• Hobby
  • Kindle VS Kobo: Mana e-Book Reader yang Lebih Oke?

Kindle VS Kobo: Mana e-Book Reader yang Lebih Oke?

Wed, 10 July 2019
Kindle VS Kobo: Mana e-Book Reader yang Lebih Oke?

Salah satu masalah yang dihadapi para bookworms adalah terbatasnya ruang untuk menyimpan buku fisik di rumah. Mungkin ini saatnya lo mempertimbangkan untuk menggunakan e-Book reader, Urbaners. Ada 2 merek e-Book reader yang bisa dibilang paling populer saat ini, yaitu Kindle punya Amazon dan Kobo punya Rakutan. Mana yang kira-kira lebih cocok buat lo?

 

Fitur-fitur yang ditawarkan

Fitur-fitur yang ditawarkan

Untuk kategori satu ini, sepertinya Kobo sedikit lebih unggul daripada Kindle. Kobo memiliki fitur display dengan kualitas lebih bagus, memungkinkan lo untuk membaca e-Book berjam-jam tanpa membuat mata lelah. Selain itu, Kobo juga menawarkan fitur switch terpisah untuk mengatur backlight pada layar. Jadi, lo cukup swipe up untuk melakukannya. Sedangkan, pengguna Kindle harus mengakses menu tersendiri untuk bisa menggunakan fitur serupa.

 

Koleksi judul buku

Koleksi judul buku

Sudah muncul lebih dulu daripada Kobo, Kindle pun cukup unggul dalam menghadirkan “perpustakaan” online dengan judul yang lebih beragam. Nggak hanya e-Book, koleksi Kindle juga menjual audio e-Books yang bisa dibeli melalui Audible Bookstore. Namun, bukan berarti Kobo nggak memiliki koleksi yang lengkap. Bahkan Kobo sebetulnya sangat mendukung penerbit-penerbit independen sehingga mungkin ada beberapa judul buku yang nggak bakal lo temukan di Kindle.

 

Kapasitas penyimpanan

Kapasitas penyimpanan

Sebagai pencinta buku, lo pasti ingin bisa memiliki sebanyak mungkin judul buku. Jadi, kapasitas penyimpanan e-Book wajib jadi hal yang lo pertimbangkan. Untuk faktor satu ini, Kobo kembali unggul karena mendukung penggunaan SD card eksternal. Jadi, lo pun bisa men-upgrade kapasitas penyimpanan dengan lebih leluasa sehingga bakal ada lebih banyak judul buku yang bisa disimpan. Sementara itu, Kindle menawarkan kapasitas penyimpanan yang terbatas dan nggak bisa di-upgrade.

 

Format e-book yang bisa disimpan

Format e-book yang bisa disimpane-Books hadir dalam berbagai format, mulai dari yang simpel seperti .doc dan PDF sampai yang lebih kompleks seperti CBR, ePub, dan Mobi. Nah, Kobo mendukung format ePub, sedangkan Amazon menggunakan format Mobi. Sayangnya, banyak penerbit dan penulis yang merasa kesulitan mengubah teks mereka menjadi format Mobi. Mereka pun lebih memilih untuk memformatnya menjadi format ePub atau PDF. Itulah kenapa untuk masalah format e-Book ini, bisa dikatakan kalau Kobo kembali unggul.

 

Jadi, berdasarkan ulasan di atas, mana nih yang kira-kira lebih cocok untuk memenuhi kebutuhan membaca lo, Urbaners?

 

 

Source: maketecheasier.com

Super Seru, Ini 4 Game Survival Buat Android yang Harus Lo Coba

Monday, February 17, 2020 - 17:32
Game Last Day on Earth terdapat zombie di atas mobil

Hands up buat lo yang hobi main game survival! Game ini memang selalu bisa membuat ketagihan karena pemain harus mempertahankan hidup karakter sepanjang permainan. Penasaran apa saja game survival buat Android yang paling seru? Ini rekomendasinya.

 

Last Day on Earth: Survival

Dalam Last Day on Earth: Survival pemain melawan zombie

Rekomendasi game survival pertama yang harus lo coba di Android adalah Last Day on Earth: Survival. Game ini cukup populer karena alur cerita di permainan sangat menarik. Pemain harus terus mengumpulkan sumber daya kemudian memproduksi barang dan tentunya melawan para orang jahat agar bisa terus bertahan untuk hidup. Di game ini juga terdapat elemen yang pasti membuat permainan semakin menarik yaitu elemen zombie dan shooter. Wah, bisa berjam-jam nih main game yang satu ini!

Grim Soul: Dark Fantasy Survival

: Game Grim Soul: Dark Fantasy Survival terdapat karakter yang membawa obor dan pedang

Game survival selanjutnya yang harus lo ketahui ialah Grim Soul: Dark Fantasy Survival. Game yang satu ini sungguh menarik karena pemainnya harus berusaha untuk bertahan hidup dari keadaan yang benar-benar tidak punya apa-apa. Pemain harus bisa membangun sebuah rumah dan tempat lain untuk bertahan hidup. Alurnya juga menarik karena terasa lebih nyata. Hal menarik lain dari game yang satu ini adalah kemudahannya untuk dimainkan. Jadi saat main game ini lo nggak akan bingung karena cara bermainnya juga sangat sederhana.

Fallout Shelter

Game survival lain yang nggak kalah menariknya adalah Fallout Shelter. Game yang satu ini sebenarnya adalah salah satu game untuk PC tapi sudah di-remake menjadi salah satu game Android. Di Play Store, game ini cukup populer dan sudah diunduh hingga lebih dari 2 juta orang. Salah satu hal yang membuat game ini begitu populer tentunya karena game ini sangat menantang. Para pemain akan hidup di bawah tanah karena Bumi sudah tidak bisa dijadikan tempat tinggal lagi. Pemain bersama koloninya harus bisa mengatur persediaan makanan, air, dan bertahan menghadapi serangan musuh untuk tetap bertahan hidup.

Jurassic Survival

Game Jurassic Survival terdapat karakter pemain yang menunggangi seekor dinosaurus

Jika lo suka dengan game yang berhubungan dengan dinosaurus, maka jangan sampai ketinggalan untuk mencoba Jurassic Survival. Game ini bisa dikatakan sebagai salah satu game survival terbaik yang ada di Android. Sejak di awal permainan para pemain akan dihadapkan dengan situasi yang menuntutnya untuik terus bertahan hidup. Mulai dari membangun rumah, mencari makan hingga membuat alat untuk bertahan hidup. Rasakan sensasi petualangan bertahan hidup di tengah para dinosaurus di game yang satu ini.

Itulah 4 game survival paling seru di Android yang bisa lo mainkan. Tertarik mencoba game yang mana, Urbaners?

 

Sources: idntimes.com, carisinyal.com, androidauthority.com