Zero Motorcycle X Deus ex Machina: Motor Listrik Paling Macho Ini Sih! - MLDSPOT
  • Hobby
  • Zero Motorcycle X Deus ex Machina: Motor Listrik Paling Macho Ini Sih!

Zero Motorcycle X Deus ex Machina: Motor Listrik Paling Macho Ini Sih!

Wed, 14 October 2020
cafe racer hasil kolaborasi zero motorcycles dan deus ex machina jadi motor listrik paling macho bro!

Disaat sementara ini masih banyak pengguna motor yang menggunakan bensin sebagai bahan bakar utamanya, Zero Motorcycles sudah membuat berbagai desain motor yang sepenuhnya berbahan bakar listrik. Betul bro, semuanya bisa digerakan dengan listrik.

Hal ini jelas jadi salah satu inovasi yang inspiratif. Terlebih, Zero Motorcycles memproduksi hampir semua segmen motor. Baik yang diperuntukan untuk berada di jalan raya, atau yang diperuntukan di alam bebas, semuanya motor listrik.

Respect sama Zero Motorcycles yang akhirnya menyuarakan energi terbarukan dengan karya. Nah bicara soal karya, ada salah satu karyanya yang akhirnya di fitur oleh situs hypebeast. Pasalnya, karya yang satu ini tidak hanya dari mereka saja, bro.

Karya dalam bentuk motor bertipe café racer ini ternyata hasil kolaborasi antara Zero Motorcycles dengan Deus ex Machina. Sekilas, café racer yang satu ini memang gahar sekali, bro. Hornet Tail yang tajam, ditambah dengan fairing khas café racer, motor yang satu ini juga motor listrik, bro!

Menurut Zero Motorcycles, model besutan karya mereka bersama Deus adalah model SR/S. Entah kepanjangannya apa, namun café racer yang satu ini memang mudah sekali mencuri perhatian sekali geber di jalanan, bro!

 

Jadi Kolaborasi Pertama Deus Untuk Motor Listrik!

cafe racer hasil kolaborasi zero motorcycles dan deus ex machina jadi motor listrik paling macho bro!

Credit Image: bikeexif.com

 

cafe racer hasil kolaborasi zero motorcycles dan deus ex machina jadi motor listrik paling macho bro!

Credit Image: robbreport.com

Hasil kolaborasi ini adalah motor listrik yang benar-benar eksentrik. Perlu lo ketahui nih bro kalau café racer ini adalah pertama kalinya untuk Deus mengerjakan motor listrik, lho. Perihal kolaborasi ini juga yang menjadikan pengalaman pertama Deus untuk bekerja sama dengan Michael ‘Woolie’ Woolaway.

Woolie menyatakan kalau kolaborasi antara Zero Motorcycles dan Deus ex Machina ini adalah motor listrik pertama yang benar-benar berada di level atau tingkatan selanjutnya. Menurutnya ia selalu membayangkan kalau motor ini adalah bentukan yang pas untuk modifikasi.

Seperti sebenarnya, tanki gas yang ada di motor tersebut sebenarnya tidak mempunyai fungsi apa-apa selain menambah nilai eksentrik motor ini. Well, seperti yang diketahui bersama, walau motor listrik, bahkan Zero Motorcycles juga masih menaruh tangki di setiap karya motor listriknya.

 

cafe racer hasil kolaborasi zero motorcycles dan deus ex machina jadi motor listrik paling macho bro!

Credit Image: totalmotorcycle.com

Woolie juga menambahkan kalau ada frame trellis yang indah di motor ini dan semuanya bisa dibayangkan bisa dilakukan apa saja di motor ini. Bahkan, Woolie juga bilang kalau dia senang melakukan apapun di motor ini karena motor ini seperti kertas putih kosong.

Masih dari Woolie, ia juga bilang kalau ini adalah kali pertamanya untuk hanya duduk melihat dengan tenang dan ia tergambarkan bagaimana modifikasi lainnya yang bisa dilakukan untuk motor ini.

Ia mulai memikirkan bagaimana fungsi tempat duduk yang ada, bagaimana tempat duduk itu mendistribusikan berat yang ada keseluruhan motor, terutama ke bagian kaki-kakinya, apakah seimbang atau tidak – hal ini begitu mengasyikan untuk Woolie.

