• Hobby
  • PlayStation VR, Masa Depan PS4?

PlayStation VR, Masa Depan PS4?

Tue, 09 April 2019
PlayStation VR, Masa Depan PS4?

Seiring dengan popularitasnya yang mulai turun, kabarnya PlayStation 4 bakal tersisihkan. Meskipun nggak seekstrim PS Vita yang langsung dihentikan produksinya, PS4 sudah “dipilihkan” penggantinya. Banyak yang memprediksi kalau PlayStation VR (PSVR) yang rilis tahun 2016 bakal jadi “masa depan” PS4. Benarkah?

 

PSVR naik level

PSVR naik level

Saat diumumkan jadi anggota baru dalam keluarga PlayStation di tahun 2016 kemarin, sebenarnya PSVR cuma bakal jadi perangkat tambahan PS4. PSVR yang mulanya bernama Project Morpheus itu memang nggak dirancang buat jadi konsol mandiri seperti PS4, tapi cuma sebatas jadi sebuah virtual reality headset.

Dengan rencana PSVR menggeser PS4, berarti bisa dipastikan kalau perangkat ini bakal naik level jadi konsol mandiri. Lo nggak harus punya perangkat PS4 buat main virtual game pakai PSVR. Walau begitu, dengan beberapa inovasi terkini Sony, pengalaman gaming dengan PSVR saja nggak bakal kalah seru dibandingkan PS4.

 

Lebih interaktif, lebih berat

Lebih interaktif, lebih berat

Sebenarnya PSVR sendiri seperti apa, sih? PSVR punya panel OLED sebesar 5,7 inch dengan resolusi hingga 1080p. Perangkat ini juga bisa menghasilkan efek audio 3D yang membuat pengalaman main game terasa lebih real. PSVR juga dibekali dengan kemampuan FOV (field of view) hingga 100°, 6DOF head-tracking untuk memantau posisi kepala, serta stereoscopic 3D.

Adanya wacana membuat PSVR menjadi pengganti PS4 sekaligus konsol mandiri jelas bakal membawa beberapa perubahan. Salah satunya adalah dengan menambahkan hardware komputasi tambahan. Dengan hardware baru ini, lo bisa bermain virtual game cukup dengan peranti PSVR.

 

Perkiraan harga

Beberapa perubahan ini mungkin juga akan memengaruhi harga jual PSVR. Jika saat awal pengenalannya di penghujung tahun 2016 perangkat ini dihargai sekitar Rp6 juta, bukan tidak mungkin sekarang harganya bakal naik. Terlebih jika wacana buat menjadikan PSVR sebagai konsol mandiri benar-benar terealisasikan, jelas harganya akan berubah.

Walau begitu, PSVR bakal tetap ekonomis jika dibandingkan dengan pesaing utamanya, Oculus Rift yang beroperasi pada Xbox One. Saat ini, harga Oculus Rift masih ada pada kisaran $1,500 atau setara dengan Rp21 juta. Jelas lebih mahal dibandingkan dengan PSVR sendiri atau PS4 + PSVR yang harganya kira-kira tidak jauh dari kisaran Rp15 juta.

 

Jadi bagaimana, Urbaners, sudah siap menyambut era baru console game bersama PSVR?

 

Source: Theverge.com

Tony Hawk Pro Skater 1& 2 akan Dibuat Kembali dalam Versi 4K HDR

Wed, 20 May 2020
Seorang skater dengan jumper biru dalam Tony Hawk Pro Skater terbaru

Vicarious Visions akhirnya membuat pengumuman tentang garapan game mereka, Tony Hawk Pro 1&2 yang telah di-remake. Pengumuman ini disambut meriah oleh para pecinta game karena digadang-gadang akan hadir dengan kualitas grafik 4K yang tentunya lebih keren daripada versi yang sebelumnya. Ditambah lagi ada banyak kejutan fitur lain di dalam gameplay-nya. Buat lo pecinta game skateboard, nggak boleh melewatkan game yang satu ini #MumpungLagiDirumah.

 

Rilis di Bulan September

Salah satu tampilan dari Tony Hawk Pro Skater dari Vicarious Visions

Tony Hawk Pro Skater 1&2 ini sudah dibuat kembali oleh Vicarious Visions, sebuah studio yang pernah melakukan remaster game keren lainnya, seperti tiga game pertama Crash Bandicoot dari Crash Bandicoot N. Sane Trilogy yang dirilis tahun 2017 lalu. Mereka juga sedang mengembangkan koleksi game Tony Hawk yang baru ini.

Rencananya akan segera dirilis pada tanggal 4 September 2020 ini. Game ini akan segera siap buat lo mainkan di PlayStation4, Windows PC, dan Xbox One. Siap-siap untuk cita rasa dan sentuhan baru di versi remake dari Tony Hawk Pro Skater ini.

 

Didominasi Soundtrack Asli

Tampilan Tony Hawk Pro Skater remastered dimana seorang skater sedang melakukan trik

Dalam versi remaster ini, akan ada original level, pro skater level, dan trick level dari Tony Hawk Pro Skater. Trik-trik dalam game ini termasuk trik the revert, lip tricks, dan wall plant. Tentunya jadi lebih asik buat lo mainkan. Jadi, nggak hanya grafiknya saja yang jadi lebih berkualitas, konten game-nya juga jadi lebih seru.

Di versi terbaru ini juga akan disertakan dengan dominasi soundtrack asli dan beberapa lagu dari penyanyi terkenal lain. Seperti satu lagu dari Dead Kennedys, “Police Truck” juga akan lo dengar mengalun di salah satu set play game Tony Hawk Pro Skater ini. Beberapa lainnya ada “Goldfinger”, “Bad Religion”, “Millencolin”, dan masih banyak lagi.

 

Tutorial Experience yang Lebih Baik

Seorang skater lengkap dengan gear sedang bersiap meluncur dalam tampilan Tony Hawk Pro terbaru

Para penanti setianya juga diberi tahu untuk bersiap-siap karena pengalaman tutorial yang akan disajikan di versi remaster ini akan lebih baik daripada versi sebelumnya. Jadi, buat lo yang belum pernah memainkan Tony Hawk Pro Skater versi terdahulu, lo nggak perlu khawatir. Lo dijamin bisa menyesuaikan dengan cepat di versi yang terbaru ini.

Untuk game remaster Tony Hawk Pro Skater 1&2, akan dibanderol dengan harga Rp593.000. Sementara versi digital deluxe dengan konten unik dan gear khusus di dalam game ini diberi harga Rp741.000. Selain itu, game ini juga disiapkan dalam versi collectors edition dengan harga yang cukup tinggi, yakni sekitar Rp1,5 juta dengan konten istimewa dan deck Birdhouse yang diproduksi secara terbatas.

Lo bisa menambah daftar panjang games seru lainnya yang layak buat dimasukkan ke anggaran lo tahun ini. Rilisan dari Vicarious Visions ini juga patut masuk hitungan game yang ditunggu-tunggu. Apalagi secara genre cukup berbeda dari beberapa game kebanyakan. Buat lo yang suka skate dan game tetapi nggak bisa keluar buat main, game ini bisa jadi pilihan sempurna.

 

 

 

Sources: Polygon,  TheVerge, EuroGame