Ivory and Pen: Stationary Artsy Multifungsi Pendukung Berbagai Bisnis

Punya feed Instagram yang menarik, tentu jadi goals di era media sosial ini. Apalagi kalau lo menggunakan media sosial buat promosi bisnis, jasa, dan produk. Tentunya lo butuh foto yang apik buat mencuri perhatian.

Nah, Ivory and Pen hadir buat menyediakan barang-barang pendukungnya. Dengan berbagai aksesoris artsy, mulai dari alas foto, pena bulu, sampai pita sutra, lo bisa bikin semua foto mendadak indah dan Instagramable, Bro! Yuk, baca lebih jauh perjalanan bisnis di balik Ivory and Pen!

 

Efek Luar Biasa dari Keindahan Foto

Produk Ivory and Pen berupa nampan dan gunting

Kalau lo percaya bahwa konten digital adalah salah satu aset terpenting yang jadi prioritas banyak orang saat ini, tentu lo bakal setuju dengan konsep yang diusung Ivory and Pen. Visi mereka adalah “Helping you create beautiful picture”. Ya, mereka percaya kalau foto yang indah punya impact yang sangat besar di era media sosial ini.

Image suatu brand atau bahkan seorang individu pun sekarang sangat bergantung pada konten digital, baik berupa foto maupun video. Karena itu, Ivory and Pen ingin membuat sesuatu untuk membantu menciptakan konten tersebut,” ujar Meliantha Nathania, salah satu tim Ivory and Pen.

Silk ribbon dari Ivory and Pen menghiasi pemotretan pernikahan

Dijelaskan Meli, ide bisnis Ivory and Pen ini dimulai dari mimpi untuk bisa menghasilkan foto produk atau flat lay yg bagus. Ide awalnya digagas oleh Irma Shirley (@irms), salah satu owner Ivory and Pen, dan Andreas Hartanto (@akuaha), salah satu fotografer wedding dari Axioo. Keduanya  sering mengalami kesulitan untuk menghasilkan foto detail. Foto detail yang dimaksud adalah foto produk-produk penting yang harus diset atau di-styling secara estetik.

Berawal dari situ, Meli dan Irma mempunyai ide untuk menjual berbagai aksesoris untuk mereka yang ingin menghasilkan foto-foto apik. Salah satu produk yang dijual oleh Ivory and Pen adalah background atau alas foto. Menurut Meli, ide dari produk itu juga terinspirasi karena pengalaman pribadi. “Dulu sering kesulitan cari alas foto yang sesuai dengan kebutuhan. Akhirnya kami buat sendiri background dan alas foto yg bisa menunjang foto-foto kami. Puas dengan hasilnya, akhirnya dijual lewat Ivory and Pen,” cerita Meli.

 

Menjaga Kualitas dengan Bahan Pilihan dan Proses Handmade

Proses pembuatan alas foto

Ivory and Pen nggak hanya mementingkan tampilan estetika dari produk-produk mereka. Urusan bahan pun jadi prioritas utama untuk menghasilkan produk yang berkualitas.

“Kami yakin kalau yang membedakan Ivory and Pen dengan yang lain adalah research dan pemilihan bahan atau material yang semua dicari sendiri. Kami nggak pakai bahan dengan kualitas sembarangan. Semua surface, ribbons, dan runners dibuat secara handmade, hand-dyed, dan bukan produksi massal. Warna pita dan runner juga melalui proses celup yang kami lakukan sendiri untuk menghasilkan warna yang sesuai harapan. Tekstur alas foto pun dibuat manual, jadi setiap alas foto tidak akan memiliki tekstur yg sama persis,” ujar Meli.

Produk yang mereka jual 80% di antaranya memang kebanyakan buatan sendiri, terutama styling surface, silk ribbons, dan silk runner. Sementara 20% lainnya, seperti nampan, pena bulu, dan kaca pembesar, dikurasi dari berbagai distributor. Koleksi stationery ini bisa lo andalkan untuk menghasilkan foto atau video yang estetik maksimal!

 

Bukan Sekedar Jualan

Penggunaan stationery Ivory and Pen pada pemotretan cincin pernikahan

Pilihan aksesoris unik yang disediakan oleh Ivory and Pen bisa jadi inspirasi lo buat berkreasi. Meli mengaku kalau customer mereka rata-rata membeli produknya sebagai properti untuk foto detail undangan pernikahan, perhiasan, sepatu, foto journaling, dan nggak sedikit juga yang memanfaatkannya untuk mempercantik beauty product.

Sampai saat ini, produk yang paling diminati adalah styling surface, silk ribbons, dan tray atau nampan unik yang berkesan vintage. “Produk styling surface sama silk runners atau ribbons ini memang jadi basic item untuk menghasilkan foto yang clean dan cantik. Nggak heran kalau akhirnya banyak yang membeli produk-produk tersebut,” ujar Meli.

Saran Meli buat lo yang mau menghasilkan foto atau video yang apik adalah jangan berlebihan dengan aksesoris. Buat objek utama tetap stand out dengan menggunakan styling product berwarna netral dan nggak mengganggu bentuk obyek utama. Tugas aksesoris hanyalah untuk mengisi ruang negatif dan mempercantik foto, bukan untuk menjadi distraksi.

 

Mimpi Ivory and Pen dengan Studio Kecilnya

Produk Ivory and Pen kerap digunakan untuk foto produk

Semakin lama, pasti akan semakin banyak usaha serupa yang menyediakan properti fotografi dan stationery unik seperti Ivory and Pen. Karena itu, Meli mengatakan bahwa mereka akan terus berkreasi dengan produk-produk baru. Selain itu, mereka akan konsisten menghasilkan barang yang berkualitas untuk memenuhi permintaan pasar. “Sekarang kami sedang mengembangkan produk baru berupa alas foto yang lebih portable dan praktis,” ujar Meli.

Saat ditanya tentang rencana jangka panjang, Meli mengungkapkan kalau Ivory and Pen ingin selalu mengingat akar mereka, yaitu alasan awal terbentuknya usaha ini.

“Styling adalah salah satu hal yang menjadi dasar pendirian kami. Kami ingin membantu proses styling menjadi lebih mudah dan efektif ketika photoshoot. Kami juga yakin dengan keberlangsungan Ivory and Pen. Selama orang masih memikirkan nilai estetik dalam foto mereka, produk-produk styling stationery ini nggak akan pernah mati. Setiap orang punya kebutuhan masing-masing yang spesifik. Ivory and Pen mau menyediakan kebutuhan tersebut,” tutur Meli.

Untuk menambah experience bagi pelanggannya, Ivory and Pen juga punya keinginan memiliki toko atau studio kecil berisi produk buatan dan kurasi mereka. Di tempat impian tersebut, Ivory and Pen berharap bisa berinteraksi langsung dengan customer dan mengadakan workshop tentang styling untuk keperluan fotografi dan videografi.

Kalau lo membutuhkan aksesoris artsy yang bisa bikin foto lo lebih bercerita, langsung aja ikuti Instagram Ivory and Pen di @ivoryandpen!