Home Hot Inside Di Kalimantan di Temukan Spesies Kumbang Baru, Leonardo DiCaprio

Di Kalimantan di Temukan Spesies Kumbang Baru, Leonardo DiCaprio

Thursday, May 10, 2018 - 13:43
Bagikan
Facebook Twitter Email

Urbaners, pulau Kalimantan bisa disebut sebagai surga bagi kelangsungan hidup beragam flora dan fauna di Indonesia. Wilayahnya yang masih banyak memiliki hutan alami, menjadi daya tarik tersendiri bagi para peneliti dunia untuk datang berkunjung. Nah, baru-baru ini ada spesies kumbang yang ditemukan di dekat perairan dangkal yang masih berada satu kawasan dengan air terjun Cekungan Maliau, cagar alam terpencil di Pulau Kalimantan bagian Malaysia.

Penasaran seperti apa penampakan kumbang baru tersebut? Yuk cari tahu!

Ditemukan para peneliti dari Belanda

Spesies kumbang air berjenis kelamin jantan ini ditemukan oleh sekumpulan peneliti asal Belanda dalam sebuah ekspedisi bernama Taxon Expeditions. Mereka tergabung dalam sebuah organisasi yang berfokus pada pendidikan dan penemuan keanekaragaman hayati. Organisasi ini juga biasa membantu sukarelawan yang tidak terlatih guna menemukan spesies baru.

Alasan dibalik pemilihan nama Leonardo DiCaprio

Uniknya, kumbang air berwarna hitam dengan ukuran 33 mm yang baru aja ditemukan itu dinamai G. Leonardodicaprioi. Nama ini dipilih sebab ekspedisi yang dilakukan tersebut didanai oleh The Leonardo DiCaprio Foundation, sebuah yayasan yang menaruh perhatian khusus pada kelestarian alam dunia milik aktor peraih piala Oscar tersebut.

Ekspedisi senilai 1,3 triliun rupiah

Urbaners, biaya yang harus digelontorkan aktor pemeran Jack dalam film Titanic untuk ekspedisi Kalimantan tersebut ternyata nggak main-main. Tercatat dana senilai 1,3 triliun udah dicairkan dalam bentuk hibah sejak tahun 2010 silam. Penamaan kumbang air DiCaprio tersebut udah tentu merupakan wujud apresiasi terbesar dari tim peneliti Taxon Expeditions tersebut.

Ada dua kumbang air lain

Selain menemukan kumbang air DiCaprio, ekspedisi yang dipimpin oleh Iva Njunjic ini juga menemukan dua kumbang air spesies baru lainnya. Dua spesies tersebut masing-masing diberi nama G. andrekuipersi dan G. quest. Berada di bawah genus kumbang akuatik yang sama dengan kumbang DiCaprio, Penamaan G. andrekuipersi terinspirasi dari sosok astronaut Belanda bernama Andre Kuipers.

Urbaners, eksplorasi alam di pulau Kalimantan seharusnya bisa bikin seluruh masyarakat Indonesia sadar kalau ada banyak ragam hayati yang wajib dilindungi di sana. Adanya kumbang DiCaprio ini tentu mencuri perhatian dunia terhadap alam nusantara. Kalau bukan lo yang menjaga dan merawat, bisa-bisa Kalimantan bakal diklaim sebagai wilayah bagian dari negara lain.

Source: kompas.com