Home Hobby Kindle VS Kobo: Mana e-Book Reader yang Lebih Oke?
Kindle VS Kobo: Mana e-Book Reader yang Lebih Oke?

Kindle VS Kobo: Mana e-Book Reader yang Lebih Oke?

Wednesday, July 10, 2019 - 11:13
Bagikan
Facebook Twitter Email

Salah satu masalah yang dihadapi para bookworms adalah terbatasnya ruang untuk menyimpan buku fisik di rumah. Mungkin ini saatnya lo mempertimbangkan untuk menggunakan e-Book reader, Urbaners. Ada 2 merek e-Book reader yang bisa dibilang paling populer saat ini, yaitu Kindle punya Amazon dan Kobo punya Rakutan. Mana yang kira-kira lebih cocok buat lo?

 

Fitur-fitur yang ditawarkan

Fitur-fitur yang ditawarkan

Untuk kategori satu ini, sepertinya Kobo sedikit lebih unggul daripada Kindle. Kobo memiliki fitur display dengan kualitas lebih bagus, memungkinkan lo untuk membaca e-Book berjam-jam tanpa membuat mata lelah. Selain itu, Kobo juga menawarkan fitur switch terpisah untuk mengatur backlight pada layar. Jadi, lo cukup swipe up untuk melakukannya. Sedangkan, pengguna Kindle harus mengakses menu tersendiri untuk bisa menggunakan fitur serupa.

 

Koleksi judul buku

Koleksi judul buku

Sudah muncul lebih dulu daripada Kobo, Kindle pun cukup unggul dalam menghadirkan “perpustakaan” online dengan judul yang lebih beragam. Nggak hanya e-Book, koleksi Kindle juga menjual audio e-Books yang bisa dibeli melalui Audible Bookstore. Namun, bukan berarti Kobo nggak memiliki koleksi yang lengkap. Bahkan Kobo sebetulnya sangat mendukung penerbit-penerbit independen sehingga mungkin ada beberapa judul buku yang nggak bakal lo temukan di Kindle.

 

Kapasitas penyimpanan

Kapasitas penyimpanan

Sebagai pencinta buku, lo pasti ingin bisa memiliki sebanyak mungkin judul buku. Jadi, kapasitas penyimpanan e-Book wajib jadi hal yang lo pertimbangkan. Untuk faktor satu ini, Kobo kembali unggul karena mendukung penggunaan SD card eksternal. Jadi, lo pun bisa men-upgrade kapasitas penyimpanan dengan lebih leluasa sehingga bakal ada lebih banyak judul buku yang bisa disimpan. Sementara itu, Kindle menawarkan kapasitas penyimpanan yang terbatas dan nggak bisa di-upgrade.

 

Format e-book yang bisa disimpan

Format e-book yang bisa disimpan

e-Books hadir dalam berbagai format, mulai dari yang simpel seperti .doc dan PDF sampai yang lebih kompleks seperti CBR, ePub, dan Mobi. Nah, Kobo mendukung format ePub, sedangkan Amazon menggunakan format Mobi. Sayangnya, banyak penerbit dan penulis yang merasa kesulitan mengubah teks mereka menjadi format Mobi. Mereka pun lebih memilih untuk memformatnya menjadi format ePub atau PDF. Itulah kenapa untuk masalah format e-Book ini, bisa dikatakan kalau Kobo kembali unggul.

 

Jadi, berdasarkan ulasan di atas, mana nih yang kira-kira lebih cocok untuk memenuhi kebutuhan membaca lo, Urbaners?

 

 

Source: maketecheasier.com