Home Movie Teriakan yang Diulang di 500 Judul Film

Teriakan yang Diulang di 500 Judul Film

Tuesday, November 18, 2014 - 17:11
Bagikan
Facebook Twitter Email

Film tanpa dukungan berbagai efek suara bakalan jadi film yang paling membosankan di seluruh dunia. Untuk penggila film action, efek suara lingkungan, ledakan dan teriakan menjadi hal yang wajib ada. Khusus untuk efek suara teriakan, ada satu yang paling terkenal. Efek teriakan ini sering disebut dengan “Wilhelm Scream”. Efek yang sering terdengar saat adegan jatuh atau terluka ini bukan “pendatang baru” di dunia film. Wilhelm scream ternyata sudah direkam sejak puluhan tahun lalu dan digunakan di 500 judul film yang berbeda.

Awalnya, pada tahun 1951, Warner Bros memproduksi sebuah film berjudul Distant Drums. Film ini disutradarai oleh Raoul Walsh dan dibintangi Gary Cooper. Dalam film ini, terdapat adegan seorang prajurit yang berteriak karena digigit dan diseret oleh buaya. Teriakan tersebut diulang kembali oleh tokoh bernama “Wilhelm” dalam film The Charge at Feather River. Sejak saat itu, teriakan khas tersebut dikenal sebagai “Wilhelm Scream”.

Banyak orang yang bertanya-tanya, siapa orang di balik Wilhelm Scream itu? Pertanyaan ini sangat wajar, mengingat nggak pernah ditemukan dokumen otentik yang menghubungan teriakan tersebut dengan satu orang. Hingga akhirnya, muncul seseorang bernama Ben Burtt yang melakukan penelitan terkait Wilhelm Scream. Dia melakukan penelitian saat mengerjakan sound effect untuk film Star Wars. Setelah mendengarkan ulang suara teriakan dan membaca list nama dalam cast film Distant Druma, ia menemukan satu orang yang terhubung dengan Wilhelm Scream. Pikirannya merujuk pada Sheb Wooley.

Sheb Wooley adalah seorang musisi yang menciptakan lagu Purple People Eater. Lagu ini cukup laris, albumnya terjual hingga 6 juta copy dalam waktu 3 minggu saja. Sheb memainkan uncredited role dalam film Distant Drums dan merupakan salah satu dari sedikit aktor yang dimintai untuk merekan suara jeritan seorang pria yang digigit oleh buaya. Sheb Wooley sendiri meninggal dunia pada usia 82 tahun akibat menderita penyakit leukimia. Meskipun nggak ada yang mengonfirmasi tentang kebenarannya, namun istri Sheb Wooley, Linda Dotson-Wooley, mengatakan bahwa Sheb gemar mengatakan betapa berbakatnya dia dalam mengisi suara orang tertawa, teriak kesakitan, atau teriakan kematian. So, he is the man, that “screaming” in many movies.

Setelah film Star Wars berakhir, Ben Burtt sempat mengatakan bahwa dia nggak akan menggunakan efek suara Wilhelm Scream lagi. Namum, ternyata hal itu nggak memberhentikan perjalanan panjang dari Wilhelm Scream. Sampai saat ini, Wilhelm Scream sudah digunakan di lebih dari 500 film dan tetap digunakan di film-film baru. Well, legends will never die. Wilhelm Scream proves it.