Home Hobby Ragnarok M: Eternal Love, Bawa Nostalgia Anak 1990-an
Ragnarok M: Eternal Love, Bawa Nostalgia Anak 1990-an

Ragnarok M: Eternal Love, Bawa Nostalgia Anak 1990-an

Wednesday, November 7, 2018 - 13:39
Bagikan
Facebook Twitter Email

Ragnarok Online pernah menjadi salah satu game online paling berpengaruh yang ada di Indonesia pada awal 2000-an. Boleh dibilang, game Ragnarok Online ini menjadi titik awal bagaimana warnet bisa menjamur di Indonesia. Ragnarok Online termasuk ke dalam massive multiplayer online role-playing game (MMORPG), istilah sederhananya lo bisa bermain bersama-sama dengan seluruh pemain yang ada di dalam satu server.

Kejayaan Ragnarok Online ini berakhir pada tahun 2010 akhir, ketika banyak MMORPG lain yang lebih berwarna dan tampil dengan grafis lebih oke. Setelah sang developer berkali-kali membuat spin-off dan bisa dibilang nggak berhasil, kali ini tampaknya developer berhasil menemukan formula yang sempurna. Pada tanggal 31 Oktober 2018 kemarin, Ragnarok M: Eternal Love hadir di Android dan iOS. Hasilnya luar biasa, game tersebut menjadi nomor 1 di Top Free kategori games di Play Store Android.

 

Nostalgia

Nostalgia

Suara in-game awal Ragnarok M akan membuat lo nostalgia ke masa lalu, bagaimana lo rela menghabiskan waktu di warnet hanya untuk menaikkan level. Belum lagi ketika lo sampai di Prontera, tempat utama game Ragnarok. Lagu theme di Prontera ini nggak berubah sama sekali dan ikon utama, yaitu air mancur yang berada di tengah kota, juga masih dipertahankan. Buat lo yang dulu mengambil job Swordsman, pasti lo bakal sangat akrab dengan Prontera.

 

Sistem Quest yang memudahkan permainan

Sistem Quest yang memudahkan permainan

Gravindo, sang developer game ini sangat memperhitungkan bagaimana gameplay yang cocok untuk Ragnarok M. Para pemain tentu nggak bisa online berjam-jam di depan smartphone, jadi ada treatment khusus bagaimana caranya para pemain tetap bertahan untuk bermain game ini walaupun satu hari hanya bermain 1-2 jam. Caranya adalah dengan menamatkan Quest. Jika di Ragnarok untuk PC, lo harus rela menghabiskan waktu berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu untuk meningkatkan level, maka di mobile caranya bisa dipangkas dengan menggunakan Quest.

Lo tinggal berbicara dengan NPC dan mengikuti petunjuk yang ada. Beberapa media game di Indonesia bahkan ada yang memberikan tips bagaimana caranya untuk naik ke level 40 hanya dalam 1-2 hari. Kemudahan inilah yang membuat game Ragnarok M: Eternal Love semakin menjadi fan favorit. Sudah main game ini?

 

 

Source: duniaku.net