Home Hobby Gawat, PlayStation Memutuskan Absen Pada Event E3 Tahun Depan
playstation

Gawat, PlayStation Memutuskan Absen Pada Event E3 Tahun Depan

Thursday, November 22, 2018 - 13:59
Bagikan
Facebook Twitter Email

Setiap tahunnya, para developer dan publisher game akan mengejar waktu untuk menyelesaikan karyanya agar bisa tampil di Electronic Entertainment Expo atau biasa disebut dengan E3. Ajang tahunan yang diselenggarakan setiap bulan Juni ini menjadi ajang pamer para developer dan publisher, bahkan nggak jarang beberapa produsen game hanya membuat sebuah trailer pendek untuk mengumumkan sebuah game yang mungkin bakal ada dalam 1 tahun mendatang.

Jika para produsen game ini ramai-ramai menampilkan hal maksimal di E3, PlayStation malah mengumumkan nggak akan ikut pada E3 2019 tahun depan. Seperti dikutip dari theverge.com, alasan Sony Interactive Entertainment nggak ikut E3 adalah ingin mengembangkan produk terlebih dahulu dan berencana mengadakan pameran sendiri.

Mundurnya rencana PlayStation

ps

Sebelum mengumumkan menunda keikutsertaan pameran game terbesar di dunia E3, ternyata PlayStation sudah berada dalam kondisi yang bisa dibilang kritis. Setiap tahunnya, PlayStation mengadakan PlayStation Experience atau PSX, sebuah acara yang dibuat secara khusus untuk para developer dan publisher game di PlayStation. PlayStation Experience ini seharusnya diselenggarakan pada akhir Desember 2018 besok, tetapi Sony menunda event ini sampai tahun depan.

Memang PlayStation sedang mengerjakan sesuatu yang besar. Pada bulan Oktober kemarin, Sony President dan CEO Kenichrio Yoshida mengatakan bahwa pihaknya sedang mengerjakan successor dari PlayStation 4. Bahkan di pertengahan tahun depan, Sony akan mengumumkan detail dari PlayStation terbaru atau media luar sudah menyebut dengan PlatStation 5.

 

E3 bukan akhir segalanya

Walaupun Sony mengumumkan bahwa PlayStation nggak akan tampil pada E3 2019, itu bukan akhir dari segalanya. Senggaknya nih Urbaners, PlayStation bukan yang pertama absen di E3. Pada tahun 2013, Nintendo menjadi produsen pertama yang absen di E3. Walaupun begitu, Nintendo masih digdaya seperti sekarang. Mungkin pepatah mengatakan, mundur satu langkah untuk mengambil 3 langkah ke depan bisa disematkan ke Nintendo dan PlayStation (jika berhasil dengan PlayStation 5).

 

Source: theverge.com