Frutivez, Sensasi Snack Buah Unik dan Praktis

Bro, pernah makan snack buah kemasan sachet yang bisa dibawa kemana-mana? Kalau belum, pasti lo akan excited ketika mencoba Frutivez! Frutivez adalah cemilan yang terbuat dari 100% buah alami tanpa kandungan pengawet, yang diolah sedemikian rupa hingga menjadi lembaran tipis dan renyah ketika dimakan. Dengan nutrisi tinggi, lo bisa mengandalkan Frutivez sebagai teman ngemil yang menyehatkan. Yuk, simak lebih jauh cerita di balik pembuatannya, Bro!

 

Melihat Potensi dari Over Produksi

Frutivez adalah brand snack buah lokal asal Bandung yang diproduksi oleh sekelompok mahasiswa Universitas Padjajaran. Rizqi Fadilah Ahmad sebagai co-founder Frutivez bercerita bahwa pada awalnya ia dan teman-teman sejurusan sedang melakukan studi banding dan kebetulan meneliti tentang isu over produksi buah mangga. Mereka melihat ada banyak mangga berlebih yang kualitasnya masih bagus tapi ditolak dan nggak bisa dijual lagi hanya karena bentuknya yang kurang sempurna.

Nggak ingin berkilo-kilo mangga terbuang sia-sia, Rizqi dan kawan-kawan pun memiliki ide untuk memanfaatkan mangga-mangga itu agar bisa diolah dan dijual lagi. Setelah bekerja sama dengan para petani dan melalui banyak trial and error, mereka pun akhirnya berhasil membuat terobosan snack buah kekinian yang enak dan tentunya menyehatkan!

 

Fruit Strips Pertama di Indonesia

Jangan khawatir dengan kandungan kalorinya karena manisnya Frutivez berasal dari rasa manis alami buah itu sendiri

Meskipun menjadi yang pertama di Indonesia, snack buah lembaran ternyata sudah lebih dulu dikenal di Amerika dan Thailand, Bro. Dan setelah mengetahui bahwa di Indonesia belum ada yang memproduksinya, tim Frutivez pun melihat adanya potensi pasar yang menjanjikan. Mereka akhirnya berani untuk mempopulerkan cemilan buah modern ini di Indonesia.

Frutivez, yang merupakan akronim dari ‘Fruits’ dan ‘Harvest’ membuktikan bahwa kerja keras akan selalu membawakan hasil. Terbukti dari keberhasilan mereka menjadi juara dua dari kompetisi Blibli Big Start Season 4 pada tahun 2019 lalu. “Selama kami menjalani training camp di sana, kami memperoleh banyak ilmu dan pelatihan entrepreneurship dari para mentor. Makanya kami senang dan bersyukur banget bisa menang dan mendapat suntikan dana untuk mengembangan Frutivez!” ucap Rizqi.

 

Tantangan Mengubah Mindset Masyarakat

Setelah dipasarkan, Frutivez nggak hanya mendapat banyak ulasan positif, tapi juga lucu-lucu, lho. Salah satunya adalah ketika tim Frutivez mengikuti pameran makanan lokal, di mana produk mereka sempat dikira masker karena kemasan yang tipis. “Ada juga yang mengira kami jualan pewangi, hahaha. Tapi setelah kita jelaskan lebih dalam, overall responnya sih positif,” kata Rizqi.

Tekstur renyah dan crispy dari fruit strips ini akan membuat lo berasa di tropical paradise

Rizqi juga bercerita, salah satu hal yang menjadi tantangan Frutivez adalah untuk mengubah pola pikir masyarakat untuk beralih ke hidup sehat dan makan makanan yang mengandung banyak gizi dan vitamin. “Kita merasa tertantang sih untuk melakukan brainstorming supaya mereka memperbanyak konsumsi makanan sehat, salah satunya melalui buah-buahan. Kalau menurut kami, sekarang orang Indonesia masih menomorduakan healthy lifestyle,” jelas Rizqi.

 

Gabungan Nature Research dan Teknologi

 

Perbedaan Frutivez dengan snack buah lainnya adalah dari proses pengolahan yang menggunakan 100% buah asli tanpa gula dan pengawet, juga bentuknya yang sangat tipis sehingga mudah untuk dikonsumsi. Teksturnya yang renyah dan rasanya yang manis cocok banget untuk lo yang sedang mencari cara asyik untuk makan buah. Bahkan riset membuktikan bahwa dengan mengkonsumsi 1 bungkus Frutivez, sama saja dengan makan 1 buah, lho!

Asal tahu saja nih, Bro, untuk menghasilkan strip buah ala Frutivez ternyata nggak mudah. Ada dua tahap utama yang harus dilalui, yaitu pasteurisasi dan dehydration. Pertama, buah utuh akan dijadikan puree lalu dipasteurisasi. Teknologi dehidrasi berfungsi untuk memperpanjang masa simpan snack dan menjaga kealamian buah agar nutrisi dan kandungan vitamin dari buahnya nggak berkurang.

Fruit Strips dari Frutivez dihadirkan dalam bentuk sachet, jadi mudah untuk dibawa kemana-mana

Saat ini, Frutivez hadir dalam dua varian, yaitu mangga dan pisang. Pemilihan jenis buah yang akan diproduksi juga dipikirkan dengan matang, karena nggak semua buah dapat diolah dan menghasilkan fruit strips yang ideal. “Kita sudah coba banyak varian mangga dan pisang, tapi hasilnya nggak ada yang cocok dengan yang kita inginkan. Baru setelah berbagai percobaan, jenis mangga gedong gincu dan pisang cavendish-lah yang hasilnya paling bagus dan sesuai dengan apa yang kita mau,” imbuh Rizqi.

 

Berharap Menjadi Snack Sehat Populer

Memiliki slogan ‘Better Food Better Mood, Frutivez menargetkan produknya dikonsumsi orang-orang perkotaan dengan mobilitas kerja yang tinggi. Mereka melihat bahwa banyak orang perkantoran mau hidup sehat, tapi nggak mau ribet, seperti nggak mau repot mengupas kulit buah sebelum dimakan dan ingin bisa makan buah dengan cara praktis. Frutivez melihat inilah peluang untuk menjadikan fruit strips sebagai solusi hidup sehat masyarakat perkotaan.

Mengkonsumsi buah jadi terasa jauh lebih mudah karena disajikan dalam bentuk strips

“Tahun ini, kami berharap mendapatkan lebih banyak exposure dan masuk ke offline market. Rencananya sih ingin melakukan endorsement dengan public figure yang menerapkan healthy lifestyle untuk meningkatkan brand awareness Frutivez. Kami ingin menjadi brand pertama yang diingat orang ketika mereka mencari snack yang sehat, praktis, dan enak,,” tutup Rizqi.

Hadir dengan kemasan yang handy dan mudah dibawa ke mana saja, Frutivez cocok banget jadi cemilan andalan lo. Berbeda dari snack lain, kandungan gizinya bikin sesi nyemil lebih sehat dan praktis. Yuk, langsung pesan Frutivez fruit strips di e-Commerce favorit lo dan nikmati sensasi makan buah dengan cara baru. Kalau mau tahu lebih lanjut mengenai Frutivez, bisa mampir ke Instagram-nya di @frutivez, ya! Try and get addicted!