Eksplor Wisata Anti Mainstream di Pulau Bintan

Bosan ama tempat wisata yang gitu-gitu aja? Pingin liburan ke tempat wisata lain yang lebih unik dan menantang? Saatnya lo liburan ke Pulau Bintan, Urbaners! Di sini mulai dari gurun pasir dengan air biru toska, sampai bukit berundak-undak berwarna pink keunguan, semua bisa lo jumpai di Bintan.

Secara geografis Pulau Bintan adalah pulau terbesar yang ada di provinsi Kepulauan Riau dan terletak di seberang Singapura dan Johor Baru. Letaknya yang strategis menjadikan pulau ini menjadi salah satu tempat transit untuk singgah sejenak saat sedang menempuh perjalanan ke Asia Tenggara.

Pada awal abad ke-18, para pedagang dari Eropa, Portugis, Belanda, dan Inggris memperebutkan pulau ini karena kekayaan alam yang dimiliki, Urbaners. Tapi sekarang, Bintan punya banyak kekayaan wisata dan keindahan alam yang menarik buat dieksplor. Yuk, kenalan lebih dalam!

 

Apa Keunikan Bintan?

Komoditas tambang mineral seperti granit, andesit, dan bauksit yang telah berlangsung di Bintan selama lebih dari 30 tahun, kini bercampur dengan alam dan menciptakan unsur warna-warna tanah yang beragam. Bahkan, Badan Geologi Kementerian ESDM mengatakan kalau Bintan punya kandungan mineral logam tanah jarang atau rare earth. Salah satu contohnya, lo bakal menemukan panorama undak-undakan landai berwarna kemerahan bercampur ungu di Dompak, salah satu area di pulau ini.

Salah Satu Rombongan tur Baba Love Trip di Bintan

Bersiaplah untuk terkagum-kagum melihat keindahan pemandangan bukit buatan manusia bercampur formasi alam di sekitar. Wilayah dataran yang bergelombang dipenuhi tanah kemerahan menonjolkan retakannya sebagai pijakan. Sebuah jalan aspal nampak membelah area kemerahan ini. Saat berjalan di Dompak, lo akan menemukan celah-celah bukit bebatuan bergradasi warna kemerahan hingga ungu. Pemandangan ini sulit ditemukan di daerah lain, Urbaners!

Kontur tanah di kawasan Dompak, Bintan

 

Gunakan Jasa Tour di Bintan

Kalau lo ingin fokus tamasya tanpa perlu memikirkan kerepotan persiapan atau dokumentasi, bisa menggunakan jasa tour lokal. Saat ini hanya Baba Love Trip yang siap mengatur semua perencanaan traveling lo selama di Bintan. Nggak hanya menyuguhkan jasa tour guide, Baba, pendiri travel ini juga memberikan paket lengkap dengan sesi foto-foto.

Pulau Bintan sendiri adalah inspirasi awal Baba ketika mendirikan Baba Love Trip. “Awalnya, gue mencari lokasi untuk proyek foto teman. Tapi, setelah melihat keindahan Bintan, akhirnya gue malah jatuh hati dan ingin membuat pulau ini lebih dikenal. Soalnya, Bintan punya potensi spot-spot fotogenik dan banyak tempat absurd, tempat ‘aneh tapi nyata,” ungkap Baba. Sampai saat ini, penelusuran Baba di Pulau Bintan yang paling jauh sudah mencapai jarak 200 kilometer, mengitari setengah Pulau Bintan. Tapi, penjelajahan itu belum selesai, karena dibutuhkan waktu lebih banyak untuk bisa mengelilingi seluruh Pulau Bintan hingga ke setiap pelosok terpencilnya.

Baba, sosok di balik Baba Love Trip

Selain Dompak, lokasi lain yang bisa lo sambangi bersama Baba adalah The Sand Dunes. Sebutan ini diciptakan Baba karena areanya dipenuhi pasir bekas tambang berwarna putih dan kekuningan yang keren. Spot satu ini semakin sering berseliweran di ranah media sosial Instagram, diunggah khususnya oleh fotografer maupun pasangan-pasangan muda yang melakukan sesi foto pre-wedding di Bintan.

The Sand Dunes

Berkelana di Dompak dan The Sand Dunes terasa seperti menjejakkan kaki di luar angkasa tanpa perlu menembus lapisan atmosfer Bumi. Lo bisa bersantai di salah satu pondok yang tersedia di sana sambil menikmati indahnya telaga kecil di samping The Sand Dunes. Nikmati saja keunikan spot-spot alam tersebut! Jika ingin menutup hari dengan cara yang lebih santai, lo bisa mengunjungi Pantai Trikora. Di pantai ini, lo bisa menikmati air yang masih sangat jernih dan duduk-duduk ditemani suara ombak yang rendah.

 

Tips Berkunjung ke Bintan

Kalau harus mendeskripsikan Pulau Bintan dengan tiga kata, maka jawaban Baba adalah “misterius”, “lucu”, dan “bersejarah”. Baba juga memberikan saran buat lo yang baru akan mengunjungi Pulau Bintan untuk pertama kalinya. “Santai aja, buka pikiran, dan lepaskan beban. Pulau ini pas banget buat lo bersantai, baik itu mau sendiri, sama temen-temen, atau sama pasangan,” kata Baba.

Bersiaplah terpana dengan pemandangan di Bintan

Buat lo yang menyukai cuaca panas dan langit biru cerah, waktu terbaik untuk datang ke Pulau Bintan adalah bulan Juni sampai September. Sedangkan kalau lo lebih suka cuaca mendung untuk bermalas-malasan, maka datanglah ke Pulau Bintan di kisaran bulan Oktober hingga Januari.

 

Gimana, Urbaners? Tertarik untuk menelusuri Pulau Bintan, lo bisa cek lihat-lihat dulu keunikan pulau ini di Instagram @babalovetrip!