Wah bagaimana nih bro? Dari berbagai koleksi mainannya – memang keren-keren banget sih. Kira-kira bakal turun jadi film nggak ya. Kalau iya, jelas bisa kasih warna tersendiri selain Marvel dan DC Comics, nih bro!

 

Feature Image – thetoychronicle.com

Sejumlah Perspektif Saat Ingin Buat Ilustrasi Original Character, Bro!

Tue, 27 October 2020
Berikut hal yang perlu lo perhatikan saat membuat original character untuk menghindari tuduhan plagiat

Originalitas di dunia industri kreatif ini memang sekarang cukup dapat perhatian yang besar. Majunya teknologi membuat beberapa ide dan desain bisa saja mirip bahkan ternyata sama. Ini jadi catatan tersendiri untuk para ilustrator saat ingin membuat original character.

OC atau original character menurut banyak ilustrator adalah karakter yang dibuat tidak berdasarkan referensi karakter yang sudah ada sebelumnya. Sehingga keaslian dari karakter yang diciptakan bisa dipertanggungjawabkan.

Ini artinya, para ilustrator memang menghindari kejadian melanggar hak cipta seseorang atau pihak tertentu, yang sebelumnya sudah membuat terlebih dahulu karakter, ide atau desain sebelumnya. Yang masih ramai diperbincangkan di jagat dunia maya, khususnya di Instagram, terkait dengan ide dan desain, Nike menuntut Warren Lotas terkait desain sepatu yang dibuatnya.

Menurut Nike, desain sneakers yang diciptakan oleh Warren Lotas, mirip sekali dengan Nike SB Low Dunk-nya. Dari bentuk, warna, sampai aksen, kurang lebih mirip – akan tetapi yang membedakan adalah logo swoosh yang diganti menjadi kepala Jason Voorhees.

Well, kalau dari sisi originalitas, Warren Lotas berada di area yang abu-abu. Kalau dari perspektif Nike, jelas Warren menjiplak karya dari ide dan desain mereka. Nah, hal-hal seperti ini lah yang dihindari para pembuat karakter original. Menghindari tuntutan dari tuduhan menjiplak atau plagiat.

Terkait dengan hal tersebut, para ilustrator mempunyai cara tersendiri untuk membuat karakter original atau original character yang benar-benar asli. Belum ada yang punya selain ilustrator tersebut. Semangat seperti ini sih yang bisa lo contoh bro #MauLagiDimanapun – semangat untuk selalu kreatif dan produktif!

Mungkin sekarang lo sudah makin penasaran nih, sebenarnya ada cara-cara seperti apa sih untuk membuat OC dan menghindari tuduhan sebagai plagiat dari karya orang lain? Daripada menebak-nebak sendiri, sila simak bahasan kali ini ya!

 

Riset Untuk Konsep Karakter

Berikut hal yang perlu lo perhatikan saat membuat original character untuk menghindari tuduhan plagiat

Credit Image: freelogoservices.com

Percaya atau nggak ya bro, para ilustrator mesti ‘bertapa’ terlebih dahulu untuk membuat OC. Eits, yang dimaksud bertapa adalah melakukan riset. Riset ini yang akan menentukan bagaimana konsep dari karakter tersebut.

Berbagai aspek dipikirkan di dalam riset tersebut. Mulai dari penampilan fisiknya seperti apa, jenis kelaminnya bagaimana, apakah karakter ini akan murni sosok manusia atau hybrid (gabungan beberapa bentuk mahluk hidup).

Sampai ke aspek apakah karakter ini punya super power tertentu, keahlian apa yang bisa ditonjolkan secara visual, bagaimana ekspresi wajahnya ketika senang ataupun sedih – semua hal dipikirkan dan biarkan imajinasi lo sebagai ilustrator bekerja dengan baik.

Begitu riset selesai dengan hasil yang sudah ditentukan – segala aspek sudah jelas, barulah lo bisa mendesain. Tapi nanti dulu, sebelum lo mulai mendesain, ada tahap lainnya di mana lo mesti menyelesaikannya terlebih dahulu.

 

Menentukan Nama Karakternya

Seperti lahir lagi ke bumi, karakter lo pasti perlu sebuah nama. Bro, nama ini secara nggak langsung bakal sangat merepresentasikan bagaimana karakter yang sudah lo buat, lho. Nah, buat menentukan nama karakter, ada beberapa hal lagi yang perlu lo perhatikan.

Misalnya seperti tidak memberikan nama sesuai dengan nama lo sendiri. Itu namanya hanya copy paste saja bro. Lagipula, jarang sekali para ilustrator di luar sana memberikan nama untuk karakternya sesuai dengan nama aslinya.

Kemudian, karena tidak bisa sama dengan lo untuk nama, pastikan lo juga bisa memberikan nama yang bermakna. Hal ini bakal semakin menguatkan karakter lo dari segi visualnya nanti. Lalu, pastikan juga nama yang lo buat tidak terlalu panjang.

 

Yok Mulai Desain Karakternya!

Berikut hal yang perlu lo perhatikan saat membuat original character untuk menghindari tuduhan plagiat

Credit Image: wacom.com

Jika semuanya sudah ditentukan dengan baik – tinggal melakukan desain karakternya, bro. Lo tinggal mengikuti guideline atau hasil riset yang ada untuk membentuk karakter tersebut secara visual. Bagaimana bentuk wajah, bentuk rambut, mata dan sebagainya.

Lo bisa lihat dan bentuk semua aspek karakter tersebut dari hasil riset dan juga penentuan nama yang sudah lo lakukan. Pastikan desain yang lo lakukan masih natural. Imajinasi yang terlalu berlebihan kadang malah bikin lo bingung bagaimana menentukan yang pas untuk karakter lo nanti.

Kemudian, untuk mempermudah karakter lo dikenali oleh banyak kalangan, pastikan ada hal unik di karakter tersebut. Misalnya ada kostum atau aksesoris yang hanya digunakan oleh karakter lo saja. Hal ini bakal memudahkan banyak orang untuk mengetahui karakter yang lo buat seperti apa.

 

Memvisualkan Super Power-nya

Berikut hal yang perlu lo perhatikan saat membuat original character untuk menghindari tuduhan plagiat

Credit Image: creativebloq.com

Hal terakhir yang bisa membuat karakter lo semakin sempurna dan terasa bagaimana originialitasnya adalah memberikannya super power. Asal jangan sampai over ya. Sesuatu yang berlebihan pasti tidak baik, termasuk untuk karakter lo.

Super power ini bisa jadi unique selling point tersendiri untuk karakter yang lo ciptakan. Hal ini dikarenakan oleh super power tersebut bisa dikonversikan sebagai visual tersendiri. Misalnya, saat tertekan, karakter lo tersebut bisa merubah warna rambutnya yang menandakan kekuatan supernya datang.

Hal-hal seperti itu bisa sekali dikembangkan lebih jauh bro. Dari sini originalitas yang lo punya di karakter tersebut akan semakin terlihat dan semakin kental.

Nah, bagaimana nih bro? Dari berbagai penjelasan di atas – proses kreatif dan produktif sudah pasti terus berjalan #MauLagiDimanapun dan seperti apapun kondisinya ya bro! Terlebih, jika lo seorang ilustrator, tidak ada yang bisa nih menghalangi imajinasi lo terkait pembuatan original karakter!

 

Feature Image – dice.com