Gary Evano Daniel Bagi Rahasia Membesarkan Puyo Silky Desserts

Bro, jaman sekarang bisnis di dunia kuliner memang nggak ada matinya. Jenis kuliner yang variatif membuat masyarakat mulai berinovasi dan mendirikan bisnis makanan dan minuman sendiri. Para entrepreneur ini berlomba menciptakan suguhan yang nggak cuma lezat, tapi juga hits dan menjadi perbincangan hangat di media sosial.

Salah satu bisnis di bidang Food and Beverage (F&B) yang sukses dan tetap eksis sampai sekarang adalah Puyo Silky Desserts. Pasti lo udah familiar dengan pencuci mulut berupa silky pudding ini, kan? Salah satu sosok di balik Puyo Silky Desserts, Gary Evano Daniel, akan membagi pengalamannya dalam dunia bisnis F&B serta seluk-beluk bisnis Puyo hingga jadi nama besar seperti sekarang.

 

Membantu Usaha Teman

Varian rasa Puyo Silky Desserts

Pada awalnya, Gary, begitu ia akrab disapa, bergabung dengan Puyo atas permintaan founder Puyo, Eugenie Patricia, yang merupakan sahabatnya di bangku kuliah. Gary yang merupakan lulusan sekolah bisnis ini dipercaya untuk membantu ekspansi Puyo Silky Desserts sejak tahun 2014.

Hebatnya, mereka saat itu sama-sama masih merupakan mahasiswa semester 3, lho!  Gary pertama kali bergabung bersama tim Puyo sebagai Marketing Officer. Saat itu, hanya ada 5 cabang Puyo yang tersebar di Jakarta. Pemasaran awal pun hanya dilakukan melalui pre-order di platform Instagram dan beberapa bazaar atau pop up market di Jakarta. Dengan perkembangan bisnis yang begitu pesat dan diiringi demand yang tinggi, di bulan April ini, Puyo akan resmi membuka cabangnya yang ke-100!

Sedikit bocoran, Gary yang sekarang menjadi Head of Operations & Business Development Puyo ini mempelajari A to Z tentang bisnis melalui banyak hal. Selain karena latar belakangnya yang merupakan lulusan sekolah bisnis, Gary dan tim nggak bosan-bosannya untuk berguru dengan senior pebisnis kuliner lainnya di Indonesia. Bahkan, Puyo juga berkiblat pada brand-brand restoran franchise internasional.

 

Kualitas dan Servis Nomor Satu

Inovasi terbaru Puyo: Iced Latte Silky Drink

Seperti yang lo tahu, bisnis di bidang F&B udah menjamur banget. Persaingannya pun nggak cuma sama brand lokal, tapi juga ratusan brand internasional yang masuk ke pasar Indonesia. Lalu, bagaimana Gary dan tim membesarkan dan menjaga eksistensi Puyo di dunia kuliner, terutama dessert? Jawabannya adalah konsistensi produk dan pelayanan yang excellent.

Konsistensi produk Puyo diterapkan dengan sistem dapur sentral. Semua produk yang dijual dibuat di satu tempat, sehingga quality control tetap bisa dilakukan secara menyeluruh. Gary dan tim percaya apabila produk selalu berkualitas sempurna, maka konsumen akan datang dengan sendirinya. Begitu pula konsumen yang sudah pernah mencoba Puyo sebelumnya, mereka akan kembali membeli produk serta merekomendasikannya kepada orang lain.

Pelayanan konsumen yang baik juga krusial banget buat eksistensi Puyo. Nggak heran kalau lo menemukan mbak-mbak dan mas-mas di outlet Puyo yang selalu ramah dan siap melayani pesanan.

Meskipun kudapan dessert sudah banyak banget jenis dan jumlahnya di Indonesia, Gary dan tim punya cara tersendiri buat mempertahankan Puyo sebagai pelopor silky desserts. “Kita terus membuka cabang di lokasi-lokasi strategis sehingga Puyo bisa dengan mudah ditemui oleh konsumen dan menjadi top-of-mind kalau mereka lagi ngidam silky desserts,” ungkap Gary.

 

Mau Buka Usaha? Yuk, Mulai Dulu!

Berfoto bersama tim Puyo Desserts

Gary punya beberapa tips buat lo yang pengen mulai usaha, nih! First thing first adalah mulai dulu. Lo nggak perlu merencanakan dan nunggu segala sesuatunya sampai sempurna. Saat sudah dimulai, lo akan bisa melakukan trial & error, melihat apa yang sudah berhasil dan apa yang bisa diperbaiki.

Sebelum eksekusi dimulai, jangan lupa bikin branding produk lo sendiri. Ketahui apa yang sekarang banyak orang butuhkan, siapa target pasar brand lo, dan seperti apa image yang ingin diciptakan. Disarankan banget untuk buat sesuatu yang berbeda dari yang sudah ada. Cari keunikan produk lo yang nggak akan bisa ditemui di produk lainnya.

Diakui oleh Gary, Puyo sendiri menjadi pelopor silky desserts yang mempunyai target seluruh kalangan, umur, dan kelompok, dengan mematok harga yang terjangkau. Produk ini juga ingin menghadirkan kebahagiaan untuk semua orang.

Selain silky dessert, Puyo juga menghadirkan silky drink

Punya tim yang solid juga jadi faktor keberhasilan sebuah bisnis. Memiliki orang-orang yang berdedikasi tinggi dan punya tujuan yang sama dengan lo hukumnya wajib banget! Gary percaya kalau lo ingin mengembangkan bisnis yang lebih besar, lo nggak bisa one-man show alias sendirian aja. Memilih orang-orang yang tepat di posisi yang tepat pula akan membantu bisnis lo untuk cepat tumbuh dengan operasional yang lancar.

Ke depannya, Gary melihat kalau bisnis F&B masih memiliki potensi yang menjanjikan dan terus berkembang. Hal ini tentu dibarengi dengan tantangan, seperti persaingan yang makin ketat dari produk lokal dan internasional. Gary yakin kalau bisnis yang menghasilkan produk berkualitas dan konsisten tetap akan menjadi bisnis yang sukses. Karena itu, jangan menyerah dan jangan takut buat mewujudkan bisnis kuliner impian lo, Bro!