Home Hobby Mengenal Beberapa Komunitas Film Singkat di Indonesia

Mengenal Beberapa Komunitas Film Singkat di Indonesia

Wednesday, August 29, 2018 - 15:56
Bagikan
Facebook Twitter Email

Bagaimana sih caranya lo bisa belajar menulis skenario, membuat film berdurasi singkat, ataupun mengambil talent khusus untuk kebutuhan film berdurasi singkat dengan cara yang asyik? Salah satu caranya adalah dengan bergabung dengan komunitas film singkat.

 

Komunitas Film Berdurasi Singkat di Indonesia

Di Indonesia atau mungkin di kota terdekat lo, pasti ada beberapa komunitas film berdurasi singkat yang bisa lo jadikan tempat belajar. Apa saja komunitas tersebut?

 

Komunitas Film Pendek Jakarta, Jakarta

 

 

Digagas oleh Muchamad Rizky Adam, Kemal Fuadi, dan Alvarozi, Komunitas Film Pendek Jakarta (KFPJ) merupakan wadah bagi warga kota Jakarta yang suka dengan film-film berdurasi singkat. Kerennya lagi, mereka ini ternyata tidak hanya berkumpul untuk diskusi, tetapi juga memproduksinya. Pada Juli 2018 kemarin, mereka meluncurkan 4 film singkat baru, yaitu Dear Diary, 108, Imaji, dan Vlogue. Komunitas yang dibentuk sejak tahun 2015 ini mengatakan seluruh filmnya bisa ditonton di YouTube.

 

Cinema Lovers Community (CLC), Purbalingga

 

http://clcpurbalingga.id/images/kabar/32708GatraCLC.jpg

 

Walaupun bukan berasal dari kota besar, ternyata Purbalingga juga sukses mengeluarkan beberapa film singkat yang hebat. Salah satunya adalah Lawuh Boled yang diproduksi oleh salah satu SMA di Purbalingga. Bahkan salah satu sineas dan sekaligus pengamat film senior, Yan Wijaya, memuji cerita dari film tersebut. Lawuh Boled juga berhasil mendapatkan penghargaan Film Fiksi Pendek Pelajar Terbaik Malang Film Festival 2013, Film Terbaik Gayaman Award Festival Film Solo (FFS) 2013, Film Fiksi Pendek Terbaik Festival Film Purbalingga (FFP) 2013, Film Fiksi Terbaik II Festival Film Surabaya 2013, Nominasi Festival Film Dieng (FFDi) 2013, dan Jiffest 2013.

 

Sinema Insentif, Surabaya

 

 

Sinema Insentif secara reguler membuat Festival Kecil yang fokus menampung film-film singkat di seluruh Indonesia. Pada tahun 2016, ketika pertama kali dibuka, Festival Kecil menerima 220 film pendek dari seluruh Indonesia, dan di tahun 2017 entry film berdurasi singkat mencapai 500-an film. Konsistensi dari Sinema Insentif ini wajib diacungi jempol karena lo bisa melihat bagaimana film singkat dari seluruh Indonesia.

 

Ketiga komunitas film berdurasi singkat di atas bisa lo jadikan tempat belajar dan juga sharing bagaimana cara membuat film singkat yang baik dan benar. Apakah ada komunitas film seperti itu di sekitar lo?

 

 

Source: bisnis.com