Home Hobby Komik Nusa Five Bakal Bisa Dibaca di Seluruh Asia Tenggara
Komik Nusa Five Bakal Bisa Dibaca di Seluruh Asia Tenggara

Komik Nusa Five Bakal Bisa Dibaca di Seluruh Asia Tenggara

Thursday, January 10, 2019 - 17:47
Bagikan
Facebook Twitter Email

Ada kabar gembira buat lo pecinta komik di Indonesia Urbaners. Pasalnya, komik berjudul Nusa Five bakalan dirilis dalam bahasa Inggris dan dipasarkan luas di seluruh Asia Tenggara. Perjalanan Nusa Five menjadi salah satu komik populer yang mengangkat tema nusantara tentu menarik buat disimak. Berikut ulasannya yang perlu lo ketahui.

 

Kolaborasi Komik Indonesia – Jepang

Kolaborasi Komik Indonesia – Jepang

Pada tahun 2017 lalu komik Nusa Five pihak perusahaan Padma Pusaka Nusantara berkolaborasi dengan penerbit besar komik asal Jepang Shogakukan Asia Pte Ltd. Kemunculan perdana komik kolaborasi ini pertama kali dihadirkan saat acara Popcon Asia yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center pada 5-6 Agustus 2017 lalu. Shogakukan Asia Pte Ltd sendiri merupakan anak perusahaan penerbit besar Shogakukan yang telah sukses menerbitkan komik Jepang legendaris seperti Doraemon.

Dalam kolaborasi ini sang pembuat ilustrasi sekaligus jalan cerita Sweta Kartika, dibimbing oleh editor senior Shogakukan Jepang, Yasuyuki Sagami. Uniknya Urbaners, komik Nusa Five ini bakalan mengedepankan budaya nusantara yang jadi jalan cerita utamanya. Nampaknya usaha dari kedua belah pihak membuahkan hasil, komik ini pun terbit dalam versi bahasa Inggris dan dipamerkan dalam ajang pameran buku terbesar di Jerman Frankfurt Book Fair Oktober 2017 di booth milik Shogakukan Asia.

 

Bakalan Terbit di Asia Tenggara Tahun Ini

Bakalan Terbit di Asia Tenggara Tahun Ini

Sebelum diterbitkan dalam sebuah komik, Nusa Five menjadi komik berseri di majalah antologi komik bulanan. Setelah sukses berkolaborasi dengan penerbit komik asal Jepang tersebut dan malang melintang dalam berbagai pameran buku internasional, akhirnya Nusa Five bakalan diterbitkan di Asia Tenggara tahun 2019 ini Urbaners. Sebenarnya selain menonjolkan budaya nusantara, komik ini juga menggabungkan beberapa elemen seperti aksi, humor maupun drama yang terdiri dari tujuh bagian di cerita utamanya.

Jalan ceritanya adalah petualangan lima pemuda yakni Rangga dari Jawa, Kanaya dari Sumatera, Rimba dari Kalimantan, Renata dari Sulawesi dan George dari Papua. Kelimanya harus bersatu untuk melindungi bumi dari kekuatan jahat dengan cara menggunakan kebudayaan asal mereka sebagai senjata utamanya. Komik dengan tebal 248 ini pun penuh pesan mendalam buat lo, salah satunya adalah mengenai bagaimana menghargai perbedaan dan dengan bersatu dalam perbedaan itulah yang pada akhirnya memunculkan kekuatan sejati untuk melawan segala sifat buruk.

Sudah nggak sabar kan Urbaners buat nunggu rilisan perdana komik ini di toko buku se-Asia Tenggara tahun ini?

 

 

Source: Antara, Detik.com