 

Kolaborasi Lainnya Dari Zero Motorcycles

cafe racer hasil kolaborasi zero motorcycles dan deus ex machina jadi motor listrik paling macho bro!

Credit Image: hypebeast.com

Tidak hanya dengan Deus ex Machina saja nih kolaborasi yang dilakukan oleh Zero Motorcycles di tahun ini. Masih di tahun yang sama, Zero Motorcycles juga berkolaborasi dengan UMC dan menciptakan karya yang tidak kalah luar biasa.

UMC dan Zero Motorcycles menciptakan salah satu karya mereka yang luar biasa yaitu motor listrik dengan fitur yang begitu futuristik. Terinspirasi dari film Blade Runner – salah satunya, motor ini jadi gahar luar biasa.

Jika ditelisik dari bentuk fisik motornya, tidak seperti café racer sebelumnya – motor yang satu ini lebih ke mode atau tipe scrambler sport dengan tidak adanya lampu depan. Memang sengaja hal tersebut dilakukan untuk memberikan kesan ‘liar’.

Wah bagaimana nih bro? Dari berbagai penjelasan di atas – apakah lo jadi makin penasaran kolaborasi seperti apa lagi nih yang bakal dilakukan oleh Zero Motorcycles? Oh iya, dan nggak menutup kemungkinan juga kalau Zero Motorcycles bisa berkolaborasi dengan bengkel-bengkel kustom motor lokal Indonesia, nih!

 

Feature Image – omnimoto.it

Sejumlah Perspektif Saat Ingin Buat Ilustrasi Original Character, Bro!

Tue, 27 October 2020
Berikut hal yang perlu lo perhatikan saat membuat original character untuk menghindari tuduhan plagiat

Originalitas di dunia industri kreatif ini memang sekarang cukup dapat perhatian yang besar. Majunya teknologi membuat beberapa ide dan desain bisa saja mirip bahkan ternyata sama. Ini jadi catatan tersendiri untuk para ilustrator saat ingin membuat original character.

OC atau original character menurut banyak ilustrator adalah karakter yang dibuat tidak berdasarkan referensi karakter yang sudah ada sebelumnya. Sehingga keaslian dari karakter yang diciptakan bisa dipertanggungjawabkan.

Ini artinya, para ilustrator memang menghindari kejadian melanggar hak cipta seseorang atau pihak tertentu, yang sebelumnya sudah membuat terlebih dahulu karakter, ide atau desain sebelumnya. Yang masih ramai diperbincangkan di jagat dunia maya, khususnya di Instagram, terkait dengan ide dan desain, Nike menuntut Warren Lotas terkait desain sepatu yang dibuatnya.

Menurut Nike, desain sneakers yang diciptakan oleh Warren Lotas, mirip sekali dengan Nike SB Low Dunk-nya. Dari bentuk, warna, sampai aksen, kurang lebih mirip – akan tetapi yang membedakan adalah logo swoosh yang diganti menjadi kepala Jason Voorhees.

Well, kalau dari sisi originalitas, Warren Lotas berada di area yang abu-abu. Kalau dari perspektif Nike, jelas Warren menjiplak karya dari ide dan desain mereka. Nah, hal-hal seperti ini lah yang dihindari para pembuat karakter original. Menghindari tuntutan dari tuduhan menjiplak atau plagiat.

Terkait dengan hal tersebut, para ilustrator mempunyai cara tersendiri untuk membuat karakter original atau original character yang benar-benar asli. Belum ada yang punya selain ilustrator tersebut. Semangat seperti ini sih yang bisa lo contoh bro #MauLagiDimanapun – semangat untuk selalu kreatif dan produktif!

Mungkin sekarang lo sudah makin penasaran nih, sebenarnya ada cara-cara seperti apa sih untuk membuat OC dan menghindari tuduhan sebagai plagiat dari karya orang lain? Daripada menebak-nebak sendiri, sila simak bahasan kali ini ya!

 

Riset Untuk Konsep Karakter

Berikut hal yang perlu lo perhatikan saat membuat original character untuk menghindari tuduhan plagiat

Credit Image: freelogoservices.com

Percaya atau nggak ya bro, para ilustrator mesti ‘bertapa’ terlebih dahulu untuk membuat OC. Eits, yang dimaksud bertapa adalah melakukan riset. Riset ini yang akan menentukan bagaimana konsep dari karakter tersebut.

