Jelajah Kota dengan Skateboard Motion Lair

Urbaners, pernah nyobain serunya berselancar di jalan menggunakan skateboard? Papan luncur ini bisa dibilang bukan lagi sarana olahraga, tapi udah jadi gaya hidup bagi para penggemarnya. Skateboarding jadi populer di kalangan komunitas, terutama karena mereka bisa saling hangout bareng sampai membuat bisnis bersama. Contoh hasil kolaborasi bisnis tersebut adalah Motion Lair, produsen skateboard lokal yang kini jadi hits. Yuk, kenalan sama mereka!

 

Tempat Berkumpulnya Para Skater

Sebenarnya, Motion Lair ini adalah cabang dari Motion, perusahaan skateboard dari Bali yang didirikan oleh Afandy Dharma di tahun 2004. Di Bali, Motion berkembang sangat pesat, bahkan sampai membuat skate park yang cukup populer, yaitu Motion Skatepark di daerah Kuta, Bali.

Karena melihat komunitas skateboard di kota Bandung sangat kuat, Motion pun ingin melebarkan usahanya di Kota Kembang ini. Tepatnya pada bulan November 2014, Motion Lair kemudian resmi berdiri, dengan skater Absar Lebeh sebagai direktur pertamanya. 

Pemilihan lokasi toko di Jl. Sekeloa 17, Dipatiukur, bukannya tanpa alasan, Urbaners. Sekeloa 17 adalah sebuah wisma yang hampir seluruh penghuninya adalah para skater. “Makanya, wisma ini sering dikunjungi para skater dari berbagai wilayah di Bandung dan kota-kota besar lainnya untuk berkumpul, berkompetisi, atau sekedar main skate,” cerita Egar Pangagasta, Manager Motion Lair.

Nah, untuk memenuhi kebutuhan dasar para skater agar bisa bermain dengan lancar, Motion Lair pun didirikan. “Jadi, kalau mereka ingin servis apa pun atau ingin beli aksesoris skateboard, nggak perlu jauh-jauh,” tambah Egar. 

 

Menyediakan A-Z Kebutuhan Skateboarding

Motion Lair punya tawaran aksesoris lengkap untuk kebutuhan skateboarding

Dedikasi Motion Lair untuk menjadi one-stop shop untuk para pemain skateboard memang nggak main-main, Urbaners. Hampir semua produk dari Motion, Bali, bisa didapatkan di skateshop ini. Motion Lair menyediakan seluruh perangkat skateboard, mulai dari papan skate, truck, wheels, bearings, hardware, hingga skate bag. Selain itu, ada juga produk apparel, seperti sneakers, beanie, t-shirt, pants, dan hats.

Untuk mendesain papan skateboard lokal, Motion berkolaborasi dengan seniman Indonesia dan para skater yang memiliki bakat seni. Misalnya, ada skater Dewa Oka, desainer papan skate Motion seri Bedawang Nala yang terinspirasi dari cerita-cerita legenda Indonesia. Motion juga mengajak seniman Bali, Satria T. Nugraha, untuk mendesain papan Motion Stalemate Series. Kalau lo tertarik memiliki papan skate dengan desain-desain unik, harganya mulai dari Rp600.000.

Motion juga menjual papan skate import dari berbagai produsen skateboard internasional, di antaranya adalah Deathwish Skateboards dan Flip Skateboards. Harga papan skate import ini mulai dari Rp800.000 hingga di atas satu juta rupiah. Perlengkapan skateboard lain, seperti wheels dan bearings, dijual dengan harga sekitar Rp200.000-Rp300.000. Nah, salah satu produk apparel yang cukup laris di Motion adalah sepatu sneakers ala skater setipe Vans dan DC Shoes, yang harganya mulai dari Rp700.000.

Semua produk ini bisa lo beli langsung di store Motion Lair atau bisa pesan online lewat akun official Instagram mereka, @motionlair. Buat lo yang suka hadir di acara bazar, mereka juga sering ikutan buka booth, seperti di Sunday Market yang rutin digelar resto-resto di Bandung. Bahkan, kata Egar, ada kemungkinan Motion Lair juga bakalan ikut serta di bazar kota-kota lain. Jadi, pastikan lo nggak ketinggalan infonya di akun Instagram mereka!

 

Tren Skateboard di Indonesia

Desain unik skateboard kreasi Motion Lair dengan seniman lokal

Menurut Egar, saat ini udah banyak banget komunitas skateboard di Indonesia. Siapapun yang tertarik untuk menekuni olahraga ini, bakal lebih mudah mencari teman sehobi yang bisa diajak main dan latihan bareng. Bahkan, tren skateboard semakin bangkit beberapa tahun ini. Nggak cuma di Indonesia, tapi juga di tingkat internasional.

Pesatnya perkembangan olahraga skateboard terbukti dengan masuknya skateboarding dalam cabang olahraga yang dipertandingkan di Asian Games 2018 lalu. Lalu, di Olimpiade Tokyo 2020, untuk pertama kalinya, olahraga skateboarding juga akan tampil di pesta olahraga terbesar dunia ini.   

Kepopuleran yang melonjak juga membuat komunitas skateboard makin terkenal, termasuk para skater dan skate park, tempat latihan mereka. “Sekarang ini, skateboard itu udah dilihat sebagai lifestyle, makanya banyak pemain dan skatepark yang akhirnya di-endorse untuk berbagai produk karena nama mereka sudah dikenal. Sekarang juga ada lebih banyak perusahaan besar yang ingin mensponsori acara-acara skateboarding,” jelas Egar.

Yang spesial dari skateboard adalah, lo bisa melakukan olahraga ini di mana saja. Meskipun di setiap kota ada skate park yang jadi tempat nongkrong favorit, tapi para skater tetap mencari lahan lain sebagai tantangan baru. “Tim Motion Lair pun sering melakukan ini. Apalagi store kita dekat dengan lokasi komunitas skateboard. Jadi, selain berbisnis, kita juga menjalin kekeluargaan dengan para skater lainnya,” pungkas Egar.