Home Hobby Fotografer Difabel Asal Indonesia yang Mendunia dengan Karyanya
Fotografer Difabel Asal Indonesia

Fotografer Difabel Asal Indonesia yang Mendunia dengan Karyanya

Monday, December 18, 2017 - 14:05
Bagikan
Facebook Twitter Email

Pada September 2017, media besar internasional Al Jazeera mengeluarkan video berdurasi empat menit yang menyorot orang Indonesia bernama Achmad Zulkarnain. Bang Dzoel, panggilan akrab dari pria asal Banyuwangi tersebut, adalah seorang fotografer yang sekarang menjadi sorotan. Jika dilihat dari hasil jepretannya, enggak ada ciri khas khusus dibanding fotografer lain. Yang menjadi pembeda besar adalah kondisi Bang Dzoel sebagai seorang difabel, yang sejak lahir enggak punya tangan dan kaki.

Bermula dari Warnet

difabel

Kisah Bang Dzoel bermula ketika menjadi operator warung internet (warnet) di Banyuwangi. Keadaan difabel Bang Dzoel menjadikan pilihan lapangan pekerjaan lebih terbatas. Beruntung, ketika menjadi operator warnet, Bang Dzoel mendapatkan pengalaman yang cukup luar biasa. Dirinya bisa belajar untuk mengedit foto.

Enggak lama setelah andal mengedit foto, tangan Bang Dzoel gatal untuk mencoba fotografi. Selama satu tahun, Bang Dzoel menjadi fotografer rumahan dengan kamera sewaan. Baru setelah mendapatkan dukungan dari kerabat dan teman-teman sesama komunitas, Bang Dzoel memberanikan diri untuk membeli kamera DSLR secara kredit.

 

Lebih dari Sekadar Penyandang Difabel

Pada interview yang dilakukan oleh Al Jazeera, Bang Dzoel mengatakan sangat benci ketika dirinya disebut sebagai penyandang difabel. Menurut Bang Dzoel sendiri, dirinya ingin disamakan dengan orang lain, enggak perlu mendapatkan perlakuan khusus. Bahkan untuk menjepret kamera, Bang Dzoel enggak pernah menggunakan tripod sama sekali seumur hidupnya.

Untuk urusan foto, Bang Dzoel juga ingin semua orang enggak melihat siapa dirinya atau kalau dirinya cacat. Bang Dzoel mengatakan bahwa dirinya ingin agar karyanyalah yang dilihat oleh orang.

Sekarang, Bang Dzoel sudah terkenal dan mendunia. Hari-hari Bang Dzoel tetap sibuk sebagai operator warnet dan tukang foto. Selain itu, Bang Dzoel juga mengadakan workshop kamera di Banyuwangi kepada warga atau siapa pun yang ingin bergabung.

Baca Juga : Komunitas Fotografi Jakarta untuk Para Pemula

 

Source: goodnewsfromindonesia.com