Berbagai aspek dipikirkan di dalam riset tersebut. Mulai dari penampilan fisiknya seperti apa, jenis kelaminnya bagaimana, apakah karakter ini akan murni sosok manusia atau hybrid (gabungan beberapa bentuk mahluk hidup).

Sampai ke aspek apakah karakter ini punya super power tertentu, keahlian apa yang bisa ditonjolkan secara visual, bagaimana ekspresi wajahnya ketika senang ataupun sedih – semua hal dipikirkan dan biarkan imajinasi lo sebagai ilustrator bekerja dengan baik.

Begitu riset selesai dengan hasil yang sudah ditentukan – segala aspek sudah jelas, barulah lo bisa mendesain. Tapi nanti dulu, sebelum lo mulai mendesain, ada tahap lainnya di mana lo mesti menyelesaikannya terlebih dahulu.

 

Menentukan Nama Karakternya

Seperti lahir lagi ke bumi, karakter lo pasti perlu sebuah nama. Bro, nama ini secara nggak langsung bakal sangat merepresentasikan bagaimana karakter yang sudah lo buat, lho. Nah, buat menentukan nama karakter, ada beberapa hal lagi yang perlu lo perhatikan.

Misalnya seperti tidak memberikan nama sesuai dengan nama lo sendiri. Itu namanya hanya copy paste saja bro. Lagipula, jarang sekali para ilustrator di luar sana memberikan nama untuk karakternya sesuai dengan nama aslinya.

Kemudian, karena tidak bisa sama dengan lo untuk nama, pastikan lo juga bisa memberikan nama yang bermakna. Hal ini bakal semakin menguatkan karakter lo dari segi visualnya nanti. Lalu, pastikan juga nama yang lo buat tidak terlalu panjang.

 

Yok Mulai Desain Karakternya!

Berikut hal yang perlu lo perhatikan saat membuat original character untuk menghindari tuduhan plagiat

Credit Image: wacom.com

Jika semuanya sudah ditentukan dengan baik – tinggal melakukan desain karakternya, bro. Lo tinggal mengikuti guideline atau hasil riset yang ada untuk membentuk karakter tersebut secara visual. Bagaimana bentuk wajah, bentuk rambut, mata dan sebagainya.

Lo bisa lihat dan bentuk semua aspek karakter tersebut dari hasil riset dan juga penentuan nama yang sudah lo lakukan. Pastikan desain yang lo lakukan masih natural. Imajinasi yang terlalu berlebihan kadang malah bikin lo bingung bagaimana menentukan yang pas untuk karakter lo nanti.

Kemudian, untuk mempermudah karakter lo dikenali oleh banyak kalangan, pastikan ada hal unik di karakter tersebut. Misalnya ada kostum atau aksesoris yang hanya digunakan oleh karakter lo saja. Hal ini bakal memudahkan banyak orang untuk mengetahui karakter yang lo buat seperti apa.

 

Memvisualkan Super Power-nya

Berikut hal yang perlu lo perhatikan saat membuat original character untuk menghindari tuduhan plagiat

Credit Image: creativebloq.com

Hal terakhir yang bisa membuat karakter lo semakin sempurna dan terasa bagaimana originialitasnya adalah memberikannya super power. Asal jangan sampai over ya. Sesuatu yang berlebihan pasti tidak baik, termasuk untuk karakter lo.

Super power ini bisa jadi unique selling point tersendiri untuk karakter yang lo ciptakan. Hal ini dikarenakan oleh super power tersebut bisa dikonversikan sebagai visual tersendiri. Misalnya, saat tertekan, karakter lo tersebut bisa merubah warna rambutnya yang menandakan kekuatan supernya datang.

Hal-hal seperti itu bisa sekali dikembangkan lebih jauh bro. Dari sini originalitas yang lo punya di karakter tersebut akan semakin terlihat dan semakin kental.

Nah, bagaimana nih bro? Dari berbagai penjelasan di atas – proses kreatif dan produktif sudah pasti terus berjalan #MauLagiDimanapun dan seperti apapun kondisinya ya bro! Terlebih, jika lo seorang ilustrator, tidak ada yang bisa nih menghalangi imajinasi lo terkait pembuatan original karakter!

 

Feature Image – dice.com